Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Rencana Hidupmu Baiknya Disusun Sejak Umur 20an

Hidupmu jadi punya tujuan dengan planning yang jelas

Kamu mungkin sering mendengarnya dari teman-teman sebaya, bahwa masa muda baiknya dinikmati sebaik mungkin dengan puas bermain. Akan tetapi jika mengikuti prinsip itu mungkin masa mudamu hanya diisi oleh main-main saja, padahal pada kenyataannya rencana hidupmu justru mestinya disusun sejak muda alias berumur 20an, lho.

Karena lebih cepat disusun maka lebih jelas pula tujuan hidupmu, gak menyia-nyiakan waktu dan masa muda yang merupakan golden time. Untuk lebihnya kamu bisa simak lima alasan di antaranya dalam pembahasan di bawah ini.

1. Usia yang pas untuk memiliki tekad yang kuat

5 Alasan Kenapa Rencana Hidupmu Baiknya Disusun Sejak Umur 20anPexels.com/Andrea Piacquadio

Pertama-tama, alasannya kenapa rencana hidup sebaiknya disusun sejak umur dua puluhan ialah, karena di umur segitu merupakan umur yang pas untuk memiliki tekad yang kuat terhadap sesuatu.

Karena meskipun kamu sudah bisa berpikir bijak seperti orang dewasa, namun tak jarang orang yang berusia dua puluhan berani untuk berbuat nekad demi mimpinya. Jadi kalau kamu membuat rencana hidup, buatlah di saat semangat dan tekadmu membara.

2. Kekhawatiranmu soal hidup masih sedikit saat umur segitu

5 Alasan Kenapa Rencana Hidupmu Baiknya Disusun Sejak Umur 20anPexels.com/C Technical

Kamu mungkin belum menikah dan masih fokus pada pendidikan, dengan begitu kamu pun bisa fokus pada rencana hidup yang disusun dengan apik. Sebab beban dan tanggung jawabmu belum terlalu banyak.

Baca Juga: 5 Makna Dibalik Ajaran Makan untuk Hidup, Bukan Hidup untuk Makan

3. Kamu jadi tahu jalan mana yang mesti ditempuh untuk mencapai life goals yang diinginkan

5 Alasan Kenapa Rencana Hidupmu Baiknya Disusun Sejak Umur 20anPexels.com/Fauxels

Dengan menyusun rencana hidup sejak muda atau berusia 20an, kamu pun jadi tahu jalan mana yang paling pas bagimu untuk mencapai life goals yang diinginkan. Kamu memiliki banyak waktu untuk mencari referensi dari orang dewasa yang berpengalaman sehingga kamu tidak salah memilih jalan. Itulah mengapa rencana hidup memang mestinya dibuat sejak muda.

4. Masa mudamu jadi gak terlewat sia-sia karena sudah memiliki planning masa depan

5 Alasan Kenapa Rencana Hidupmu Baiknya Disusun Sejak Umur 20anPexels.com/Fauxels

Memang benar bahwa masa muda haruslah dinikmati, namun jika cuma diisi main-main maka sama saja dengan menyia-nyiakan masa keemasan untuk merencanakan masa depan, kan. Terutama jika kamu memiliki bakat di suatu bidang, akan sangat baik jika membuat planning masa depan sejak berumur dua puluhan dan mengembangkan diri hingga sukses.

5. Belum terlambat jika ingin mengubah tujuan dan memilih mengikuti passion

5 Alasan Kenapa Rencana Hidupmu Baiknya Disusun Sejak Umur 20anPexels.com/Andrea Piacquadio

Umur 20an merupakan umur yang pas. Kamu masih punya banyak waktu, bahkan ketika kamu ingin mengubah rencanamu. Jangan sampai kamu mengikuti rencana yang dibuat sampai dewasa dan baru kepikiran untuk beralih mengikuti passion, bisa dibilang hal itu sudah terlambat untuk dilakukan.

Sebab semakin dewasa maka semakin banyak pula tanggung jawab dan pertimbangan, memulai segalanya dari nol juga pasti gak bakal mudah.

Intinya, buat dan susunlah rencana hidupmu sedini mungkin, karena semakin cepat kamu memulai maka semakin besar pula peluangmu untuk sukses di masa depan nanti. Apalagi jika kamu merencanakannya sejak umur 20an.

Baca Juga: 5 Macam Tuntutan & Tekanan yang Datang di Umur 20an, Bikin Stres!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya