Comscore Tracker

5 Teknik dalam Mendengarkan, Yuk Belajar Jadi Good Listener! 

Simak perkataan orang lain dengan tulus dan serius

Pendengar yang baik tidak hanya diam mendengarkan semua kata orang, akan tetapi juga harus dibekali dengan kemampuan komunikasi yang bagus dan keinginan untuk menyimak cerita orang lain dengan tulus. 

Karena dalam kehidupan sosial gak melulu kita yang bicara akan tetapi juga harus bisa mengalah untuk mau mendengarkan orang lain. Yang mana ada beberapa teknik dalam mendengarkan yang tak hanya bisa bikin orang lain betah namun juga nyaman untuk bicara denganmu. Yuk simak pembahasannya di bawah ini untuk belajar jadi pendengar yang baik! 

1. Beri respon ringan ketika mendengarkan orang lain bicara 

5 Teknik dalam Mendengarkan, Yuk Belajar Jadi Good Listener! ilustrasi bicara (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Teknik mendengarkan yang pertama ialah memberikan respon ringan ketika orang lain bicara. Misalnya saja seperti anggukan, gestur yang menunjukkan ketertarikanmu pada ceritanya, atau berupa tanggapan sederhana yang membuatnya merasa benar-benar didengarkan olehmu. 

Hal ini sangat mudah dipelajari jika kamu ingin menjadi seorang pendengar yang baik, sangat sederhana dan bisa kamu latih ketika mengobrol bersama teman atau orang terdekatmu. 

2. Dengarkan dan bicaralah dengan bergantian 

5 Teknik dalam Mendengarkan, Yuk Belajar Jadi Good Listener! ilustrasi ngobrol (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Teknik mendengarkan yang kedua ialah bicara bergantian dengan orang yang menjadi teman ngobrolmu. Karena perlu dipahami bahwa menjadi pendengar yang baik gak melulu tentang diam mendengarkan orang lain bicara saja akan tetapi juga ikut bicara dengannya secara bergantian untuk menciptakan komunikasi dua arah. 

Karena dengan ikut masuk ke dalam topik yang orang lain bicarakan bisa menambah kesan nyaman dalam obrolan. Dan orang lain jadi semakin betah bicara denganmu. 

3. Simpulkan apa yang dia katakan lalu berikan tanggapanmu 

5 Teknik dalam Mendengarkan, Yuk Belajar Jadi Good Listener! ilustrasi bicara (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Simpulkan apa yang telah kamu dengar dari orang lain lalu berikan tanggapan akan itu, teknik mendengarkan yang ketiga ini menunjukkan bahwa kamu benar-benar menyimak apa yang dikatakan oleh orang lain. 

Cara ini sangat efektif dalam menghadapi seseorang yang suka bicara panjang lebar tentang suatu hal, yang mana dengan meringkas inti dari ceritanya ketika dia selesai bicara kamu jadi bisa mengarahkan pembicaraan kalian. 

4. Ulangi beberapa perkataannya untuk menunjukkan antusiasmu

5 Teknik dalam Mendengarkan, Yuk Belajar Jadi Good Listener! ilustrasi pasangan diskusi (pexels.com/Katerina Holmes)

Menjadi pendengar yang baik berarti kamu pun juga harus bisa menguasai jalannya pembicaraan, yang mana salah satu tekniknya ialah dengan mengulangi beberapa perkataannya untuk menunjukkan antusiasmemu. 

Mengulangi perkataan seseorang dibarengi dengan tatapan tertarik bisa menambah semangat orang untuk semakin banyak bercerita padamu. Dan kamu bisa menggunakan teknik ini untuk mengambil hati seseorang pada pertemuan pertama. 

5. Cukup dengarkan dengan tulus dan penuh perhatian 

5 Teknik dalam Mendengarkan, Yuk Belajar Jadi Good Listener! ilustrasi ngobrol (pexels.com/Alena Darmel)

Teknik mendengarkan yang terakhir bisa dibilang paling simple tapi butuh kesabaran dan ketulusan besar untuk bisa melakukannya, yaitu cukup mendengarkan orang lain bicara dengan tulus dan penuh perhatian. 

Percaya atau tidak, sebagian orang sebenarnya sangat membutuhkan orang lain hanya untuk menjadi pendengarnya saja. Karena terkadang ketika cerita kita didengarkan dengan tulus bisa menghilangkan perasaan kesepian dan melegakan diri sendiri. 

Itulah tadi lima teknik mendengarkan yang bisa kamu pelajari untuk menjadi seorang good listener. Butuh kesabaran, ketulusan, dan juga latihan untuk benar-benar menjadi seorang pendengar yang baik. 

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Sudah Jadi Tempat Curhat yang Baik, Good Listener!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya