Comscore Tracker

5 Risikonya jika Pergi Merantau Tanpa Kesiapan Diri dan Mental

Bisa-bisa kamu stres menghadapi semuanya sendiri

Jalan hidup setiap orang itu berbeda-beda. Ada yang dia sukses dan menjalani hidupnya di kota tempat tinggalnya. Tapi ada juga orang-orang yang memang ditakdirkan untuk merantau baik itu untuk mengejar pendidikan ataupun untuk bekerja.

Nah, untuk pergi merantau itu sendiri sebenarnya gak bisa dilakukan dengan sembarangan dan tanpa pertimbangan. Kalau kamu pergi merantau tanpa disertai dengan kesiapan diri dan juga mental bisa-bisa malah kamu sendiri yang kesulitan nanti.

Tapi kalau memang bersikeras maka inilah lima risikonya kalau pergi merantau tanpa kesiapan diri dan mental. Simak baik-baik! 

1. Serba kacau karena gak tahu bagaimana menata hidup dengan baik

5 Risikonya jika Pergi Merantau Tanpa Kesiapan Diri dan Mentalilustrasi stres (pexels.com/Karolina Grabowska)

Kalau kamu tipe orang yang nekat untuk pergi merantau tanpa memiliki persiapan apa-apa maka siap-siap saja dengan risikonya yang satu ini. Hidupmu bisa jadi serba kacau karena tidak tahu bagaimana menata hidup dengan baik.

Kamu memang sudah menyusun rencana, akan tetapi karena tidak memiliki kesiapan diri dan juga mental maka kamu pasti menemui kesulitan saat menata hidup sendiri di tempat yang asing. Apalagi kalau sebelumnya hidupmu sepenuhnya diurusi orangtua. 

2. Mental down ketika menghadapi situasi sulit sendirian

5 Risikonya jika Pergi Merantau Tanpa Kesiapan Diri dan Mentalilustrasi emosional (pexels.com/Elijah O'Donnell)

Risikonya yang kedua kalau merantau tanpa dibarengi dengan kesiapan diri dan mental ialah mengalami mental down ketika menghadapi situasi sulit sendirian. Karena ketika merantau otomatis dirimu akan jauh dari orangtua, menjalani hidup sendirian di tempat yang baru dan asing.

Hidup sendiri memang tak berat, namun yang membuatnya berat ialah ketika datang saat dimana kesulitan dan masalah besar menimpa, kamu tidak punya sandaran dan tidak ada yang melindungimu kecuali bertahan sendiri. Dan hal ini berbahaya bagi mental kalau tidak benar-benar siap untuk merantau. 

Baca Juga: 5 Kekhawatiran Orangtua saat Melepas Anaknya Pergi Merantau

3. Mudah terpengaruh dan terbawa arus sekitar

5 Risikonya jika Pergi Merantau Tanpa Kesiapan Diri dan Mentalilustrasi pesta (pexels.com/Inga Seliverstova)

Risikonya yang ketiga kalau diri dan mentalmu tidak siap saat merantau adalah, kamu jadi mudah terpengaruh dan terbawa arus sekitar. Baik itu arus dalam lingkaran pergaulanmu yang baru, standar sosial di tempatmu merantau, hingga lingkungan tempatmu bekerja.

Karena kalau tidak dibarengi dengan kesiapan diri maka kamu pun pastinya tidak memiliki prinsip ataupun pedoman hidup yang kokoh, sehingga ketika bertemu dengan hal-hal baru jadinya terkejut dan gak bisa mempertahankan prinsip hidupmu sendiri. 

4. Mudah menyerah saat menghadapi kesulitan dalam karier

5 Risikonya jika Pergi Merantau Tanpa Kesiapan Diri dan Mentalilustrasi stres kerja (pexels.com/Yan Krukov)

Jika tujuanmu merantau adalah untuk mengejar kesuksesan maka hal itu akan sangat sulit didapatkan jika tidak dibarengi dengan kesiapan diri dan mental. Karena pada dasarnya dunia kerja itu berat, ada banyak kesulitan yang bisa membuatmu stres bahkan tertekan secara mental.

Jadi bisa dibayangkan kalau kamu sendiri tidak siap menghadapi semua itu, ketika mengalami kesulitan maka kamu pun jadi mudah menyerah. Kehilangan motivasi dan semangat karena tak sanggup menanggung stres di perantauan. 

5. Kesulitan dalam beradaptasi dengan lingkungan baru

5 Risikonya jika Pergi Merantau Tanpa Kesiapan Diri dan Mentalilustrasi menatap (pexels.com/Liza Summer)

Risikonya yang kelima ialah kamu bakal kesulitan saat beradaptasi dan menyesuaikan diri di perantauan kalau tidak memiliki kesiapan diri dan mental. Karena adaptasi juga perlu kesiapan, apalagi jika dirimu adalah tipe orang yang cukup anti sosial, introvert, dan sulit bergaul.

Sebab detik ketika kamu sampai di tempatmu merantau dan mengadu nasib sendirian, di situlah kamu harus bisa mengandalkan diri sendiri dan pandai-pandai menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Kesimpulannya, kalau mau merantau maka pastikan dulu bahwa kamu benar-benar siap mulai dari diri hingga mental. Sebab hidup di perantauan itu berat dan kamu harus benar-benar kuat. 

Baca Juga: 5 Hal yang Biasa Dinasihatkan Orangtua saat Anak Hendak Merantau 

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya