Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Orang Bijak Cenderung Lama Mengambil Keputusan

Sangat berhati-hati dan hanya ingin keputusan terbaik

Bisa dikatakan bahwa hidup ini dipenuhi dengan pilihan, dan apa yang terjadi akan tergantung pada setiap pilihan yang kita ambil. Ada orang yang santai saja dan gak memusingkan hal ini, akan tetapi ada pula yang sangat berhati-hati dan termasuk dalam golongan orang bijak.

Namun biasanya orang yang bijak justru cenderung lama dalam mengambil keputusan, lho. Kira-kira kenapa ya? Yuk simak beberapa alasannya di bawah ini.

1. Ada banyak hal yang jadi pertimbangannya

5 Alasan Kenapa Orang Bijak Cenderung Lama Mengambil KeputusanPexels.com/Startup Stock Photos

Kalau mau tahu kenapa orang bijak rata-rata lama dalam mengambil keputusan ialah karena dirinya pasti punya banyak pertimbangan pada setiap keputusannya. Tidak sembarangan dan sangat peduli pada hal yang ia putuskan, itulah mengapa orang bijak gak bisa langsung memutuskan sesuatu dengan cepat.

2. Menghindari kesalahan jika terburu-buru

5 Alasan Kenapa Orang Bijak Cenderung Lama Mengambil KeputusanPexels.com/Fauxels

Dua, orang bijak cenderung lama dalam mengambil keputusan karena dia menghindari kesalahan yang bisa saja terjadi jika terburu-buru. Dirinya menghindari kepanikan, dan juga memutuskan sesuatu dengan spontan karena takut jika akan timbul masalah di kemudian hari. Tapi memang karena inilah jadinya disebut sebagai orang bijak, kan?

3. Mencari tahu sisi baik dan buruknya dari setiap pilihan

5 Alasan Kenapa Orang Bijak Cenderung Lama Mengambil KeputusanPexels.com/August De Richelieu

Rata-rata orang bijak juga akan menilai dan mencari tahu dulu berbagai sisi baik dan buruknya dari segala hal sebelum memutuskan sesuatu. Hal ini menghindarinya dari sikap ceroboh, namun di sisi lain jadi membutuhkan waktu lama untuk menganalisis dan memutuskan mana yang terbaik.

Baca Juga: 5 Sikap Bijaksana dalam Dunia Kerja yang akan Membuat Kariermu Sukses

4. Selalu ingin mengambil keputusan terbaik

5 Alasan Kenapa Orang Bijak Cenderung Lama Mengambil KeputusanPexels.com/Andrea Piacquadio

Kemudian alasan lainnya mengapa orang bijak cenderung lama mengambil keputusan adalah karena ia selalu ingin memilih keputusan terbaik. Gak mau memutuskan sesuatu dengan asal lalu menyesalinya di kemudian hari, maka dari itu setiap keputusannya pun memang terbaik menurut pertimbangan dan keyakinannya sendiri.

5. Tahu kalau setiap keputusan bisa mempengaruhi hidup

5 Alasan Kenapa Orang Bijak Cenderung Lama Mengambil KeputusanPexels.com/Cottonbro

Percaya atau tidak, keputusan yang terlihat kecil pun justru bisa mempengaruhi dan berdampak dalam hidup lho, dan orang bijak mengetahui hal itu makanya dia tidak mau sembarangan memutuskan sesuatu. Menghindari kesalahan yang bisa saja membuat hidupnya berubah jadi berantakan dan rusak. Dan semua orang mestinya mengetahui hal ini supaya tidak mengacaukan hidup sendiri dengan membuat keputusan yang salah.

Dibanding orang biasa yang mungkin berani memutuskan sesuatu secara spontan, orang bijak jusrtru cenderung lebih lama dan lima alasannya pun sudah dijelaskan dalam pembahasan tadi. Kalau kamu bagaimana?

Baca Juga: 5 Sikap Bijak yang Harusnya Kamu Tunjukkan Setelah Menolak Cinta Orang

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya