Comscore Tracker

5 Cara Agar Rencana Hidup Gak Cuma Sebatas Wacana Saja

Harus berani mengambil langkah dan berusaha! #IDNTimesLife

Semua orang pasti punya rencana hidup yang ia susun menjadi sedemikian baiknya untuk masa depan yang cerah, bahkan gak sedikit orang yang telah melakukannya sejak ia muda. Akan tetapi perlu diketahui bahwa merencanakan hidup saja gak cukup untuk membuat hidup sukses jika tidak dibarengi dengan usaha.

Lalu bagaimana caranya agar rencana hidupmu gak cuma jadi sebatas wacana saja? Berikut ini kita akan membahas tentang lima caranya. Yuk simak!

1. Beranilah mengambil langkah pertama!

5 Cara Agar Rencana Hidup Gak Cuma Sebatas Wacana SajaIlustrasi salaman(pexels.com/Sora Shimazaki)

Caranya yang paling utama agar rencana hidupmu gak cuma jadi sebatas wacana ialah dengan berani mengambil langkah pertama. Ada banyak orang yang hidupnya begitu-begitu saja meski punya rencana hidup yang hebat, penyebabnya karena ia takut untuk melangkah dan menghadapi risiko. Langkah pertama memang terasa berat, namun dengan adanya keberanian maka kamu pun bisa terus melangkah maju.

2. Hilangkan prasangka buruk sebelum benar-benar mencoba mewujudkannya

5 Cara Agar Rencana Hidup Gak Cuma Sebatas Wacana SajaIlustrasi stres(pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kedua, hilangkan semua prasangka burukmu pada apa yang akan terjadi jika belum benar-benar mencoba melakukannya. Gak sedikit orang yang urung mengikuti rencana hidup yang telah ia susun karena sudah berpikir buruk duluan. Pesimis dan berpikir bahwa akan gagal, padahal mencoba melakukannya saja belum. 

Baca Juga: Coba Tanya ke Pacarmu, Dia Punya 6 Rencana Hidup Ini Nggak?

3. Step by step, percaya kalau keberhasilan gak diraih dengan instan

5 Cara Agar Rencana Hidup Gak Cuma Sebatas Wacana SajaIlustrasi kerja(pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kamu harus sabar, konsisten dan tekun kalau ingin merealisasikan rencana hidupmu hingga sukses. Kenapa? Karena gak ada kesuksesan yang dapat diraih dengan instan. Dan kamu harus terus berusaha melakukan berbagai hal, dan melangkah pelan-pelan agar rencana hidup yang kamu susun gak hanya jadi sebatas wacana saja. Lakukan secara nyata dan jangan hanya memikirkannya saja!

4. Pantang menyerah, teruslah bangkit ketika jatuh

5 Cara Agar Rencana Hidup Gak Cuma Sebatas Wacana SajaIlustrasi stres kerja(pexels.com/Andrea Piacquadio)

Hidup gak bakal berjalan sesuai yang kamu mau, yang artinya juga gak bakal semulus rencana yang telah kamu susun. Jadi agar semuanya gak hanya sebatas wacana saja, pastikan bahwa kamu merupakan pribadi yang pantang menyerah. Terus berusaha bangkit dan memulainya lagi jika terjatuh, hingga hidupmu bisa berjalan sesuai dengan rencanamu. Dengan kata lain kamu pun juga harus jadi pribadi yang kuat!

5. Ikuti kata hati dan pilihan hidupmu sendiri, jangan mau dipengaruhi orang!

5 Cara Agar Rencana Hidup Gak Cuma Sebatas Wacana SajaIlustrasi wanita(pexels.com/Cottonbro)

Jangan pernah membiarkan dirimu dipengaruhi oleh orang lain, karena hal tersebutlah yang bisa menyurutkan semangatmu hingga tidak berani mewujudkan rencana hidup yang kamu susun. Jadi apa pun kata orang lain, entah mereka mengkritik atau menyepelekan dirimu, tetaplah teguh pada dirimu sendiri. Ikuti rencana hidupmu dengan yakin dan buktikan bahwa kamu memang bisa sukses dengan itu!

Rencana hidup itu perlu direalisasikan, jadi cobalah lima cara tadi agar rencana yang telah kamu buat gak cuma jadi sebatas wacana saja, ya!

Baca Juga: 5 Dampak jika Kamu Gak Membuat Perencanaan Karier untuk Masa Depan

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya