Comscore Tracker

5 Etika yang Harus Kamu Jaga Ketika Berkunjung ke Rumah Saudara

Sebab kita tidak bisa seenaknya meskipun punya ikatan darah

Bertemu dengan saudara memang menyenangkan, tapi alangkah baiknya jika kamu tetap bisa menjaga sikap dan sopan santun ketika bersama dengan mereka. Karena meskipun mempunyai ikatan darah, kita juga tak bisa bersikap sembarangan sebagai tamu. Maka dari itu kali ini kita akan membahas tentang beberapa etika dasar yang mesti kamu jaga ketika ke rumah saudara. Yuk simak lima di antaranya berikut ini.

1. Bersikap tenang dan tidak usil memeriksa semua barang

5 Etika yang Harus Kamu Jaga Ketika Berkunjung ke Rumah SaudaraPexels.com/Bruce Mars

Etika paling dasar jika berkunjung ke rumah saudara adalah kamu sebaiknya bersikap tenang dan tidak usial melihat atau memeriksa semua barang di rumah itu, karena hal itu kurang sopan. Selain itu juga sebagai saudara dan tamu bukan berarti bisa seenaknya dan menganggap rumah sendiri.

2. Minta izin dulu jika ingin menginap

5 Etika yang Harus Kamu Jaga Ketika Berkunjung ke Rumah SaudaraPixabay.com/Free Photos

Berikutnya ialah kamu sebaiknya mengatakan jika mau datang berkunjung dan minta izin terlebih dahulu jika ingin menginap. Karena kita tidak tahu apakah mereka punya kesibukan tertentu atau tidak dan jangan sampai kunjungan itu malah mengganggu kegiatannya.

3. Mengurus diri sendiri dan jangan sampai merepotkan mereka

5 Etika yang Harus Kamu Jaga Ketika Berkunjung ke Rumah SaudaraPexels.com/Pixabay.com

Lalu yang ketiga adalah kamu bisa mengurus diri sendiri dan tidak merepotkan mereka, paling tidak tahu bagaimana cara membawa diri ketika berada di tempat orang lain. Selain itu juga kamu mesti berbaur bersama saudara atau anggota keluarganya yang lain, jangan sibuk sendiri apalagi sampai menyendiri.

Baca Juga: 8 Alasan Kamu Harus Berkunjung ke Negara Maju, Setidaknya Sekali Saja

4. Ringan tangan untuk membantu, minimal membersihkan piring makan sendiri

5 Etika yang Harus Kamu Jaga Ketika Berkunjung ke Rumah SaudaraPexels.com/Nathan Cowley

Etika yang keempat adalah jika kamu datang ke sana dan mereka ada kesibukan yang kiranya butuh untuk dibantu, maka jangan berat untuk memberi bantuan. Hal ini mungkin terkesan sederhana dan sepele tapi sebenarnya merupakan suatu sikap yang sangat penting ketika kita sedang berada di rumah orang lain.

5. Tidak terlalu sering berkunjung

5 Etika yang Harus Kamu Jaga Ketika Berkunjung ke Rumah SaudaraPixabay.com/Pexels.com

Yang terakhir sekaligus juga paling penting adalah kamu mesti tahu waktu, meskipun bertemu dan mendapat kunjungan sanak saudara itu menyenangkan tapi sebaiknya jangan terlalu sering. Karena jika terlalu sering malah bisa membuat risih, sebab dia juga perlu privasi dan waktu untuk dirinya sendiri kan?

Itulah dia beberapa etika yang mesti diingat dan terapkan jika berkunjung ke rumah saudara. Kamu sudah melakukan yang mana?

Baca Juga: 5 Kota Paling Ramah Sepeda di Dunia, Mau Berkunjung?

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya