Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Banyak Skill Tak Lantas Membuat Seseorang Sukses

Karena kesuksesan ditentukan oleh ketekunan & kerja keras

Banyak orang menyarankan bahwa selagi muda maka perbanyaklah skill dan pelajari banyak hal selagi bisa, tapi mereka juga beranggapan bahwa orang pasti sukses kalau punya banyak skill.

Padahal kalau dipikir secara logis, anggapan seperti itu tidaklah benar, karena pada dasarnya skill yang dimiliki seseorang tidak bisa menjamin kesuksesannya. Kenapa? Nah, beberapa alasannya akan kita bahas lebih lanjut di bawah ini, bahwa memiliki banyak skill tak lantas menjamin seseorang akan sukses. 

1. Skill harusnya dikuasai, bukan dikoleksi dan sekadar bisa saja

5 Alasan Kenapa Banyak Skill Tak Lantas Membuat Seseorang SuksesPexels.com/Diva Plavalaguna

Pertama-tama, alasannya kenapa banyak skill gak lantas membuat seseorang sukses ialah, karena skill itu seharusnya dikuasai dengan baik dan bukannya dikoleksi. Karena kalau cuma sekadar dipelajari hal baru semua orang juga bisa melakukannya, dan tidak disebut sebagai skill. Mungkin kamu bisa menjadi andalan orang-orang dengan menjadi serba bisa, tapi bukan berarti bermodalkan hal itu saja cukup untuk sukses. 

2. Orang yang banyak skill biasanya gak fokus dan maksimal pada yang sudah ia mulai

5 Alasan Kenapa Banyak Skill Tak Lantas Membuat Seseorang SuksesPexels.com/Fauxels

Terlalu banyak menguasai skill biasanya gak fokus pada satu bidang saja sehingga kariernya tidak berkembang dengan cepat. Saking banyaknya kemampuan yang ia miliki membuatnya jadi gak fokus pada suatu hal yang dimulai, dan beralih ke hal-hal lain. Sehingga hasil dan pekembangan kariernya pun kalah dengan orang yang fokus pada satu bidang saja.

Baca Juga: Bagaimana Dapat Kerja di 2021? Ini 5 Skill yang Harus Kamu Tingkatkan

3. Punya skill tapi malas berusaha dan kerja tentunya gak bakal bisa sukses

5 Alasan Kenapa Banyak Skill Tak Lantas Membuat Seseorang SuksesPexels.com/Andrea Piacquadio

Istilahnya, kamu sudah memiliki modal yaitu banyaknya skill yang dimiliki, tapi untuk berjuang dan menggunakan kemampuanmu saja rasanya malas dan berat. Orang yang seperti itu gak bakal sukses, kan? Karena dia tidak berusaha melakukan apa-apa untuk meraih kesuksesannya sendiri.

4. Kesuksesan seseorang ditentukan oleh ketekunan dan perjuangannya

5 Alasan Kenapa Banyak Skill Tak Lantas Membuat Seseorang SuksesPexels.com/Fauxels

Kalau mau sukses maka kamu harus berani memulai, tekun, dan berjuang hingga mencapai puncak karier kesuksesan yang kamu inginkan. Bermodalkan skill saja tidak cukup, karena di dunia kerja kamu akan bersaing dengan orang-orang yang bahkan memiliki ambisi lebih besar darimu dan berjuang mati-matian demi bisa sukses. Sukses itu gak sesederhana punya banyak skill.

5. Skill yang dimiliki justru gak berguna kalau tidak bisa memanfaatkan dan mencari peluang dengan itu

5 Alasan Kenapa Banyak Skill Tak Lantas Membuat Seseorang SuksesPexels.com/Sora Shimazaki

Seberapa banyak pun skill yang dimiliki seseorang tapi jika dia tidak bisa memanfaatkan dan mencari peluang dengan itu maka tak ada gunanya. Karena kemampuan yang kamu miliki jadi sia-sia ketika kamu tidak pandai memanfaatkannya, yang mana jika mau sukses tentu juga harus pintar mencari peluang, kan. Sukses tidak akan datang begitu saja jika kamu hanya diam, walaupun kamu memiliki skill luar biasa sekalipun.

Intinya, skill yang dimiliki juga harus dibarengi dengan usaha yang sepadan. Sebab kesuksesan butuh perjuangan dan tidak sesederhana memiliki banyak skill saja. Benar?

Baca Juga: 5 Tanda Tak Lazim kalau Kamu Bakal Sukses, Motifmu Cari Uang Beda!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya