Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Gak Boleh Membandingkan Kesulitanmu dengan Orang Lain 

Karena kesulitan hidup setiap orang itu porsinya berbeda

Hidup itu berat, dan semakin kamu tumbuh dewasa maka kamu pun akan semakin memahaminya. Karena setiap orang punya kesulitannya masing-masing dalam hidupnya, bahkan orang yang terlihat sangat bahagia pun sebenarnya memiliki kesulitan yang kita tidak tahu.

Maka dari itu sangat tidak sopan kalau kamu membanding-bandingkan kesulitanmu dengan orang lain ketika dia menceritakan kesusahan hidupnya. Beberapa alasannya pun ada dalam pembahasan di bawah ini, simak ya!

1. Setiap orang punya kesulitan hidupnya sendiri 

5 Alasan Kenapa Gak Boleh Membandingkan Kesulitanmu dengan Orang Lain Pexels.com/Cottonbro

Alasan pertama mengapa kamu gak boleh membandingkan kesulitanmu dengan orang lain ialah karena pada dasarnya setiap orang punya kesulitan tersendiri di hidupnya, yang mungkin berbeda denganmu. Jadi gak akan pernah sebanding dengan apa yang kamu alami sendiri dan rasakan di hidupmu.

2. Daripada membandingkan justru lebih baik kalau kamu bersimpati padanya 

5 Alasan Kenapa Gak Boleh Membandingkan Kesulitanmu dengan Orang Lain Pexels.com/Ekrulila

Kedua, daripada kamu sengaja membanding-bandingkan kesulitanmu dengan orang lain bukankah jauh lebih baik jika kamu bersimpati padanya. Bahkan saling menolong kesulitan satu sama lain kalau bisa, dengan begitu sama-sama bisa mengurangi beban.

3. Gak etis kalau kamu mengukur-ukur kesulitan orang 

5 Alasan Kenapa Gak Boleh Membandingkan Kesulitanmu dengan Orang Lain Pexels.com/August De Richelieu

Alasan lainnya mengapa kesulitan itu gak boleh dibanding-bandingkan ialah karena gak etis kalau kamu mengukur-ukur kesulitan orang lain. Dari yang awalnya membandingkan bisa berubah menjadi menghakiminya, menilai bahwa kesulitan hidupmu lebih berat daripada dia atau menganggapnya lemah ketika mengeluh.

Baca Juga: 5 Ciri Orang yang Kesulitan Menerima Kekurangan Diri Sendiri

4. Tingkat kesanggupannya dan kamu berbeda 

5 Alasan Kenapa Gak Boleh Membandingkan Kesulitanmu dengan Orang Lain Pexels.com/Andrea Piacquadio

Dalam hidup ini kamu harus mengetahui kalau tingkat kesanggupan setiap orang itu berbeda dalam menghadapi sesuatu, jadi baik kamu ataupun dia sama-sama punya tingkat kesanggupannya sendiri terhadap kesulitan hidup. Jadi gak ada gunanya membandingkan kesulitanmu dengan orang lain. Bukankah begitu?

5. Kamu malah bisa kelihatan sinis di mata orang, lho 

5 Alasan Kenapa Gak Boleh Membandingkan Kesulitanmu dengan Orang Lain Pixabay.com/Free Photos

Kelima, alasan kenapa kamu gak boleh membandingkan kesulitanmu dengan orang lain ialah karena perbuatan itu bisa terlihat sinis di mata orang, lho. Karena bukannya kamu bersimpati pada kesulitan orang, namun kamu malah membandingkannya dengan kesulitanmu yang jelas berbeda. Padahal hidup ini bukan hanya tentang kamu, akan tetapi juga bagaimana kamu bisa berempati pada orang sekitar.

Wajar bila kamu merasakan kesulitan dalam hidup, akan tetapi bukan berarti kamu bisa membandingkannya dengan orang lain. Intinya, jangan sampai kesulitan hidup yang kamu rasakan membuatmu lupa untuk bersimpati pada orang lain, ya!

Baca Juga: Meminta Pertolongan dari Kesulitan Hidup, Yuk Membaca Doa Nabi Yunus

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya