Comscore Tracker

5 Tanda kalau Seseorang sedang Terancam dan Berada di Bawah Tekanan

Karena bisa saja orang terdekatmu sedang mengalami ini

Sebenarnya mengasah kepekaan diri pada sekitar itu penting, baik untuk menjaga diri sendiri ataupun untuk menjaga orang-orang terdekat kita. Karena tidak semua orang mau terbuka perihal perasaannya ataupun hal-hal yang ia alami, yang mana bisa saja ia sedang stres, tertekan, atau bahkan terancam tanpa kita ketahui. Bahaya banget kan?

Maka dari itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa tanda yang ditunjukkan kalau seseorang sedang terancam dan berada di bawah tekanan. Karena bisa saja orang terdekatmulah yang sedang mengalaminya, jadi perhatikan baik-baik ya!

1. Menunjukkan gelagat aneh seperti sering melihat sekeliling dengan khawatir

5 Tanda kalau Seseorang sedang Terancam dan Berada di Bawah TekananIlustrasi lihat ke belakang(pexels.com/Vova Krasilnikov)

Ini tanda dasar yang biasanya ditunjukkan seseorang ketika dia merasa tidak aman dan terancam. Jangan abaikan jika orang terdekatmu ada yang melakukan gelagat ini, ya. Karena bisa saja diam-diam ternyata ia membutuhkan pertolongan.

2. Tiba-tiba takut keluar rumah dan pergi sendiri

5 Tanda kalau Seseorang sedang Terancam dan Berada di Bawah TekananIlustrasi depresi(pexels.com/Alex Green)

Mungkin ada orang jahat yang sedang mencari keberadaannya, penguntit yang mengikutinya, atau hal-hal lain yang membuatnya jadi ketakutan keluar rumah. Jadi kalau bisa temanilah dia ketika pergi ke suatu tempat, atau pastikan bahwa ia merasa aman untuk keluar rumah karena kamu bakal siap sedia untuk menolongnya jika hal buruk terjadi.

Baca Juga: Ketahui Tanda-tanda Datangnya Siklon Tropis, Begini Caranya

3. Yang tadinya ceria malah berubah murung setelah bertemu seseorang

5 Tanda kalau Seseorang sedang Terancam dan Berada di Bawah TekananIlustrasi stres (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jika ada orang sekitarmu yang biasanya ceria tapi tiba-tiba berubah menjadi murung setelah bertemu seseorang, maka bisa jadi ia sedang berada di bawah tekanan orang itu, atau ada hal buruk yang terjadi di antara mereka. Sebaiknya kamu menanyakan padanya tentang apa yang terjadi, karena jangan sampai malah ia menutupi keadaannya yang sedang tidak aman. Namun jika ia bersikeras tidak mau cerita, cukup awasi saja dari jauh karena mungkin hal tersebut merupakan privasinya.

4. Kelihatan stres banget dan pucat

5 Tanda kalau Seseorang sedang Terancam dan Berada di Bawah TekananIlustrasi stres(pexels.com/Polina Zimmerman)

Seorang yang dirinya sedang terancam dan berada di bawah tekanan juga biasanya menunjukkan tanda dari fisiknya, yakni tampak pucat dan raut wajahnya kelihatan stres berat. Bisa jadi ia sedang mengalami musibah yang begitu berat, namun jangan hanya sekedar mengasihaninya saja namun cobalah membantunya. Karena siapa tahu ia menutupi kenyataan bahwa dirinya sedang di bawah tekanan dan diancam seseorang.

5. Terlihat seperti kehilangan semangat hidup dan mengatakan ingin mati

5 Tanda kalau Seseorang sedang Terancam dan Berada di Bawah TekananIlustrasi depresi(pexels.com/Engin Akyurt)

Jadi kalau orang terdekatmu mengatakan bahwa ia ingin mati, atau tak ada motivasi dan semangat untuk tetap hidup, maka besar kemungkinannya kalau sebenarnya ia sedang dalam bahaya. Jadi pekalah terhadap tanda ini karena mungkin ia mendapat ancaman dan tekanan yang tak main-main dari seseorang.

Itulah tadi beberapa tandanya kalau seseorang sedang terancam dan berada di bawah tekanan. Jadi, belajarlah untuk lebih peka demi menjaga orang di sekitarmu, ya. Jangan sampai kamu malah terlambat memberinya pertolongan.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Seorang People Pleaser, Sering Disepelekan!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya