Comscore Tracker

5 Alasan Berhenti Peduli Omongan Orang buat Hidupmu jadi Lebih Bahagia

Memang gak gampang, tapi hidupmu bisa jadi lebih enteng

Memang benar bahwa salah satu hal yang membuatmu jadi tak lupa intropeksi diri dan memperbaiki diri menjadi lebih baik adalah kritik dan komentar orang-orang di sekitar kita, akan tetapi meskipun begitu gak semua omongan orang patut didengarkan.

Kalau terlalu mendengarkan omongan orang malah bikin overthinking dan tertekan, sebab kamu tak akam pernah sempurna di mata orang lain. Maka dari itu berhenti mempedulikan omongan orang bisa buat hidupmu jadi lebih bahagia, lho. Berikut ini lima alasannya.

1. Kamu jadi gak sering overthinking

5 Alasan Berhenti Peduli Omongan Orang buat Hidupmu jadi Lebih BahagiaIlustrasi stres(pexels.com/Alex Green)

Berhenti mempedulikan omongan orang bisa membuat hidupmu jadi lebih bahagia ialah ketika kamu tidak peduli maka kamu pun jadi gak sering overthinking. Karena kalau semua omongan orang terlalu kamu dengarkan, bahkan sampai ke jenis omongan yang buruk sekalipun, semua itu hanya akan menjadi beban pikiranmu saja. Yang mana pada akhirnya malah membuatmu memikirkan hal yang tak seharusnya dipikirkan. 

2. Merasa lebih bebas untuk melakukan apa yang kamu inginkan

5 Alasan Berhenti Peduli Omongan Orang buat Hidupmu jadi Lebih BahagiaIlustrasi bebas(pexels.com/Alexsandro Calixto)

Kamu gak bakal pernah sempurna di mata orang lain, dan kebanyakan orang justru seperti merasa berhak mengatur hidupmu berdasarkan standarnya sendiri. Mengkritik segala hal yang kamu lakukan, memaksamu untuk mengikutinya, bahkan sampai terang-terangan berbicara buruk di depan banyak orang. Omongan seperti tidak akam ada habisnya, makanya tak perlu dipedulikan agar hidupmu terasa lebih lega, kamu juga jadi lebih bebas melakukan apapun yang kamu inginkan ketika tidak mempedulikan apa kata orang.

3. Tak menanggung beban dan perasaan tertekan dari omongan orang lain

5 Alasan Berhenti Peduli Omongan Orang buat Hidupmu jadi Lebih BahagiaIlustrasi kerja(pexels.com/Andrea Piacquadio)

Hidupmu jadi lebih bahagia ketika berhenti mempedulikan omongan orang karena kamu jadi tidak menanggung beban dan perasaan tertekan dari omongan orang lain. Sehingga tanpa adanya beban baik di hati maupun pikiran, kamu bisa dengan tenang menjalankan kegiatan sehari-hari. Konsentrasimu dalam bekerja juga tak terganggu.

Baca Juga: 5 Tips Jadi Pribadi yang Tak Mudah Terpengaruh Omongan Orang

4. Hidupmu berjalan berdasarkan prinsip dan keyakinanmu sendiri

5 Alasan Berhenti Peduli Omongan Orang buat Hidupmu jadi Lebih BahagiaIlustrasi kerja tim(pexels.com/Fauxels)

Hidup menjadi bahagia dan tanpa penyesalan ketika kamu mejalaninya berdasarkan prinsip dan keyakinanmu sendiri, dan itulah yang terjadi ketika kamu berhenti peduli pada omongan orang. Kamu tidak membiarkan orang lain mengontrolmu, melainkan menjalaninya berdasarkan keinginanmu sendiri. Dengan begitu apapun yang terjadi merupakan dampak dari keputusanmu sendiri, tak ada orang yang kamu salahkan dan tak ada juga penyesalan. Hidupmu jadi sesederhana itu.

5. Kamu jadi bisa fokus menikmati dan menaikkan taraf hidupmu sendiri

5 Alasan Berhenti Peduli Omongan Orang buat Hidupmu jadi Lebih BahagiaIlustrasi salaman(pexels.com/Fauxels)

Alasannya yang kelima ialah, karena kalau kamu tak mempedulikan omongan orang maka kamu pun jadi bsia fokus menikmati dan menaikkan taraf hidupmu sendiri. Singkatnya, kamu sibuk menyukseskan hidupmu dibanding peduli pada kata-kata orang sekitar. Sehingga nanti mereka melihat sendiri hasil dari jerih payahmu dan bukti kalau omongan mereka tak mempengaruhimu sama sekali, karena kamu bahkan tak peduli pada hal itu.

Ada ucapan orang yang baiknya didengar, namun terkadang malah lebih banyak yang tidak baik untuk didengarkan. Maka dari itu tak ada salahnya berhenti mempedulikan omongan orang karena justru bisa bikin hidupmu jadi lebih bahagia.

Baca Juga: 5 Dampak Buruk kalau Kamu Terlalu Acuh sama Omongan Orang Sekitar

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya