Comscore Tracker

5 Caranya agar Kamu Gak Kehilangan Kontrol Diri ketika Emosional

#IDNTimesLife Temukan sesuatu yang bisa cepat menenangkanmu

Selain logika, manusia juga mempunyai emosional di dalam dirinya. Jadi wajar jika terkadang sisi emosional dalam diri seseorang terpancing oleh suatu hal atau pada keadaan dan situasi tertentu. Akan tetapi kalau dibandingkan dengan logika, mengendalikan emosional terkenal lebih sulit, bahkan tak jarang ada orang yang justru dikuasai oleh emosionalnya sendiri.

Maka dari itu demi menghindari hal-hal yang diinginkan seperti melukai perasaan orang atau melakukan kekerasan ketika emosional, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar tidak kehilangan kontrol diri ketika emosional.

1. Pikirkan penyebab kamu emosional dengan logika

5 Caranya agar Kamu Gak Kehilangan Kontrol Diri ketika EmosionalIlustrasi stres(pexels.com/Andrea Piacquadio)

Caranya yang pertama untuk mengontrol dirimu ketika emosional adalah dengan memikirkan baik-baik apa yang menyebabkanmu emosi menggunakan logika. Karena dengan menyeimbangkan antara emosi dan logika bisa menjagamu untuk tetap rasional. Sehingga kamu pun jadi tidak keluar kendali, atau melakukan hal-hal yang membahayakan orang lain.

2. Menjauh dari barang-barang yang mudah pecah atau mudah dibanting

5 Caranya agar Kamu Gak Kehilangan Kontrol Diri ketika EmosionalIlustrasi wanita(pexels.com/Jill Burrow)

Karena ada berbagai macam reaksi tubuh ketika seseorang emosional, dan salah satunya adalah membanting atau melempar barang di sekitarnya. Cara ini juga efektif untuk menghindari melukai orang lain ketika emosimu sedang tidak stabil.

Baca Juga: Doa Ketika Marah dan Cara Terbaik Mengendalikan Emosi Menurut Islam

3. Meditasilah ke tempat atau area yang lebih tenang

5 Caranya agar Kamu Gak Kehilangan Kontrol Diri ketika EmosionalIlustrasi meditasi(pexels.com/Kelvin Valerio)

Kapanpun atau dimanapun kamu merasa sangat emosional, segera carilah tempat yang lebih tenang untuk kamu gunakan sebagai tempat menenangkan diri. Dengan begitu kamu pun tidak akan lepas kendali dan tidak melakukan kekacauan ketika emosional.

4. Jangan respon apapun dari sekitarmu dan fokus untuk menenangkan diri

5 Caranya agar Kamu Gak Kehilangan Kontrol Diri ketika EmosionalIlustrasi emosional(pexels.com/Liza Summer)

Jadi kalau ada yang malah mengajak berkelahi, berdebat, atau kepo menanyakan kenapa kamu marah dan sebagainya, gak perlu merespon mereka. Cukup fokuskan diri untuk tenang dan menstabilkan emosimu kembali, bahkan kamu juga boleh menjauh dari mereka sementara waktu jika perlu ruang privasi sendiri.

5. Cari suatu hal yang bisa menenangkanmu

5 Caranya agar Kamu Gak Kehilangan Kontrol Diri ketika EmosionalIlustrasi pasangan(pexels.com/Alex Green)

Dan caranya yang kelima adalah dengan menemukan sesuatu yang bisa cepat menenangkanmu. Suatu hal ini bisa berupa teman atau orang terdekat, hal-hal yang disukai, atau barang penuh kenangan yang ketika memegangnya maka kamu pun bisa lebih cepat tenang.

Akan tetapi kekurangan dari cara ini adalah, kalau 'sesuatu' itu hilang maka kamu pun jadi sulit untuk mengontrol diri ketika emosional. Jadi harus dijaga baik-baik.

Emosional bisa kapan saja terjadi, jadi demi menghindari melakukan hal-hal buruk gara-gara itu, jagalah kontrol dirimu dengan lima cara tadi, ya. 

Baca Juga: Lakukan 5 Langkah Berikut untuk Miliki Kedewasaan Emosional, Mau?

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya