Comscore Tracker

5 Hal yang Membuat Orang Sekitar Jadi Segan dan Menghargaimu 

#IDNTimesLife Pembawaan dirimu bikin orang respect padamu  

Respect itu adalah satu hal yang sederhana tapi sangat berarti jika bisa mendapatkannya, bahkan tak jarang ada yang sampai berusaha keras agar mendapatkan respect dari orang lain. Akan tetapi dibanding berusaha keras tanpa memahami caranya agar dirimu dihargai orang, lebih baik pahami dulu tentang apa-apa saja yang kiranya membuat orang di sekitar untuk merasa segan dan respect terhadapmu.

Karena respect bisa datang dengan sendirinya jika pribadimu membuat orang segan, dan beberapa contohnya ada dalam pembahasan berikut ini. Jadi simaklah baik-baik, ya!

1. Kamu tak ragu menolong orang-orang yang membutuhkan bantuan 

5 Hal yang Membuat Orang Sekitar Jadi Segan dan Menghargaimu ilustrasi bersimpati (pexels.com/Liza Summer)

Pertama, orang-orang dengan sendirinya respect dan segan padamu jika kamu tidak pernah ragu untuk menolong orang-orang yang membutuhkan bantuan. Misalnya saja menolong orang yang kelaparan di pinggir jalan dengan memberi makanan, anak-anak kecil yang bernasib susah, atau orang tua yang berusia sepuh dan tak mampu bekerja lagi.

Kamu mungkin melakukannya dengan niat yang tulus, akan tetapi orang-orang yang melihat kebaikanmu dengan sendirinya tahu kalau mereka tidak seharusnya bersikap sembarangan padamu karena kamu orang baik.

2. Kamu baik tapi sama sekali gak membiarkan orang memanfaatkanmu 

5 Hal yang Membuat Orang Sekitar Jadi Segan dan Menghargaimu Ilustrasi bicara serius(pexels.com/August De Richelieu)

Kamu tahu bagaimana menerapkan batasan dan membuat mereka tahu kalau kamu tidak bisa dibodohi, dan orang-orang akan menghargaimu dengan sendirinya. Kenapa seperti itu? Karena orang yang tidak bisa menolak dan terlalu naif untuk dimanfaatkanlah yang biasanya gak dihargai sama orang lain.

Baca Juga: 5 Peribahasa Banjar Mengekspresikan Sifat Manusia, Ada Sifat Haus Puji

3. Sikapmu tegas terhadap orang-orang yang kelewat batas 

5 Hal yang Membuat Orang Sekitar Jadi Segan dan Menghargaimu Ilustrasi diskusi(pexels.com/Cottonbro)

Selain itu, dirimu yang tidak diam saja dan bersikap tegas pada orang-orang yang kelewat batas juga menjadi hal yang membuat orang segan dan menghargaimu. Maksudnya bersikap tegas di sini bukan kasar ataupun keras, ya.

Akan tetapi tegas dalam memperingati orang yang melakukan hal di luar batas toleransi hingga membuat mereka jera. Karena terkadang kita memang perlu menunjukkan sikap tegas agar tidak disepelekan orang.

4. Sedikit bicara tapi bermakna dan bukan basa-basi semata 

5 Hal yang Membuat Orang Sekitar Jadi Segan dan Menghargaimu Ilustrasi diskusi(pexels.com/Fauxels)

Kamu yang tidak banyak bicara dan suka bicara dengan to the point juga membuat orang lain segan dan respect kepadamu secara sendirinya, lho. Daripada orang yang banyak bicara yang biasanya disepelekan, sedikit bicara tapi selalu memiliki makna dalam perkataannya jauh lebih dihargai oleh orang lain. Orang-orang jadi tahu batasan dan benar-benar respect ketika berinteraksi denganmu.

5. Tahu batasan dan gak pernah melakukan hal buruk pada orang lain 

5 Hal yang Membuat Orang Sekitar Jadi Segan dan Menghargaimu Ilustrasi salaman(pexels.com/Sora Shimazaki)

Bukannya people pleasure yang suka menyenangkan hati orang, tapi setidaknya kamu tahu bagaimana memperlakukan orang lain dengan baik tanpa melewati batas. Bisa dibilang orang lain menghargaimu secara alami, sebagaimana kamu yang tidak mengganggu mereka, mereka juga melakukan hal yang sama padamu dengan respect dan rasa segan.

Respect orang itu gak perlu dicari, karena sejatinya dengan lima hal tadi saja sudah membuat orang lain respect dan segan padamu, lho.

Baca Juga: 6 Perilaku Sepele Ini Bikin Orang Hilang Respect Terhadapmu

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya