Comscore Tracker

5 Prinsip Hidup Anti-stres yang Patut Kamu Terapkan di Usia 20-an

Supaya masa mudamu lebih terstruktur dan jauh dari stres

Setelah melewati fase remaja dan mulai masuk usia 20-an maka kamu akan merasakan banyak pelajaran hidup, bagaimana kamu mengembangkan diri, merencanakan masa depan, bekerja, bahkan sampai bagaimana mengatasi stres yang melanda.

Nah untuk itulah kali ini ada beberapa tips prinsip hidup yang jika diterapkan bisa menjauhkanmu dari perasaan stres itu dan menjalani hidup dengan lebih bahagia. 

1. Pemasukan lebih banyak daripada pengeluaran

5 Prinsip Hidup Anti-stres yang Patut Kamu Terapkan di Usia 20-anPexels.com/Alexander Mils

Memasuki usia dua puluhan berarti kamu sudah bukan remaja yang bisa berbuat sesuka hati lagi, dan alangkah baiknya jika kamu menerapkan prinsip hidup yang tepat. Salah satunya adalah dengan memastikan bahwa pengeluaran tidak lebih banyak dari pemasukanmu, apalagi jika kamu sudah bekerja. Tahu bagaimana mengelola uang adalah hal yang penting supaya kamu tidak stres.

2. Tidak menunda pekerjaan

5 Prinsip Hidup Anti-stres yang Patut Kamu Terapkan di Usia 20-anPexels.com/Bruce Mars

Jangan sekalipun membiasakan diri dengan menunda pekerjaan yang ada, apapun itu cobalah selesaikan secepat dan semaksimal mungkin. Selain agar hidupmu lebih terstruktur, kamu juga tidak diterpa beban pikiran karena pekerjaan yang menumpuk. 

3. Love yourself

5 Prinsip Hidup Anti-stres yang Patut Kamu Terapkan di Usia 20-anPexels.com/Carolline De Souze

Prinsip yang ketiga adalah kamu harus menanamkan bahwa mencintai diri sendiri itu penting. Karena dengan mencintai diri sendiri, kamu jadi bisa lebih maksimal mengambangkan passion yang berguna untuk masa depanmu, selain itu kamu juga akan lebih bahagia karena memahami betapa berharganya dirimu. 

Baca Juga: 5 Alasan Boleh Mengubah Mimpi di Pertengahan Usia 20an

4. Memberi reward pada diri sendiri atau liburan di waktu tertentu

5 Prinsip Hidup Anti-stres yang Patut Kamu Terapkan di Usia 20-anPexels.com/Javon Swaby

Kamu harus tahu betapa pentingnya membahagiakan diri sendiri. Jangan terlalu membebani pikiran dengan hal-hal berat, apalagi jika kamu sedang di usia dua puluhan. Coba beri penghargaan atau reward atau pergi berlibur di waktu-waktu tertentu. Kamu memang diwajibkan untuk belajar dewasa, tapi jangan sampai memaksakan diri dan lupa bahwa kamu juga harus menikmati masa muda.

5. Cuma membeli barang yang benar-benar berguna

5 Prinsip Hidup Anti-stres yang Patut Kamu Terapkan di Usia 20-anPexels.com/Bruce Mars

Salah satu hal yang banyak mengakibatkan stres pada generasi milenial sekarang adalah karena membeli barang yang sebenarnya tidak begitu diperlukan demi gengsi, lalu pusing memikirkan kebutuhan penting yang juga harus dipenuhi.

Pada kurun waktu seperti inilah sebenarnya waktu terbaik dimana kamu menanamkan kebiasaan dan prinsip yang baik bagi dirimu, salah satunya ialah dengan hanya membeli barang yang benar-benar diperlukan. Hal yang satu ini juga masuk dalam kategori hidup minimalis dimana kamu memaksimalkan fasilitas atau barang yang kamu punya. 

Itulah beberapa prinsip hidup yang akan baik jika kamu terapkan di usia 20-an agar hidup lebih bahagia dan tidak diserang stres. Kamu sudah terapkan yang mana?

Baca Juga: 9 Pelajaran Hidup Penting untuk Bekal di Usia 20an

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You