Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Gak Perlu Merendahkan Diri Atas Pencapaian Hidupmu

Padahal mestinya kamu bangga dengan pencapaian hidupmu

Dalam hidup ini memang sangat tidak baik kalau kamu sampai menjadi orang sombong, merasa tinggi dengan segala pencapaian yang telah dimilki. Akan tetapi patut dipahami pula bahwa bukan berarti kamu harus merendahkan pencapaian hidupmu sendiri, karena rendah hati itu beda dengan rendah diri.

Dan menyangkut hal itu, kita akan membahas beberapa alasannya kenapa kamu gak perlu merendahkan diri pada pencapaian hidupmu di depan orang. Yuk simak lebih lengkapnya!

1. Kalau merendahkan diri berarti kamu gak bersyukur

5 Alasan Kenapa Gak Perlu Merendahkan Diri Atas Pencapaian HidupmuPexels.com/Polina Zimmerman

Alasan pertama kenapa kamu gak perlu merendahkan diri perihal pencapaian hidupmu ialah karena kalau kamu merendah maka itu berarti kamu kurang bersyukur dengan apa yang telah kamu raih. Kamu gak perlu merendahkan diri pada pencapaianmu di depan orang lain, sebab tidak semua orang bisa meraih hal itu, dan kamu hebat jika mendapatkannya. 

2. Karena usaha dan kerja keras yang telah kamu lakukan patut dihargai

5 Alasan Kenapa Gak Perlu Merendahkan Diri Atas Pencapaian HidupmuPexels.com/Helena Lopes

Kemudian alasannya yang kedua kenapa kamu gak perlu merendahkan diri ialah karena segala usaha dan kerja keras yang kamu lakukan patut dihargai. Gak ada satu orang pun yang bisa benar-benar menghargai kecuali dirimu sendiri, maka kamu patut menghargai segala usahamu dengan tidak merendahkan diri atas pencapaian hidupmu. Kamu patut bangga!

Baca Juga: 5 Hal Ini Mungkin Jadi Penyebab Kamu Kehilangan Mood & Semangat Kerja

3. Mentalmu bisa menciut kalau terbiasa merendahkan diri

5 Alasan Kenapa Gak Perlu Merendahkan Diri Atas Pencapaian HidupmuPexels.com/Andrea Piacquadio

Lalu alasannya yang ketiga adalah, kalau kamu terbiasa merendahkan diri atas pencapaianmu seperti itu maka lama-kelamaan mentalmu malah bisa menciut, lho. Kamu bakal merasa bahwa dirimu tidaklah istimewa dan hidupmu tidak ada apa-apanya dibanding orang lain, padahal kenyataannya kamulah yang merendahkan pencapaianmu sendiri. Jadi ini bisa berdampak buruk untuk mentalmu.

4. Rendah hati lebih baik daripada rendah diri, lho

5 Alasan Kenapa Gak Perlu Merendahkan Diri Atas Pencapaian HidupmuPexels.com/August De Richelieu

Keempat, alasan kenapa kamu gak perlu sampai merendahkan diri atas pencapaian hidupmu ialah karena pada dasarnya rendah hati justru lebih baik daripada rendah diri. Rendah hati bisa menghindarimu dari kesombongan, akan tetapi kalau rendah diri malah bisa berdampak buruk untuk mentalmu sehingga membuatmu tak percaya diri dan hal-hal buruk lainnya.

5. Kamu gak bakal pernah bisa maju dan puas dengan hidupmu kalau merendahkan pencapaian sendiri

5 Alasan Kenapa Gak Perlu Merendahkan Diri Atas Pencapaian HidupmuPexels.com/Cliff Booth

Terakhir, kamu gak perlu sampai merendahkan pemcapaian hidupmu di depan orang lain karena kalau hal itu terus kamu lakukan maka kamu tidak akan merasa bahagia dan puas dengan hidupmu sendiri. Penyebabnya ya dipicu oleh kamu yang tidak bangga dan malah merendahkan pencapaianmu. Kamu tentu tidak mau seperti itu, kan?

Intinya, kamu gak perlu malu pada pencapaian hudupmu. Terlepas dari besar atau kecilnya pencapaian yang diraih kamu tetap harus bangga, jadi gak perlu sampai merendahkan diri.

Baca Juga: Jangan Sering Merendahkan Orang Lain agar 5 Hal Ini Gak Terjadi Padamu

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya