Comscore Tracker

5 Sikap yang Tunjukkan Tingkat Kedewasaanmu saat Melakukan Kesalahan

#IDNTimesLife Kamu berani mengakuinya dan meminta maaf

Tidak ada satu orang pun di dunia ini yang sempurna, semua orang memiliki celah dan kekurangannya sendiri. Makanya wajar bila sesekali melakukan kesalahan, karena kita manusia yang tak sempurna.

Bicara tentang kesalahan, konon tingkat kedewasaan seseorang bisa dilihat dari sikapnya ketika melakukan suatu kesalahan, lho. Untuk pembahasan lengkapnya bisa simak pembahasan di bawah ini.

1. Kamu tidak mencari-cari alasan untuk membenarkan kesalahanmu

5 Sikap yang Tunjukkan Tingkat Kedewasaanmu saat Melakukan Kesalahanilustrasi bicara (pexels.com/Mikhail Nilov)

Ketika melakukan suatu kesalahan, lalu kamu tidak mencari-cari pembenaran atas kesalahanmu maka di situlah kedewasaanmu terlihat. Karena kamu bukan anak-anak lagi, yang mana semakin dewasanya dirimu maka semakin besar pula kewajibanmu untuk bertanggung jawab.

Artinya, dirimu sudah benar-benar dewasa karena tahu kalau apa yang kamu lakukan salah dan tidak ada hal yang memalukan dari mengakui kesalahan sendiri.

2. Sadar diri dan tidak menyalahkan orang lain

5 Sikap yang Tunjukkan Tingkat Kedewasaanmu saat Melakukan Kesalahanilustrasi wanita (pexels.com/AlexanderSuhorucov)

Kedewasaanmu juga terlihat dari kesadaran atas kesalahan yang kamu perbuat dan tidak menyalahkan orang lain. Entah itu playing victim, atau sengaja mencari celah dan alasan untuk mengelak.

Hal ini merupakan sikap yang berani sekaligus keren, karena kamu melakukannya dengan kesadaran diri. Ya, kamu adalah orang yang tidak keberatan untuk intropeksi diri alias tidak merasa menjadi yang paling benar.

3. Berani mengakui kesalahan dengan berani dan meminta maaf secara langsung

5 Sikap yang Tunjukkan Tingkat Kedewasaanmu saat Melakukan Kesalahanilustrasi bersalaman (pexels.com/Fauxels)

Meminta maaf mungkin suatu hal yang kelihatannya sederhana, tapi sebenarnya tidak semua orang bisa melakukannya dengan mudah, lho. Karena meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan membutuhkan keberanian serta kerendah hatian.

Jadi jika kamu berani mengakui kesalahan dan meminta maaf secara langsung maka sikap itu juga menunjukkan kedewasaan dirimu.

Baca Juga: 5 Bukti Kedewasaan yang Membuatmu Tampak Menarik, Gak Klise

4. Berkaca dari kesalahan sebelumnya dan tidak mengulanginya lagi

5 Sikap yang Tunjukkan Tingkat Kedewasaanmu saat Melakukan Kesalahanilustrasi bicara (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kamu bukan anak-anak lagi yang belum mengerti mana yang salah dan benar, atau juga mengulangi kesalahan yang sama tanpa belajar darinya. Karena itulah, jika kamu berkaca dari kesalahan yang pernah dilakukan dan tidak mengulanginya maka itu bukti kedewasaanmu.

Sebab, dengan tidak mengulanginya berarti kamu tahu betapa pentingnya memegang kepercayaan orang, dan juga tidak membuang-buang waktu dengan melakukan kesalahan yang sama.

5. Benar-benar tobat dengan kesalahan yang pernah dibuat dan menjadi pribadi yang lebih baik

5 Sikap yang Tunjukkan Tingkat Kedewasaanmu saat Melakukan Kesalahanilustrasi bersalaman (pexels.com/Monstera)

Setuju atau tidak, seseorang baru dikatakan dewasa jika dia belajar dari kesalahannya serta mau berubah menjadi lebih baik. Kita semua sama, yakni didewasakan oleh pengalaman hidup salah satunya ialah pengalaman saat melakukan kesalahan.

Sebab, tidak ada kata terlambat untuk menjadi pribadi yang lebih baik jika ada kemauan untuk intropeksi diri dan berkembang.

Melakukan kesalahan itu suatu hal yang wajar, akan tetapi bagaimana sikapmu saat melakukan kesalahan itulah yang memperlihatkan seberapa dewasanya dirimu. Semoga bisa berbuat lebih baik ke depannya, ya!

Baca Juga: 5 Ciri Pasangan yang Gak Diragukan Kedewasaan Diri dan Emosionalnya

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya