Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Terlalu Menyanjung Pribadi Seseorang Justru Gak Baik

Lama-lama dia bisa tinggi hati karena sering disanjung 

Menyanjung seseorang ketika kamu kagum terhadap pencapaian atau hal-hal yang ada di dirinya tentu bagus untuk dilakukan, karena kamu bisa membuatnya lebih percaya diri dan merasa diapresiasi oleh sanjungan itu. Akan tetapi kalau terlalu menyanjung pribadi seseorang dan sering banget melakukannya, justru malah tidak baik lho. Dan berikut ini adalah lima alasannya.

1. Suatu saat pribadinya bisa saja berubah 

5 Alasan Kenapa Terlalu Menyanjung Pribadi Seseorang Justru Gak BaikPexels.com/Cottonbro

Alasan kenapa terlalu menyanjung pribadi seseorang justru gak baik ialah karena bisa saja suatu saat pribadinya itu berubah. Sanjung saja dia sewajarnya, beri dia pujian dan kagumi hal-hal baik dari dirinya dengan batasan wajar. Agar jika pribadinya itu berubah kamu gak lantas merasa kecewa.

2. Bisa membuatnya jadi tinggi hati karena terlalu disanjung 

5 Alasan Kenapa Terlalu Menyanjung Pribadi Seseorang Justru Gak BaikPexels.com/Fauxels

Kedua, alasan kenapa kamu sebaiknya jangan terlalu berlebihan menyanjung seseorang ialah dia bisa menjadi tinggi hati. Pada awalnya dia mungkin biasa-biasa saja, tapi ketika ia terus mendapat sanjungan bukan suatu hal yang mustahil kalau dia lantas merasa hebat dan sombong.

Baca Juga: 5 Sisi Positif dari Pribadi yang Mau Bergaul dengan Semua Orang

3. Ketulusan dari kebaikannya bisa berkurang 

5 Alasan Kenapa Terlalu Menyanjung Pribadi Seseorang Justru Gak BaikPexels.com/Edmond Dantes

Sama seperti di atas yang lama-kelamaan bisa membuatnya merasa tinggi hati, alasan kenapa kamu tidak boleh terlalu menyanjung pribadi seseorang adalah karena perlahan ketulusan yang ia miliki bisa berkurang. Kebaikan hatinya yang tulus secara perlahan bisa dicemari dengan keinginan disanjung sehingga tidak tulus lagi.

4. Tidak apa adanya ketika di depanmu 

5 Alasan Kenapa Terlalu Menyanjung Pribadi Seseorang Justru Gak BaikPexels.com/Ketut Subiyanto

Orang yang sudah bisa mendapat sanjungan dan memang memiliki sifat rendah hati yang melekat di dalam dirinya mungkin tidak akan berpengaruh apa-apa jika sering kamu beri sanjungan. Namun kalau orang yang tidak biasa dan merasa senang akan itu, maka sikapnya bisa berubah. Yang tadinya mungkin dia apa adanya, kini malah jaga image ketika berada di depanmu agar terus disanjung.

5. Kamu bisa dikira penjilat atau punya modus tertentu 

5 Alasan Kenapa Terlalu Menyanjung Pribadi Seseorang Justru Gak BaikPexels.com/Cleyder Duque

Lalu alasan yang terakhir ini bisa dibilang dampak buruk untuk dirimu sendiri jika terlalu menyanjung pribadi seseorang, yaitu kamu bisa dikira penjilat atau punya modus tertentu untuk bisa dekat dengannya. Orang itu bukannya senang kamu sanjung justru malah merasa risih dan curiga, sebab perbuatanmu yang mungkin berlebihan.

Maka dari itu inti dari semuanya adalah kalau kamu menyanjung seseorang lakukanlah dengan sewajarnya saja dan jangan berlebihan. Karena hal apapun yang berlebihan gak bakal berakhir dengan baik, kan?

Baca Juga: Sifat Zodiak yang Membuatnya Jadi Pribadi Tak Terkalahkan

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya