Comscore Tracker

5 Alasannya Kenapa Kamu Gak Bisa Asal Menyepelekan Luka Hati Seseorang

Karena luka hati seseorang itu gak sesederhana yang terlihat

Hidup ini bagaikan roda yang terus berputar, yaitu tidak bertahan di satu titik saja dengan banyaknya hal yang kita alami selama hidup. Gak selalu bahagia, terkadang justru harus merasakan berbagai jenis emosi bahkan sampai merasakan perihnya luka hati.

Ada banyak hal buruk yang bisa melukai hati seseorang, kedalaman lukanya pun berbeda-beda, maka dari itu kamu gak bisa asal menyepelekan luka hati seseorang seperti menganggapnya lemah. Berikut adalah lima alasannya, disimak ya!

1. Kamu tidak bisa sembarangan mengukur kedalaman luka hatinya 

5 Alasannya Kenapa Kamu Gak Bisa Asal Menyepelekan Luka Hati SeseorangPexels.com/Cottonbro

Banyak orang yang mengira bahwa dengan memiliki kepekaan maka cukup untuk mengetahui perasaan orang lain, akan tetapi tahukah kamu bahwa setinggi apapun kepekaan seseorang tetap tidak akan bisa sepenuhnya mengetahui perasaan seseorang, terlebih luka hatinya. Makanya kamu gak bisa sembarangan begitu sama mengukur kedalaman luka hati orang dan menilainya.

2. Dia yang merasakannya, jadi kamu tidak berhak menghakimi atau menyepelekan 

5 Alasannya Kenapa Kamu Gak Bisa Asal Menyepelekan Luka Hati SeseorangPexels.com/Cottonbro

Alasannya yang kedua mengapa kamu tidak bisa menyepelekan luka hati seseorang ialah karena pada dasarnya dialah yang merasakan luka itu, jadi kamu gak berhak menghakimi atau menyepelekan. Selain tak menghargai, hal itu juga melewati batas dari sekedar kepo sama perasaan orang.

3. Luka hati seseorang bisa berdampak lebih besar di hidupnya lebih dari yang kamu bayangkan, lho 

5 Alasannya Kenapa Kamu Gak Bisa Asal Menyepelekan Luka Hati SeseorangPexels.com/Austin Guevara

Kamu mungkin berpikiran bahwa lebay bagi seseorang jika sampai terpuruk hanya karena luka hati yang kamu nilai kecil. Tentang hal ini perlu diketahui bahwa luka hati seseorang bisa berdampak lebih besar di hidupnya lebih dari yang kamu kira, lho. Menurutmu mungkin cuma hal kecil, tapi bisa saja justru malah membuatnya depresi dan kehilangan semangat hidup.

Baca Juga: 5 Kerugian kalau Kamu Suka Berlagak Sok Kaya

4. Sok tahu juga ada batasnya 

5 Alasannya Kenapa Kamu Gak Bisa Asal Menyepelekan Luka Hati SeseorangPexels.com/Cliff Booth

Selama apapun kamu mengenal seseorang, bersamanya, mengetahui jalan hidupnya, kamu tetap tidak bisa menyepelekan luka hati yang ia alami. Karena sok tahu juga ada batasnya, ingatlah untuk selalu menjaga batasan itu supaya jangan sampai meremehkan perasaannya seperti itu. Sebab kamu kan hanya melihat dan mendengar ceritanya saja, bukan yang langsung mengalaminya.

5. Gak perlu ikut campur sama luka hati seseorang 

5 Alasannya Kenapa Kamu Gak Bisa Asal Menyepelekan Luka Hati SeseorangPexels.com/Andrea Piacquadio

Lalu alasannya yang terakhir adalah sebenarnya lebih baik untukmu untuk tidak ikut campur sama masalah dan luka hati seseorang. Bukan urusanmu seberapa dalam luka hatinya itu, bahkan lebih baik jika kamu bisa menghibur dan membantunya untuk survive daripada asal menyepelekan dan menghakimi perasaannya.

Percayalah bahwa luka hati seseorang pada dasarnya tidak sesederhana yang terlihat, maka dari itu kita tidak bisa sembarangan menyepelekan luka hati yang ia alami. Benar?

Baca Juga: 5 Alasan Berharap pada Mantan Hanya Akan Menambah Rasa Sakit Hati

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya