Comscore Tracker

5 Alasan Mengalah saat Bertengkar & Berdebat Kadang Jadi Pilihan Baik

Karena terkadang mengalah justru bisa meredakan perdebatan

Mengobrol, diskusi, saling bertukar pikiran dengan orang lain merupakan hal yang biasa kita lakukan sehari-hari. Namun kadang kala hal itu malah bisa berubah menjadi pertengkaran atau bahkan perdebatan sengit, apalagi kalau topik yang dibahas merupakan hal sensitif.

Tapi kalau kira-kira perdebatan itu mungkin tidak ada habisnya, dan bisa membuat keadaan semakin runyam, kamu boleh kok mengalah. Bahkan kadang mengalah justru jadi pilihan terbaik karena bisa meredakan suasana, dan berikut ini adalah lima alasannya.

1. Supaya perdebatan gak semakin panjang

5 Alasan Mengalah saat Bertengkar & Berdebat Kadang Jadi Pilihan BaikPexels.com/Cottonbro

Alasan kenapa mengalah bisa jadi pilihan terbaik saat berdebat dan bertengkar adalah supaya hal yang diributkan tidak semakin panjang. Jadi daripada semakin memburuk dengan pertengkaran yang tambah memanas, akan lebih baik jika ada salah satu yang mengalah.

2. Jadi pilihan baik kalau lawan bicaramu orang yang keras kepala

5 Alasan Mengalah saat Bertengkar & Berdebat Kadang Jadi Pilihan BaikPexels.com/August De Richelieu

Mengalah saat bertengkar dan berdebat kadang jadi pilihan baik kalau yang menjadi lawan bicaramu adalah orang keras kepala. Karena orang yang keras kepala pasti tidak mau mencoba mengerti dan hanya kukuh dengan pendapatnya sendiri, sehingga mengalah pun jadi pilihan terbaik.

Baca Juga: 5 Kerugian yang Didapat Jika Sering Mengalah pada Kesulitan Hidup

3. Kalau yang jadi bahan perdebatan cuma hal sepele

5 Alasan Mengalah saat Bertengkar & Berdebat Kadang Jadi Pilihan BaikPexels.com/August de Richelieu

Lalu, mengalah saat berdebat pun jadi pilihan paling baik kalau hal yang jadi perdebatan merupakan hal sepele. Bukan suatu hal yang besar dan penting sampai harus terlalu dipermasalahkan. Jadi gak ada salahnya kalau kamu mengalah agar masalah tidak membesar.

4. Jika sudah emosional dan tak rasional lagi

5 Alasan Mengalah saat Bertengkar & Berdebat Kadang Jadi Pilihan BaikPexels.com/Fauxels

Jika perdebatan dan pertengkaran sudah tidak rasional lagi dan emosional maka bisa dibilang mengalah adalah tindakan yang baik untuk dilakukan. Karena biasanya kalau sudah sampai di tahap ini kalian tidak menggunakan logika lagi, jadi daripada semakin melewati batas maka lebih baik kalau ada yang mau mengalah. Lagi pula perdebatan tidak akan efektif kalau sama-sama emosional, kan?

5. Mengalah bukan berarti kalah, kok

5 Alasan Mengalah saat Bertengkar & Berdebat Kadang Jadi Pilihan BaikPexels.com/Edmond Dantes

Dan alasan yang terakhir adalah pada dasarnya mengalah tidak akan menjadikanmu kalah, kok. Jangan pernah takut untuk mengalah kalau menurutmu itu merupakan tindakan yang tepat, justru pada banyak kesempatan malah menunjukkan kalau kamu pribadi yang bijak.

Berdebat dan bertengkar itu hal biasa, dan jika situasinya semakin memburuk maka tidak apa-apa kalau kamu mengalah. Sebab lima alasan tadi juga sudah menjelaskan kalau mengalah justru bisa jadi pilihan terbaik dan tindakan yang bijak. 

Baca Juga: 5 Manfaat Jika Kamu Menghindari Perdebatan yang Tidak Ada Ujungnya

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya