Comscore Tracker

5 Penyebab Kenapa Orang Takut Keluar dari Zona Nyaman Hidupnya

#IDNTimesLife Risikonya cukup besar lho

Meski hidup semua orang belum tentu nyaman, tapi setiap orang pasti memiliki zona nyaman sendiri di dalam hidupnya. Dan yang namanya zona nyaman tentu bikin siapa saja betah di sana, kan?

Tapi tahukah kamu bahwa bertahan di zona nyaman tidaklah selamanya baik untuk kita, dan hidup tak akan pernah berubah jika kita tetap kukuh di zona nyaman.

Tapi memikirkan untuk keluar dari zona nyaman saja seringkali membuat banyak orang takut. Kira-kira kenapa, ya? Yuk simak beberapa penyebabnya dalam pembahasan kali ini!

1. Takut kehilangan kenyamanan hidupnya

5 Penyebab Kenapa Orang Takut Keluar dari Zona Nyaman HidupnyaIlustrasi sendirian(pexels.com/Cottonbro)

Penyebabnya yang pertama kenapa banyak orang takut untuk keluar dari zona nyaman hidupnya adalah karena ia takut akan kehilangan semua kenyamanan hidup yang ia punya. Contohnya seperti tempat tinggal yang nyaman, kesejahteraan finansial, serta karier yang stabil. Meski mungkin ia tidak berkembang ketika berada di sana, namun memutuskan untuk keluar dari apa yang telah membuat nyaman tentu butuh keberanian besar.

2. Ngeri dengan risiko kegagalan yang ada

5 Penyebab Kenapa Orang Takut Keluar dari Zona Nyaman HidupnyaIlustrasi stres kerja(pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kemudian penyebabnya yang kedua kenapa banyak orang takut keluar dari zona nyaman hidupnya adalah, karena ada banyaknya risiko kegagalan yang membuatnya merasa ngeri. Karena gak ada jaminan kalau kita bakal bisa langsung sukses saat pertama kali mencoba sesuatu, kan. Dan gak semua orang berani menanggung kegagalan yang mungkin ia tanggung jika memutuskan keluar dari zona nyaman.

Baca Juga: Gak Sulit Kok! Ini 5 Cara Menemukan Keberanian Keluar dari Zona Nyaman

3. Gak tahu mesti melakukan apa karena gak pernah keluar zona nyaman

5 Penyebab Kenapa Orang Takut Keluar dari Zona Nyaman HidupnyaIlustrasi stres kerja(pexels.com/energepic.com)

Orang yang selama hidupnya takut mencoba hal baru, dan hanya berpaku pada satu hal saja akan sangat takut kalau disuruh keluar dari zona nyaman karena dia gak tahu apa yang harus ia lakukan.

Memulainya saja mungkin ia tidak tahu harus dimulai dari mana, apalagi langkah-langkah selanjutnya yang tak bisa ia rencanakan sendiri. Dan hal ini bukan sesuatu yang salah jika memang bisa menjalani hidup dengan baik di zona nyamannya, tapi di lain sisi tentu akan kekurangan pengalaman.

4. Dasarnya memang suka hidup yang monoton, bukan tipe yang serba penasaran dan suka hal-hal ekstrim

5 Penyebab Kenapa Orang Takut Keluar dari Zona Nyaman HidupnyaIlustrasi kerja(pexels.com/Andrea Piacquadio)

[Suka dengan rutinitas yang biasa dan gak suka dengan hal-hal ekstrim. Orang yang seperti ini memang ada dan bukan sesuatu yang salah juga, jadi biarkan saja kalau dia tidak mau keluar dari zona nyaman hidupnya. Karena kalau dipaksa malah bisa menyiksa hidupnya. 

5. Terlalu banyak tanggung jawab yang gak bisa sembarangan dikorbankan

5 Penyebab Kenapa Orang Takut Keluar dari Zona Nyaman HidupnyaIlustrasi ngobrol(pexels.com/Fauxels)

Kita semua tahu kalau segala hal yang kita lakukan dalam hidup pasti memiliki risiko, termasuk jika mengambil keputusan untuk keluar dari zona nyaman. Gak semua orang berani melakukannya karena terhalang oleh tanggung jawab yang dimiliki, dan tidak bisal asal mempertaruhkannya dengan risiko yang besar. Karena kalau berani melangkah, maka harus berani juga dengan segala risiko baik dan buruknya, kan?

Intinya, apapun alasan dan penyebab orang-orang merasa takut untuk keluar dari zona nyaman hidupnya merupakan pilihan hidupnya sendiri. Kita gak bisa sembarangan menghakimi, karena pada dasarnya tingkat keberanian setiap orang juga berbeda-beda, kan.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Boleh Terbebani akan Adanya Tanggung Jawab

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya