Comscore Tracker

5 Sikap Ini Sebenarnya Merendahkan Nilai Dirimu Sendiri, lho

#IDNTimesLife Kamu jadi tak ada harga dirinya di mata orang

Bicara soal nilai diri, semua orang pada dasarnya memiliki nilai yang sama. Sebab semua manusia itu terlahir dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Akan tetapi tetap saja ada kesenjangan yang membuat timbulnya tinggi dan rendah tingkatan seseorang di dalam kehidupan sosial.

Namun sebelum menyalahkan pada lingkungan ada baiknya untuk bercermin terlebih dahulu, karena rendahnya nilai diri seseorang tidak melulu diakibatkan orang lain, seringkali malah sikap dari diri sendirilah yang merendahkan nilai dirimu.

Seperti yang ada dalam pembahasan di bawah ini, kamu mungkin tidak sadar kalau sikap yang kamu lakukan ini sebenarnya malah menurunkan nilai dirimu sendiri di mata orang lain.

1. Mau-mau saja ketika dijadikan selingkuhan 

5 Sikap Ini Sebenarnya Merendahkan Nilai Dirimu Sendiri, lhoilustrasi pasangan kencan(pexels.com/Katerina Holmes)

Orang-orang tak akan merendahkanmu kalau tidak ada sebabnya, dan sikapmu yang mau-mau saja ketika dijadikan selingkuhan adalah salah satu hal yang mengakibatkan hal itu terjadi.

Saat kamu bersedia dijadikan simpanan seseorang, padahal jelas-jelas orang itu sudah memiliki pasangan dan menikah, maka di situlah letak cela dirimu. Karena kamu jadi tidak ada harga dirinya, bahkan orang yang menjadikanmu selingkuhannya pun tak menghargaimu sama sekali.

2. Menerima lamaran siapa saja yang mengajak menikah tanpa pikir panjang 

5 Sikap Ini Sebenarnya Merendahkan Nilai Dirimu Sendiri, lhoilustrasi pasangan (pexels.com/Juan Vargas)

Menikah itu baiknya menjadi peristiwa sekali dalam seumur hidup, sehingga saat memilih pasangan untuk diajak menikah pun juga harus pilih dengan penuh pertimbangan. Akan tetapi jika kamu menerima lamaran siapa saja yang mengajak menikah tanpa pikir panjang, di situlah nilai dirimu menjadi turun.

Sikapmu itu sebenarnya merendahkan nilai dirimu sendiri karena mau saja dengan sembarangan orang, sebutan kasarnya adalah gampangan.

Baca Juga: Sayangi Dirimu, Lakukan 5 Hal Ini untuk Mencegah Self-Harm

3. Diam saja ketika disentuh-sentuh orang yang baru dikenal 

5 Sikap Ini Sebenarnya Merendahkan Nilai Dirimu Sendiri, lhoilustrasi wanita pasrah (pexels.com/Keira Burton)

Jika dengan pasangan yang sudah berhubungan lama saja tetap harus menjaga batasan, maka dengan orang asing dan baru dikenal pun mestinya harus lebih jaga jarak. Jika kamu diam saja dan membiarkan orang yang baru kamu kenal menyentuhmu sesuka hatinya, maka sikapmu itu sama saja dengan merendahkan nilai dirimu sendiri.

Sebab mereka memperlakukanmu dengan seenaknya, bahkan melecehkan dan sama sekali tak menghormatimu. Yakin tetap mau diam saja?

4. Bersedia disuruh-suruh dan jadi 'babu' teman-teman

5 Sikap Ini Sebenarnya Merendahkan Nilai Dirimu Sendiri, lhoilustrasi wanita pasrah (pexels.com/Yan Krukov)

Karena kalau kamu mau saja ketika disuruh-suruh dan jadi 'babu' teman-temanmu, sikapmu itulah yang semakin membuat mereka tak menghargaimu. Kamu merendahkan nilaimu sendiri dengan tunduk pada mereka, padahal kalau kamu lebih berani dan menjaga harga dirimu dengan menjunjung kesetaraan di dalam pertemanan, mereka mungkin tak akan seperti itu.

5. Membiarkan alur hidupmu diatur orang lain 

5 Sikap Ini Sebenarnya Merendahkan Nilai Dirimu Sendiri, lhoilustrasi pria (pexels.com/Yan Krukov)

Hal ini semata-mata karena kamu tidak teguh pada pendirian, sehingga akibatnya jadi mengikuti kemauan orang. Padahal baiknya hidupmu mestinya tidak bergantung pada standar dan apa yang orang lain suruh, kecuali jika yang kamu kejar adalah pengakuan dari mereka. Namun di situlah letak salahnya yang nilai dirimu menjadi rendah di mata orang. Benar?

Menjaga harga diri dan nilai diri sebenarnya tidak sulit, akan tetapi terkadang banyak yang lupa bahwa hal yang dilakukannya sendirilah yang kemudian merendahkan nilai dirinya di mata orang, seperti lima sikap yang ada dalam pembahasan tadi.

Baca Juga: 5 Perilaku saat PPKM yang Justru jadi Pola Hidup Sehat

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya