Comscore Tracker

5 Alasan Gak Ada Pendapat yang Benar dan Salah Kalau Sedang Diskusi

Karena diskusi dilakukan untuk bisa saling tukar pikiran

Diskusi merupakan kegiatan yang biasanya dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan membahas suatu topik. Namun tidak dapat dipungkiri pula bahwa terkadang diskusi malah tidak berjalan lancar dan mendebatkan siapa yang benar dan salah, padahal sebenarnya tidak perlu sampai seperti itu.

Karena pada kenyataannya tidak ada pendapat yang sepenuhnya benar dan salah jika sedang diskusi, beberapa alasannya pun ada dalam pembahasan berikut ini. Simak yuk!

1. Tujuan diskusi bukan untuk menghakimi

5 Alasan Gak Ada Pendapat yang Benar dan Salah Kalau Sedang DiskusiPexels.com/August De Richelieu

Alasannya yang pertama kenapa tidak ada pendapat yang total benar dan salah dalam sebuah diskusi adalah karena tujuan dasar dari diskusi itu sendiri bukan untuk menghakimi. Semua orang bebas mengeluarkan pendapatnya sendiri saat terlibat dalam diskusi, dan tidak ada yang salah dari itu. Semua orang bebas mendiskusikan pemikirannya.

2. Pendapat yang berbeda bukan berarti salah

5 Alasan Gak Ada Pendapat yang Benar dan Salah Kalau Sedang DiskusiPexels.com/August De Richelieu

Alasan yang kedua, memiliki perbedaan pemikiran dan pendapat dalam sebuah diskusi bukanlah suatu hal yang salah. Karena kalau semuanya sama tentu diskusi tidak akan bisa tercipta, kan? Bahwa perbedaan itulah yang justru dibutuhkan untuk menciptakan sebuah diskusi yang baik.

Baca Juga: 5 Tipe Orang Perusuh yang Paling Tak Disukai dalam Diskusi dan Obrolan

3. Tujuan diskusi itu untuk saling bertukar pikiran dengan setara dan terbuka, kan

5 Alasan Gak Ada Pendapat yang Benar dan Salah Kalau Sedang DiskusiPexels.com/Fauxels

Tidak ada gagasan, pemikiran, ide, ataupun pendapat yang total benar dan salah dalam diskusi, karena pada dasarnya sebuah diskusi bertujuan untuk bisa saling tukar pikiran dengan setara dan terbuka. Bahwa diskusi dilakukan untuk menyimpulkan suatu masalah dan mencari jalan keluar terbaiknya, maka dari itu segala macam pemikiran setiap orang justru sangat dibutuhkan saat berdiskusi.

4. Tidak ada pendapat yang sempurna saat berdiskusi, maka dari itu perlu sifat open minded

5 Alasan Gak Ada Pendapat yang Benar dan Salah Kalau Sedang DiskusiPexels.com/Fauxels

Diskusi adalah kegiatan yang sangat tepat bagimu untuk mengembangkan diri dan menjadi lebih open minded. Sebab kamu akan menemukan banyaknya perbedaan, bahkan sudut pandang orang-orang juga akan berbeda denganmu. Dan tidak ada pendapat yang sempurna dalam diskusi, pasti ada celah dan sisi positif dan negatifnya.

5. Semua orang punya sudut pandang yang berbeda dalam pendapatnya

5 Alasan Gak Ada Pendapat yang Benar dan Salah Kalau Sedang DiskusiPexels.com/Ivan Samkov

Gak ada pendapat yang sepenuhnya benar dan salah dalam sebuah diskusi karena setiap orang punya sudut pandang yang berbeda, sehingga kesan yang ditimbulkan pun berbeda tergantung perspektif. Dan semua itu sah-sah saja jika masih bisa diterima logika, sebab bagaimanapun juga diskusi bukan untuk menunjukkan siapa yang paling benar dan salah kan?

Ada perbedaan pendapat saat berdiskusi itu wajar dan gak ada pendapat yang total benar atau salah di dalamnya. Jadi, terima perbedaan itu dengan pikiran terbuka dan lakukan diskusi yang efektif ya.

Baca Juga: 5 Tips Menangani Perbedaan Pendapat dengan Bijak Saat Sedang Diskusi

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya