3 Bentuk Kepedulian Teman untuk Melindungimu dari Gebetan Toksik

Teman yang peduli pasti gak mau kamu pacaran sembarangan

Suatu hal yang biasa dalam pertemanan untuk memperkenalkan gebetan atau pasangan dengan teman-teman. Teman yang baik pasti tak akan tinggal diam ketika mengetahui temannya dekat dengan gebetan toksik atau tidak baik. Yang mana ada beberapa bentuk kepedulian teman untuk melindungimu dari gebetan toksik.

Entah itu dengan memberitahu keburukannya padamu, menentang keras dirimu untuk berhubungan, atau juga dengan memberikan nasihat realistis untuk menyadarkanmu. Karena logika berpikir kadang tak terpakai saat jatuh cinta, makanya perlu teman untuk mengingatkan dan menyadarkannya. Lebih lengkap mengenai bentuk kepedulian teman dapat disimak pada pembahasan berikut ini. 

Baca Juga: 4 Sebab Kamu Sulit Mendapatkan Teman, Terlalu Pasif

1. Memberi tahu keburukannya padamu

3 Bentuk Kepedulian Teman untuk Melindungimu dari Gebetan Toksikilustrasi bicara (pexels.com/George Milton)

Kalau ada teman yang membocorkan mengenai keburukan gebetanmu, itu merupakan salah satu bentuk kepeduliannya. Entah itu dia tahu dari menyelidiki atau dari omongan orang yang kenal dengan gebetanmu. Teman yang seperti ini tandanya peduli karena tidak mau dirimu dekat orang sembarangan, apalagi kalau ternyata dia punya jejak buruk di hubungan sebelumnya. 

Jadi kalau ada teman yang memberi tahu keburukan gebetan toksik padamu, dengarkan dia baik-baik, ya. Jangan marah atau emosi, karena itu merupakan bentuk kepeduliannya padamu agar tidak bersama gebetan toksik. Justru harusnya berterimakasih pada teman yang suka memberi tahu keburukan gebetan, sehingga dari awal bisa memilih untuk mundur dari tahap PDKT. 

Baca Juga: 3 Hal yang Sebaiknya Gak Dilakukan saat Anak Tidak Punya Teman

2. Menasihatimu secara realistis supaya gak terjebak manipulasinya

3 Bentuk Kepedulian Teman untuk Melindungimu dari Gebetan Toksikilustrasi bicara (pexels.com/Karolina Grabowska)

Bentuk kepedulian teman lainnya untuk melindungimu ialah dengan menasihatimu secara realistis. Tujuan dari nasihat teman sebenarnya mudah ditebak, yaitu untuk mengingatkanmu agar tidak terjebak manipulasi gebetan toksik. Karena ada sebagian orang yang saking cinta dan sukanya sampai gak sadar kalau di modusin saat PDKT. 

Makanya di sinilah kepedulian teman dalam menasihatimu sangat diperlukan. Supaya sadar dan berpikir menggunakan logika kalau gebetan macam-macam atau modus padamu. Karena tujuan teman menasihatimu tentu supaya jangan sampai dirimu terjebak dalam hubungan toksik bersama pasangan yang buruk kelakuannya. 

3. Melarang keras dirimu untuk berhubungan dengan gebetan toksik

3 Bentuk Kepedulian Teman untuk Melindungimu dari Gebetan Toksikilustrasi bertengkar (pexels.com/Liza Summer)

Bentuk kepedulian teman lainnya untuk melindungimu dari gebetan toksik ialah dengan melarang keras. Tidak mendukungmu untuk lebih dekat dan jadian dengan gebetan yang mereka tahu buruk dan toksik untukmu. Makanya wajar banget kalau teman yang peduli bakal melarang keras dirimu untuk bersama gebetan toksik. 

Karena di balik penentangan mereka pada pendekatanmu dengan gebetan toksik, ada rasa khawatir dan takut kalau nantinya dirimu hancur akibat hubungan toksik. Sebab, menyembuhkan trauma dari pasangan dan hubungan toksik tidaklah mudah, dan teman-temanmu pasti sedih kalau sampai melihatmu hancur seperti itu. Makanya kalau temanmu menentang keras kedekatanmu dengan seseorang, pahami baik-baik alasan dari mereka sebagai cara untuk melindungi diri sebelum terlalu jauh. 

Itulah tadi beberapa bentuk kepedulian teman untuk melindungimu dari gebetan toksik. Dimana mereka berusaha menjagamu untuk tidak melangkah terlalu jauh berhubungan dengan pasangan yang buruk. 

Baca Juga: 4 Pesan Menjalani Hidup dari Semut, Mengajari Kepedulian

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Banyak baca banyak nulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Fajar Laksmita

Berita Terkini Lainnya