Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Kelelahan bikin Kamu Stres & Depresi

Tatanan hidupmu jadi kacau kalau sudah terlalu lelah

Ada pepatah yang mengatakan bahwa kerja keras tak akan mengkhianati hasil, namun pada dasarnya kerja keras pun ada batasannya. Boleh-boleh saja jika kamu berusaha sekuat tenaga, namun jangan sampai demi mencapai suatu target dan keinginan tertentu malah membuatmu jadi lupa beristirahat.

Karena kalau kamu sampai terlalu kelelahan justru gak baik untuk fisik dan pikiranmu, bahkan bukan suatu hal yang mustahil kalau kamu malah stres dan depresi gara-gara kelelahan. Mengapa bisa seperti itu? Simak lima alasannya berikut ini.

1. Ketika terlalu lelah, tingkat stres seseorang biasanya bakal meningkat

5 Alasan Kenapa Kelelahan bikin Kamu Stres & DepresiPexels.com/Andrew Neel

Alasannya yang pertama mengapa kamu malah bisa stres dan depresi jika terlalu kelelahan ialah, karena jika terlalu capek maka tingkat stres di dalam diri seseorang rata-rata meningkat. Baik itu kelelahan karena bekerja atau kegiatan personal, tapi orang-orang memang gampang banget terpancing stres kalau lagi terlalu capek, apalagi jika pikirannya juga terbebani. 

2. Adanya kesulitan mengontrol diri jika sudah terlalu kelelahan

5 Alasan Kenapa Kelelahan bikin Kamu Stres & DepresiPexels.com/Alex Green

Kondisi tubuh yang terlalu lelah juga dapat membuat seseorang stres dan depresi karena jadi sulit mengontrol diri. Tiba-tiba bisa berubah jadi kasar, nekad, dan hal-hal lainnya yang di luar kendalinya. Karena orang yang kelelahan biasanya dibutakan oleh rasa capeknya sehingga tidak berpikir logis lagi. 

3. Kelelahan membuatmu jadi tidak fokus dalam mengerjakan apa pun

5 Alasan Kenapa Kelelahan bikin Kamu Stres & DepresiPexels.com/Yan Krukov

Kemudian alasannya yang ketiga mengapa mengapa kelelahan bisa membuatmu stres dan depresi ialah, karena hal itu membuatmu jadi tidak bisa fokus. Gara-gara tubuhmu sudah terlalu capek dan mencapai batasnya, menyelesaikan pekerjaan pun rasanya pasti sulit sekali, sehingga mengakibatkan stres. Padahal yang kamu butuhkan justru mengistirahatkan diri sebentar.

Baca Juga: Alami Kelelahan Serius, Ini 7 Tanda Tubuhmu Butuh Istirahat

4. Tatanan hidup jadi berantakan, dan itu semakin membuatmu stres

5 Alasan Kenapa Kelelahan bikin Kamu Stres & DepresiPexels.com/Cottonbro

Sudahlah tidak bisa fokus mengerjakan apa-apa, tubuh kelelahan dan juga jadi tidak bisa mengontrol diri, tentu semuanya mengakibatkan tatanan hidupmu jadi berantakan pula. Tidak ada orang yang tak stres jika semua hal di hidupnya kacau seperti itu, dan segalanya disebabkan oleh kelelahan. Rutinitas dan jadwal keseharian yang sudah disusun dengan baik tak akan bisa berjalan jika dirimu sendiri tidak sedang berada dalam kondisi yang fit.

5. Kondisi emosional jadi tidak stabil gara-gara kelelahan

5 Alasan Kenapa Kelelahan bikin Kamu Stres & DepresiPexels.com/RODNAE Production

Dan alasannya yang terakhir mengapa tubuh yang kelelahan bisa membuatmu stres dan depresi, adalah karena biasanya memang jika seseorang sedang kecapekan maka tingkat emosionalnya pun jadi tidak stabil. Misalnya seperti gampang baper, sensitif berlebihan, marah tanpa sebab, pokoknya mood swing! Dan kalau tidak bisa dikendalikan dan berlarut-larut maka keadaan itu pun bisa berubah menjadi depresi. 

Itulah tadi beberapa alasan kenapa kondisi tubuh yang kelelahan atau terlalu capek bisa membuatmu stres dan juga depresi. Maka dari itu aturlah waktu istirahatmu agar jangan sampai kelelahan, ya!

Baca Juga: Kelelahan Malah Bikin Sulit Tidur? Ini Alasannya

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya