Comscore Tracker

5 Dampak Buruk dari Kebiasaan Menunda-nunda, Bikin Hidupmu Berantakan!

#IDNTimesLife Hidupmu malah makin stres!

Menunda-nunda adalah salah satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh orang malas. Mau itu suatu hal yang kecil ataupun penting sekalipun, kalau sudah menjadi kebiasaan maka semuanya pun ditunda-tunda penyelesaiannya. Padahal kebiasaan ini gak baik kalau diteruskan, lho.

Dan banyak banget dampak buruknya, termasuk membuat hidupmu jadi berantakan yang membuatmu stres. Kalau mau tahu lebih jelasnya bisa simak lima dampak buruknya dalam pembahasan kali ini. Pokoknya menunda-nunda itu jenisa kebiasaan yang buruk banget!

1. Kamu jadi gak fokus sepanjang hari

5 Dampak Buruk dari Kebiasaan Menunda-nunda, Bikin Hidupmu Berantakan!Ilustrasi stres(pexels.com/Karolina Grabowska)

Kalau kamu punya kebiasaan menunda-nunda suatu hal, entah itu tugas ataupun pekerjaan, maka dampak buruknya yang pertama adalah kamu bisa saja jadi kurang fokus seharian. Yang mestinya kamu bisa fokus belajar, atau melakukan kegiatan tertentu tapi malah gak fokus karena kepikiran hal yang kamu tunda-tunda. Bukankah hal seperti ini sangat mengganggu? Kamu jadi gak bisa menjalani keseharian dengan maksimal.

2. Tatanan hidupmu bisa rusak dan berantakan

5 Dampak Buruk dari Kebiasaan Menunda-nunda, Bikin Hidupmu Berantakan!Ilustrasi capek(pexels.com/Andrea Piacquadio)

Selain gak fokus seharian, dampak buruk lainnya kalau kamu suka menunda-nunda adalah, tatanan hidupmu bisa rusak dan berantakan. Yang awalnya kamu sudah menyusun jadwal, menata segala kegiatan dengan rapi dan terorganisir malah jadi berantakan gara-gara banyaknya hal yang kamu tunda kerjakan. Kamu jadi gak bisa mengikuti jadwal yang telah kamu atur dan semuanya jadi tidak teratur lagi.

Baca Juga: 5 Mindset yang Perlu Kamu Buang untuk Menghindari Kebiasaan Menunda

3. Stres berat setiap kali harus menyelesaikan semua hal yang ditunda

5 Dampak Buruk dari Kebiasaan Menunda-nunda, Bikin Hidupmu Berantakan!Ilustrasi kerja(pexels.com/Yan Krukov)

Ketiga, kalau kamu keseringan menunda-nunda pekerjaan maka pada saat deadline bisa-bisa kamu stres. Dan siklus seperti itu selalu berulang kalau kamu tidak segera menghilangkan kebiasaanmu menunda-nunda. Yang harusnya satu pekerjaan mudah bisa diselesaikan dengan cepat, tapi malah sengaja kamu tunda hingga menumpuk dengan pekerjaan lainnya. Akibatnya ya kamu jadi berlipat-lipat capeknya saat mengerjakan pekerjaanmu.

4. Tingkat kompetenmu dalam bekerja dipertanyakan

5 Dampak Buruk dari Kebiasaan Menunda-nunda, Bikin Hidupmu Berantakan!Ilustrasi bos marah(pexels.com/Yan Krukov)

Dunia orang dewasa itu keras, kalau kamu menunjukkan kualitas diri yang buruk maka siap-siap saja untuk kalah saing dengan yang lain. Begitu pula jika kamu terus menunda-nunda dan membuat orang lain menilai tingkat kompetenmu yang buruk, apalagi jika itu di dunia kerja.

Kompetenmu dalam bekerja akan sangat dipertanyakan kalau selalu menunda-nunda pekerjaan. Atasan juga gak bakal suka dengan tipe karyawan yang seperti itu, lho.

5. Gak bisa menentukan prioritas hidup dan dianggap tak bertanggung jawab

5 Dampak Buruk dari Kebiasaan Menunda-nunda, Bikin Hidupmu Berantakan!Ilustrasi argumen(pexels.com/Yan Krukov)

Orang dewasa bukan dilihat dari kata-katanya, akam tetapi lebih dominan dinilai dari perilaku dan pribadinya. Kalau kamu sering menunda-nunda maka dampak buruknya kamu malah bisa dianggap sebagai orang yang gak bisa menentukan prioritas hidup, selain itu juga dianggap tidak bertanggung jawab.

Pokoknya sama sekali gak kelihatan selayaknya orang dewasa yang bijak. Kenapa? Karena kamu saja selalu menunda-nunda berbagai hal yang mana tindakan itu menunjukkan kalau kamu kurang bertanggung jawab dan menganggap enteng sesuatu

Dari pembahasan tadi bisa dilihat kalau meskipun kelihatannya sepele, tapi dampak buruknya kebiasaan menunda-nunda justru bisa mempengaruhi hidupmu. Jadi segera hilangkan kebiasaan buruk itu, ya!

Baca Juga: Camkan 5 Pesan Ini ke Diri Sendiri Saat Kamu Mulai Menunda Banyak Hal

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya