Comscore Tracker

5 Hal yang Sebenarnya Gak Perlu Kamu Share ke Orang Lain, Privasi!

Informasi pribadimu berpotensi disalahgunakan

Saat ini kejahatan makin beragam. Dengan data seminimal mungkin, orang tak bertanggung jawab bisa melancarkan aksi kriminal baik yang sifatnya fisik maupun siber. Potensi kejahatan ini bisa muncul dari siapa saja. Bahkan, teman yang sudah kenal lama pun bisa jadi memiliki sisi jahat yang tidak kita tahu. 

Maka dari itu sangat penting bagimu untuk berhati-hati ketika bersama orang lain, terutama pada saat mengobrol dan berusaha saling mengenal satu sama lain. Jangan dengan gampangnya memberi tahu orang lain tentang rincian kehidupanmu terutama tentang lima hal di bawah ini karena hal itu bisa disalahgunakan jika orang itu berniat jahat. Jadi simaklah pembahasan berikut ini dan jaga privasimu baik-baik, ya! 

1. Jadwal dan kegiatan harian sekeluarga

5 Hal yang Sebenarnya Gak Perlu Kamu Share ke Orang Lain, Privasi!ilustrasi ngobrol (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Percaya atau tidak, informasi tentang jadwal dan kegiatan harian yang dilakukan oleh keluargamu termasuk salah satu hal yang gak perlu diberi tahu pada orang lain, lho. Kalau sekedar memberi tahu tetangga boleh-boleh saja, tapi gak perlu sampai memberi tahu secara detail mengenai jadwal harian kalian. 

Kenapa seperti itu? Karena kalau informasi itu diketahui oleh orang jahat maka bisa dijadikan celah untuk berbuat jahat. Misalnya saja dia jadi tahu kapan waktu yang tepat untuk bisa mencuri ketika rumah kalian kosong dan semuanya sibuk. Bukannya berprasangka buruk, tapi lebih baik hati-hati daripada setelah terjadi baru menyesal. 

2. Jumlah keuntungan dan kekayaanmu dari bisnis

5 Hal yang Sebenarnya Gak Perlu Kamu Share ke Orang Lain, Privasi!ilustrasi bicara (pexels.com/Henri Mathieu Saint Laurent)

Hal lainnya yang gak perlu kamu beri tahu pada orang lain ialah tentang kekayaan dan jumlah keuntunganmu dalam berbisnis. Biarlah hal itu menjadi rahasiamu saja demi kelancaran bisnis ke depannya. 

Karena kalau sampai bocor ke orang yang diam-dian punya niat jahat bisa-bisa bisnismu jadi dihancurkan olehnya dengan berbagai cara, atau hal itu jadi memancing orang untuk berutang ketika tahu bahwa kamu kaya. Terjadinya pencurian juga sangat rawan kalau informasi kekayaan sampai tersebar luas. 

Baca Juga: 5 Tips Curhat di Media Sosial Biar Gak Kelihatan Norak

3. Semua akun media sosial yang kamu pakai

5 Hal yang Sebenarnya Gak Perlu Kamu Share ke Orang Lain, Privasi!ilustrasi bicara (pexels.com/Anastasiya Gepp)

Mungkin belum banyak orang yang memahami bahwa memberi tahu semua akun sosial media ke orang lain itu bahaya. Alasan pertama, bisa mempermudah orang untuk menguntit kehidupanmu, alasan keduanya ialah kamu jadi tak punya privasi apapun di kehidupan nyata. 

Bayangkan saja jika kamu langsung memberitahukan semua akun media sosialmu ke semua orang, alhasil mereka jadi tahu baik dan buruknya kamu dari sana. Bahkan orang yang baru kenal pun juga jadi tahu bagaimana hidupmu dari media sosial. 

4. Perjalanan cintamu secara rinci dengan para mantan

5 Hal yang Sebenarnya Gak Perlu Kamu Share ke Orang Lain, Privasi!ilustrasi bicara (pexels.com/Julia M Cameron)

Hal lainnya yang sebenarnya juga gak perlu kamu beritahukan pada orang lain ialah kisah percintaanmu dengan para mantan. Mulai dari bagaimana kalian kenal, masalah hubungan, hingga bagaimana hingga akhirnya bisa putus. 

Percayalah, memberitahukan hal itu ke orang yang tidak tepat hanya akan memberikan mereka bahan untuk menggosip. Apalagi kalau baru kenal, bisa-bisa kamu langsung jadi bahan gosip semua orang di sekitar ketika mengetahui satu orang tentang hal itu. 

5. Lokasi keberadaanmu secara detail ketika bepergian

5 Hal yang Sebenarnya Gak Perlu Kamu Share ke Orang Lain, Privasi!ilustrasi wanita (pexels.com/AndreaPiacquadio)

Hal terakhir yang sangat tidak boleh untuk kamu beritahukan ke orang lain ialah tentang lokasi keberadaanmu ketika sedang di luar rumah atau bepergian ke suatu tempat. Karena bisa-bisa kamu malah diikuti oleh penguntit berdasarkan informasi itu. 

Terutama di media sosial, jangan pernah membiasakan dirimu share location ketika bepergian ke luar. Kalau bisa mempostingnya ketika sudah pulang atau selang waktu ber hati-hati supaya tidak bisa dilacak oleh orang lain. 

Itulah tadi lima hal yang sebenarnya gak perlu kamu beritahukan pada orang lain. Jadi jagalah hal itu sebagai privasi demi keamanan dirimu sendiri, ya! 

Baca Juga: 5 Tips Cegah Pencurian Data Pribadi dari Aplikasi Pinjol

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya