Comscore Tracker

5 Kesalahan Anak Muda dalam Mengatur Uang, Boros dan Gak Bijak!

Pikirkan jangka panjangnya jika kamu suka menghabiskan uang

Salah satu hal yang mengasyikkan saat menjadi orang dewasa ialah mendapatkan gaji dari hasil kerja dan usaha sendiri. Jadi gak perlu minta pada orangtua kalau mau beli sesuatu.

Tapi dengan memiliki hak atas uang sendiri membuat banyak anak muda yang baru tahu rasanya menghasilkan uang jadi salah dalam mengatur keuangannya. Banyak yang punya hobi belanja demi tampak eksis di media sosial.

Gak heran kalau kebanyakan anak mudajadi boros dan tidak bijak. Padahal kalau dikelola dengan baik uang yang dihasilkan semasa muda bisa menguntungkan di masa tua. Lalu kesalahan seperti apa sajakah yang bisanya dilakukan anak muda dalam mengatur uang? Yuk simak pembahasannya berikut ini.

1. Mengutamakan kebutuhan sekunder seperti fashion dan gaya  

5 Kesalahan Anak Muda dalam Mengatur Uang, Boros dan Gak Bijak!ilustrasi belanja (pexels.com/Sam Lion)

Kesalahan pertama yang biasanya dilakukan anak muda dalam mengatur uang ialah mengutamakan kebutuhan sekunder dalam kesehariannya seperti fashion dan gaya. Pakaian memang termasuk kebutuhan utama dalam hidup, tapi meskipun begitu bukan berarti harus yang mahal dan mewah hingga menghabiskan uang.

Mengutamakan kebutuhan seperti ini akan mengacaukan tatanan finansial, yang mana kebutuhan utama jadi dinomor duakan dan uang yang dihasilkan pun bakal habis begitu saja. Dampak dari kesalahan ini adalah banyak anak muda yang akhirnya tidak makan makanan yang bergizi dan hidup pun jadi terasa berantakan.

2. Banyak membeli barang dengan cara kredit 

5 Kesalahan Anak Muda dalam Mengatur Uang, Boros dan Gak Bijak!ilustrasi kredit (pexels.com/Energepic.com)

Kesalahan lainnya yang dilakukan anak muda dalam mengatur uang ialah dengan banyak membeli barang secara kredit. Untuk rumah atau kendaraan mungkin masih bisa dimaklumi jika membeli secara kredit, tapi untuk yang lainnya seperti pakaian atau barang-barang mewah rasanya sangat tidak bijak jika memaksakan diri membelinya.

Karena sekalinya kredit biasanya bakalan ketagihan, hal ini disebabkan oleh cicilan yang dibayar tidak terasa besar sehingga banyak anak muda yang menyepelekannya. Padahal kalau kredit yang dimiliki menumpuk dan berlangsung bertahun-tahun lama, di situlah letak kerugiannya. Yang mana kamu jadi tidak bisa menabung dan mengatur uang dengan bijak karena semuanya habis untuk membayar cicilan kredit.

Baca Juga: 5 Kesalahan Fatal yang Diyakini Oleh Anak Muda, Stop di Kamu!

3. Menunda dan menyepelekan menabung 

5 Kesalahan Anak Muda dalam Mengatur Uang, Boros dan Gak Bijak!ilustrasi celengan (pexels.com/Maitree Rimthong)

Banyak anak muda juga salah dalam mengatur uang karena cenderung menunda-nunda dan menyepelekan pentingnya menabung. Pemahaman bahwa hidup hanya sekali dan harus dinikmati sebaik-baiknya membuat anak muda lebih fokus pada bersenang-senang dengan uangnya, menganggap enteng menabung karena berpikir bahwa ia masih punya banyak waktu untuk bekerja.

Padahal pemahaman seperti itu sangat salah, dimana dirimu dengan tidak bijaknya menghabiskan uang semasa muda tanpa adanya perencanaan matang untuk jangka panjang. Akibatnya jadi tidak punya simpanan untuk dana darurat jika tiba-tiba berhenti kerja atau terkena penyakit serius.

4. Menghabiskan semua gaji tanpa sisa 

5 Kesalahan Anak Muda dalam Mengatur Uang, Boros dan Gak Bijak!ilustrasi pegang uang (pexels.com/Mikhail Nilov)

Anak muda yang baru tahu rasanya menghasilkan uang sendiri biasanya cenderung arogan dalam menghabiskan semua gajinya. Pokoknya gaji yang didapat di awal bulan akan habis ketika akhir bulan, bahkan ada yang sudah habis meski masih setengah bulan, dan siklus seperti ini terus terjadi hingga bertahun-tahun.

Ini adalah kesalahan keempat yang dilakukan anak muda dalam mengatur uang. Pokoknya gak puas kalau gajinya belum habis. Entah itu untuk kepuasan pribadi atau gengsi semata, tapi yang jelas pengelolaan uang seperti ini sangat tidak disarankan apalagi kalau sampai jadi kebiasaan yang terus dilakukan sampai bertahun-tahun.

5. Menghabiskan banyak uang untuk kesenangan sementara dan kebutuhan eksis di media sosial 

5 Kesalahan Anak Muda dalam Mengatur Uang, Boros dan Gak Bijak!ilustrasi berfoto (pexels.com/Kampus Production)

Kesalahannya yang terakhir ialah anak muda cenderung menghabiskan banyak uang untuk kesenangan sementara dan kebutuhan eksis di media sosial. Kehidupan yang tidak lepas dari media sosial membuat anak muda jadi acuh pada pengelolaan keuangannya, pokoknya yang penting eksis dan gak kalah sama yang lain.

Yang mana hal seperti ini sebenarnya menjebak, membuat anak muda jadi tidak berpikir panjang mengenai masa depannya dan menghambur-hamburkan uang begitu saja demi ketenaran di dunia maya. Lihat saja, banyak anak muda yang rela mengeluarkan banyak uang untuk bisa liburan ke berbagai tempat kece atau membeli barang yang terkenal di media sosial.

Boros dan sama sekali gak bijak dalam menggunakan uangnya, lima kesalahan tadi sering banget dilakukan anak muda. Membuat keuangannya jadi berantakan dan habis begitu saja tanpa terlihat manfaatnya.

Baca Juga: Sering Dilakukan, 5 Kesalahan yang Wajib Dihindari saat Presentasi

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya