Comscore Tracker

5 Akibat jika Terlalu Loyal dalam Pergaulan, Bisa Dimanfaatkan

Karena memiliki sesuatu, mereka mendadak memanfaatkan kamu

Bersikap loyal saat bergaul memang baik, dan orang-orang otomatis akan menyukaimu karena kamu loyal kepada mereka. Tapi kalau bicara soal keloyalan, hal ini menjadi buruk kalau dilakukan secara berlebihan.

Yang mana kalau kamu terlalu loyal dalam pergaulan, bisa-bisa hal itu malah menjadi celah dan titik kelemahan bagimu untuk dimanfaatkan orang lain. 

Pada akhirnya, hidupmu pun jadi berantakan dan kehilangan segala hal yang kamu punya. Ada banyak banget akibatnya, dan lima di antaranya pun ada dalam pembahasan berikut ini. Simak, ya! 

1. Orang-orang mendekatimu karena ada maunya

5 Akibat jika Terlalu Loyal dalam Pergaulan, Bisa Dimanfaatkanilustrasi ngobrol (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Loyal kepada teman tentu boleh-boleh saja, akan tetapi kalau dilakukan secara berlebihan bisa-bisa kamu tidak sadar, kalau mereka mendekatimu karena ada maunya.

Mau itu sudah kamu kenal lama, atau bahkan yang baru saja dikenal, intinya mereka memandang keloyalanmu itu sebagai peluang bagi mereka untuk bisa mengeruk keuntungan ketika bergaul denganmu. Bukankah rasanya menyakitkan dimanfaatkan seperti itu? 

2. Hidupmu jadi kurang tertata karena terbiasa loyal dan mementingkan orang lain

5 Akibat jika Terlalu Loyal dalam Pergaulan, Bisa Dimanfaatkanilustrasi stres (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kalau kamu sampai terbiasa loyal dan tidak bisa mengendalikan sikap tersebut, maka akibatnya yang kedua adalah, hidupmu bisa jadi kurang tertata, lho. Karena kamu terbiasa untuk mementingkan orang lain dengan bersikap loyal.

Lebih parahnya lagi, kalau kamu terlalu baik dan loyal pada orang lain, akan tetapi malah pelit dan hemat pada diri sendiri, caramu menjalani hidup sudah salah banget kalau seperti ini. Sebab yang harusnya kamu utamakan seharusnya diri sendiri. 

3. Ditinggalkan jika dirimu sudah tak punya apa-apa

5 Akibat jika Terlalu Loyal dalam Pergaulan, Bisa Dimanfaatkanilustrasi menyendiri (pexels.com/Mikhail Nilov)

Ketika orang-orang dalam pergaulan mendekatimu karena ada maunya dan keloyalanmu pada mereka, maka saat dirimu sudah tak punya apa-apa, bisa jadi kamu akan ditinggalkan sendiri.

Sebab dari awal kenal dan berteman, mereka memang tidak tulus kepadamu dan hanya mengincar keuntungan dengan bergaul denganmu. Makanya jangan heran kalau tidak ada yang mau menolongmu ketika kesusahan, ditinggal dan hanya bisa berjuang sendiri. 

Baca Juga: 5 Ciri Pasanganmu Termasuk Orang yang Setia dan Loyal, Pertahankan

4. Tidak pandai mengelola dan menjaga apa yang kamu miliki

5 Akibat jika Terlalu Loyal dalam Pergaulan, Bisa Dimanfaatkanilustrasi beri uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Akibatnya yang keempat, kalau kamu terlalu loyal dalam pergaulan ialah dirimu tidak pandai mengelola hal-hal yang kamu miliki, contoh sederhananya pengelolaan finansial.

Kamu tidak pandai mengatur uang karena menggunakannya dengan boros ketika bergaul dan dengan gampangnya menghamburkan uang demi teman. Risikonya tentu saja kamu bisa mengalami krisis keuangan, hingga harta bendamu yang terkeruk habis akibat pergaulan. 

5. Selalu ditipu dan dimanfaatkan

5 Akibat jika Terlalu Loyal dalam Pergaulan, Bisa Dimanfaatkanilustrasi belanja (pexels.com/Gustavo Fring)

Akibatnya yang terakhir ini bisa dibilang tak bisa dihindari kalau kamunya terlalu loyal saat bergaul, yaitu dirimu yang selalu menjadi korban penipuan dan dimanfaatkan orang-orang. Mereka menggunakanmu demi keuntungan tertentu, memanfaatkan apa yang kamu punya karena sifatmu yang terlalu baik dan loyal.

Kamu sendiri mungkin memiliki firasat dengan perlakuan mereka yang memanfaatkanmu, tapi menutup mata dan terus saja tak membatasi keloyalanmu, ketika kamu sudah mengetahuinya penyebab kenapa terus dimanfaatkan. Jadi, hentikan itu sekarang juga atau kamu bakal capek sendiri nantinya!

Loyal dalam pertemanan memang bagus, tapi kalau dilakukan secara berlebihan justru bisa mengakibatkan hal buruk, lho. Karena bersikap loyal pun sebenarnya ada batasannya. 

Baca Juga: 6 Zodiak yang Bisa Jadi Sahabat Paling Loyal dan Setia Kawan 

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya