Comscore Tracker

5 Bedanya Hobi dan Passion, Jangan Salah Pemahaman, ya!

Keduanya mirip tapi sebenarnya beda banget, lho

Bisa dibilang kalau hampir semua orang pasti memiliki hobi dan passion sendiri di dalam hidupnya. Namun, kalau bicara tentang hobi dan passion, masih banyak banget orang yang sulit membedakan keduanya.

Meski terlihat agak mirip tapi sebenarnya hobi dan passion itu sangatlah berbeda dan punya cirinya masing-masing. Lalu apa saja perbedaannya? Untuk itu simak lima di antaranya dalam pembahasan berikut ini, ya!

1. Hobi itu suatu hal yang kamu lakukan untuk mengisi waktu luang dan menghibur diri

5 Bedanya Hobi dan Passion, Jangan Salah Pemahaman, ya!Ilustrasi makan(pexels.com/Andrea Piacquadio)

Perbedaannya yang pertama ialah bahwa hobi itu adalah suatu hal yang kita lakukan untuk mengisi waktu luang, dan juga untuk menghibur diri. Misalnya, hobi makan, bermain game, bersih-bersih, berkebun, menjahit, atau jenis hobi lainnya yang dilakukan untuk kesenangan diri sendiri. Dan hobi itu sendiri bisa berubah-ubah tergantung tingkat kejenuhan seseorang, bahkan tidak menjadi suatu masalah jika seseorang berniat meninggalkan hobinya.

2. Passion, suatu hal yang kamu lakukan atas dasar cinta

5 Bedanya Hobi dan Passion, Jangan Salah Pemahaman, ya!Ilustrasi rapat kerja(pexels.com/Fauxels)

Jika hobi berpatokan pada kesenangan diri sendiri, maka passion lebih daripada itu. Karena passion merupakan suatu hal yang kita lakukan atas dasar cinta. Yang mana seseorang begitu mencintai sesuatu sehingga hal tersebut pun menjadi bagian jiwanya sendiri. Dan jika dibandingkan dengan hobi, passion biasanya bakal lebih melekat pada diri dan hidup seseorang dan gak mudah tergantikan.

3. Kamu gak mengejar uang ketika melakukan hal yang menjadi passionmu

5 Bedanya Hobi dan Passion, Jangan Salah Pemahaman, ya!Ilustrasi diskusi(pexels.com/Fauxels)

Salah satu hal yang identik dengan passion ialah, saking cinta dan menjiwainya seseorang terhadap suatu hal, ia tidak berpikir untuk mengambil keuntungan besar atau mengejar uang dari passionnya. Karena pada dasarnya ia melakukannya atas dasar cinta, dan memang menjadi bagian dari jiwanya. Makanya gak sedikit orang sukses yang gak sadar kalau dirinya sudah sukses ketika ia menggeluti passionnya. 

Baca Juga: 5 Alasan Bercocok Tanam Bukanlah Hobi Jadul, Milenial Juga Bisa

4. Seseorang bisa memiliki banyak hobi, tapi justru hanya memiliki satu passion

5 Bedanya Hobi dan Passion, Jangan Salah Pemahaman, ya!Ilustrasi kerja(pexels.com/Andrea Piacquadio)

Lalu bedanya yang keempat antara hobi dan passion ialah, seseorang bisa saja memiliki banyak hobi tapi justru hanya memiliki satu passion di dalam hidupnya. Semua orang sepertinya begitu, bahkan sampai bergonta-ganti hobi terutama jika pribadinya gampang bosan. Namun, kalau soal passion, rasanya memiliki satu saja sudah sangat bersyukur dan membuat hidup sangar bermakna.

5. Jiwamu sakit jika dipaksa meninggalkan passion

5 Bedanya Hobi dan Passion, Jangan Salah Pemahaman, ya!Ilustrasi pria(pexels.com/Inzmam Khan)

Ketika seseorang diminta meninggalkan hobinya mungkin sakit hati atau sedihnya hanya sebentar, dan bisa sembuh. Namun jika diminta atau bahkan sampai dipaksa untuk meninggalkan passion yang dimiliki, maka sakit hati dan sedihnya bisa sampai seumur hidup. Itulah perbedaan terakhir di antara keduanya. Passion lebih melekat pada hidup seseorang karena merupakan bagian dari jiwa dan hasrat dalam dirinya, sehingga kehilangan passion sama saja membuat hidup seketika hampa dan tak ada artinya.

Tapi sebanyak apapun perbedaan di antara keduanya, baik hobi maupun passion sama-sama berarti untuk dimiliki, kok. Karena dengan dua hal itu hidup kita jadi lebih berwarna dan bergairah. Benar?

Baca Juga: Pertimbangkan 5 Hal Ini Baik-baik sebelum Berkarier Mengikuti Passion

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya