Comscore Tracker

5 Cara Menjalani Hidup dengan Perasaan dan Pikiran yang Ringan

Menyenangkan kalau bisa hidup tanpa beban #IDNTimesLife

Selama apa pun hidup dan terlepas dari apa pun hal yang kita lakukan, tanpa sadar sebenarnya yang kita inginkan ialah hidup tenang tanpa harus terbebani dengan pikiran stres dan perasaan tertekan. Karena meskipun memiliki harta berlimpah tapi punya beban pikiran yang berat tentu tak ada artinya, begitu pula dengan karier gemilang yang tidak bermakna jika terluka dan tertekan perasaannya.

Lalu bagaimanakah caranya agar kamu bisa menjalani hidup dengan pikiran dan perasaan yang ringan? Yuk simak pembahasannya di bawah ini!

1. Gak memikirkan hal-hal yang gak penting

5 Cara Menjalani Hidup dengan Perasaan dan Pikiran yang RinganIlustrasi berpikir(pexels.com/Andrea Piacquadio)

Bisa dibilang kalau ini adalah yang paling dasar, yaitu kamu gak perlu memikirkan hal yang gak perlu dipikirkan kalau mau menjalani hidup dengan pikiran dan perasaan yang ringan. Karena persoalan dalam hidup pasti bakal ada saja, tapi bukan berarti kamu harus memikirkan semuanya dengan mendalam. Ada sebagian hal yang gak perlu dipikirkan dan dianggap enteng saja, dengan begitu kamu pun bisa menjalani hidup dengan ringan.

2. Menyelesaikan segala masalah secepatnya supaya gak jadi beban

5 Cara Menjalani Hidup dengan Perasaan dan Pikiran yang RinganIlustrasi salaman(pexels.com/Sora Shimazaki)

Kedua, kalau kamu mau hidup tanpa pikiran dan perasaan yang berat, maka caranya adalah dengan menyelesaikan segala masalah secepatnya. Jika terjadi sesuatu segera diselesaikan, jangan ditunda-tunda dan menunggu sampai hal tersebut membesar. Hidupmu bakal lebih tenang dan ringan kalau begini, bahkan juga gak bakal merasa punya beban.

3. Gak neko-neko dalam menjalani hidup

5 Cara Menjalani Hidup dengan Perasaan dan Pikiran yang RinganIlustrasi percaya diri(pexels.com/Fauxels)

Menjalani hidup itu jangan neko-neko. Lurus-lurus saja dengan menunaikan kewajiban serta melaksanakan tanggung jawabmu, itulah caranya yang ketiga kalau mau menjalani hidup dengan perasaan dan pikiran yang ringan. Intinya jangan cari-cari masalah dan pilihlah jalan yang benar dalam segala hal, baik itu dalam karier, relationship, atau yang lainnya. Karena ada banyak orang yang hidupnya jadi ribet gara-gara ulahnya sendiri.

Baca Juga: 5 Cara Sederhana untuk Hidup Lebih Lama dan Lebih Bahagia

4. Hindari penyakit hati seperti dendam, iri, dengki dan yang lainnya

5 Cara Menjalani Hidup dengan Perasaan dan Pikiran yang RinganIlustrasi emosional(pexels.com/Liza Summer)

Keempat, kalau mau hidup dengan ringan maka jauhilah penyakit hati. Karena penyakit hati itu merupakan penyebab stres dan asal mula dari segala beban perasaan dan pikiran kita. Contohnya penyakit hati seperti apa? Misalnya seperti iri dengan orang lain, dengki, dendam, dan benci. Bukan berarti kamu harus menjadi orang suci, akan tetapi cukup jauhi dan jaga dirimu agar tidak dihinggapi emosi negatif agar tidak terbebani sendiri.

5. Berhenti terlalu peduli dengan hidup orang

5 Cara Menjalani Hidup dengan Perasaan dan Pikiran yang RinganIlustrasi bicara(pexels.com/William Fortunato)

Dan caranya yang terakhir untuk menjalani hidup dengan pikiran dan perasaan yang ringan ialah, dengan berhenti terlalu peduli sama hidup orang. Gak perlu ikut campur masalah orang kalau gak diminta, dan kurang-kurangi kebiasaan kepo sama urusan hidup orang lain. Cukup fokus saja dengan dirimu sendiri sehingga kamu tidak terbebani dengan masalah mereka. Berempati boleh-boleh saja, tapi ingat batasnya ya.

Cara-caranya sebenarnya sederhana saja kalau ingin menjalani hidup dengan perasaan dan pikiran yang ringan. Pokoknya ingat untuk jaga hati dan pikiran supaya gak berurusan sama hal yang gak penting.

Baca Juga: Berhenti Katakan 5 Hal bila Ingin Hidup lebih Tenang dan Bahagia 

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya