Comscore Tracker

5 Perlakuan Tak Pantas di Tempat Kerja, Jangan Diam Saja Menerimanya!

Jangan pernah menoleransinya hal-hal ini #IDNTimesLife

Memang benar, bahwa sebagai pekerja yang baik, kamu diharuskan patuh kepada atasan dan mengikuti aturan di tempatmu bekerja. Akan tetapi, perlu diketahui juga bahwa sebagai pekerja pun kamu memiliki hak dan batasan tertentu.

Patuh bukan berarti menerima segala macam perlakuan di tempat kerja. Contohnya seperti lima perlakuan tidak pantas dan kelewatan batas yang ada dalam pembahasan ini.

Pokoknya jangan pernah pasrah menerima dan diam saja jika mendapat lima perlakuan tak pantas ini, ya! 

1. Gaji yang tidak dibayar sampai berbulan-bulan

5 Perlakuan Tak Pantas di Tempat Kerja, Jangan Diam Saja Menerimanya!ilustrasi stres (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Jangan pasrah saja jika gajimu tidak dibayar hingga berbulan-bulan. Hal itu merupakan hak yang mesti kamu dapatkan sebagai pekerja. Kamu bisa coba membicarakannya langsung dengan atasan bahwa kamu belum menerima gaji yang seharusnya kamu terima.

Namun, jika tidak ada titik terang dan penyelesaian juga, maka kamu pun bisa mengajukan tuntutan dan menggunakan jalur hukum. Bekerja tanpa gaji bisa dianggap sebagai perbudakan paksa dan melanggar aturan dalam mempekerjakan orang. 

2. Adanya tindak kekerasan selama bekerja

5 Perlakuan Tak Pantas di Tempat Kerja, Jangan Diam Saja Menerimanya!ilustrasi menangis (pexels.com/Yan Krukov)

Perlakuan tak pantas lainnya yang gak boleh kamu terima begitu saja adalah jika adanya tindak kekerasan selama bekerja. Baik itu kekerasan fisik ataupun verbal, entah dilakukan pada laki-laki atau perempuan, jenis kekerasan apapun tidak bisa ditoleransi di tempat kerja.

Hal ini melanggar hakmu sebagai pekerja yang mana dalam bekerja seharusnya kamu mendapatkan perlakuan layak dan jaminan keamanan. Sebaiknya kamu resign atau menindaklanjuti kekerasan yang kamu alami ke pihak berwenang. Jangan dibiarkan karena bisa saja orang lain juga menjadi korbannya. 

Baca Juga: 5 Kunci Bertahan dalam Dunia Kerja yang Tak Bisa Ditebak Perubahannya

3. Perlakuan tidak adil yang merugikanmu

5 Perlakuan Tak Pantas di Tempat Kerja, Jangan Diam Saja Menerimanya!ilustrasi protes (pexels.com/Yan Krukov)

Adanya perlakuan tidak adil yang merugikanmu juga merupakan salah satu perlakuan tidak pantas yang gak boleh kamu terima dengan pasrah. Misalnya saja, kamu diberikan pekerjaan yang tidak sesuai dengan posisimu dan seperti merendahkanmu.

Atau kamu diberikan beban kerja yang terlalu banyak jika dibandingkan rekan-rekan lainnya. Jika pasrah menerimanya, maka selamanya kamu bisa diperlakukan tidak adil. Jadi perjuangkanlah hakmu sendiri agar kamu juga diperlakukan adil dan sama seperti pekerja lainnya. 

4. Segala bentuk pelecehan yang tak bisa ditoleransi sama sekali

5 Perlakuan Tak Pantas di Tempat Kerja, Jangan Diam Saja Menerimanya!ilustrasi takut (pexels.com/Keira Burton)

Perlakuan tidak pantas yang keempat ini bisa dibilang sangat fatal, yang mana dirimu mesti berontak jika mendapat segala bentuk pelecehan di tempat kerjamu. Entah itu dilakukan oleh rekan sesama pekerja atau bahkan atasan, jangan diam saja! Kamu bekerja di sana tujuannya untuk mencari nafkah dan berkarya, bukan untuk menjadi korban tindakan tak bermoral seperti itu.

Jadi, jika ada pelecehan secara fisik ataupun verbal, pastikan untuk menindak lanjutinya, ya! Karena mendapat perlakuan seperti itu akibatnya bisa sampai membuat trauma dan mental down

5. Tuduhan tidak berdasar atas hal yang sama sekali tidak kamu lakukan

5 Perlakuan Tak Pantas di Tempat Kerja, Jangan Diam Saja Menerimanya!ilustrasi stres kerja (pexels.com/Yan Krukov)

Jangan diam saja jika diberi tuduhan macam-macam atas suatu hal yang tidak pernah kamu lakukan. Memang benar bahwa ketika memasuki dunia kerja maka kamu pun harus siap menghadapi segala intrik orang-orang yang berniat menjatuhkanmu.

Maka dari itu, sangat keliru jika kamu pasrah ketika dituduh melakukan sesuatu yang tidak kamu lakukan. Karena dampaknya bisa ke kariermu yang mengalami penurunan dan juga perlakukan seperti itu yang bisa semakin menjadi-jadi nantinya. 

Jika lima perlakuan tadi ada yang terjadi di tempat kerjamu, maka jangan pernah pasrah menerimanya, ya. Karena sebagai pekerja tidak sepatutnya dirimu menerima perlakuan tidak pantas begitu. Pokoknya, jangan diam saja dan segera tindak lanjuti demi melindungi dirimu sendiri!

Baca Juga: Polisi Tolak Laporan Terduga Pelaku Pelecehan dan Perundungan di KPI

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya