Comscore Tracker

Lebih Sopan & Penuh Etika, Ini 5 Cara Baiknya Kalau Menegur Orang Lain

Karena menegur orang lain juga ada tata cara baiknya, kan

Baik diri sendiri ataupun orang lain rasanya wajar bila melakukan satu atau dua kesalahan, dan terkadang kita memang harus saling menegur dan mengingatkan satu sama lain.

Akan tetapi menegur orang lain pada dasarnya juga gak bisa dilakukan sembarangan, ada cara-cara baiknya yang lebih santun dan beretika agar orang tersebut tidak tersinggung. Dan berikut ini adalah lima cara di antaranya, disimak ya!

1. Menegurnya dengan perkataan dan sikap yang santun

Lebih Sopan & Penuh Etika, Ini 5 Cara Baiknya Kalau Menegur Orang LainPexels.com/August De Richelieu

Cara yang baik jika kamu mau menegur orang lain tentu saja dengan menegurnya memakai perkataan yang santun dan sikap yang sopan. Gak perlu marah-marah, atau bahkan menyudutkan, cukup beritahu dia kalau apa yang ia lakukan salah.

2. Memberinya contoh langsung hingga dia sadar kesalahannya

Lebih Sopan & Penuh Etika, Ini 5 Cara Baiknya Kalau Menegur Orang LainPexels.com/August De Richelieu

Cara baik lainnya dalam menegur orang lain ialah dengan memberinya contoh langsung suatu hal secara benar, dengan begitu dia bisa introspeksi diri sendiri bahwa ia melakukan kesalahan. Meskipun dengan cara tersirat namun cara ini patut dipertimbangkan, apalagi jika orang yang mau kamu tegur tipe yang gampang tersinggung.

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Belajar Etika, Cara Kita Menghargai Sesama

3. Membicarakan kesalahannya di ruang private

Lebih Sopan & Penuh Etika, Ini 5 Cara Baiknya Kalau Menegur Orang LainPexels.com/Cottonbro

Cara santun lainnya jika menegur orang lain ialah dengan meminta waktunya sebentar dan membawa dia ke ruang private dan membicarakannya di sana. Dengan begitu pembicaraan hanya diketahui oleh kalian berdua saja, dia tidak perlu menanggung malu jika kamu menegurnya di depan orang.

4. Fokus pada kesalahannya saja saat menegur tanpa menyangkut pautkan dengan persoalan lain

Lebih Sopan & Penuh Etika, Ini 5 Cara Baiknya Kalau Menegur Orang LainPexels.com/August de Richelieu

Keempat, kalau kamu menegur orang lain maka ingatlah untuk fokus pada kesalahannya itu saja tanpa menyeret permasalahan lain. Cara ini lebih baik untuk dilakukan karena kamu tidak mencari kesempatan untuk menyudutkannya ketika dia melakukan kesalahan.

5. To the point langsung padanya tanpa melalui perantara

Lebih Sopan & Penuh Etika, Ini 5 Cara Baiknya Kalau Menegur Orang LainPexels.com/Polina Zimmerman

Kelima, to the point padanya tanpa menegurnya melalui perantara. Akan sangat tidak sopan jika kamu menyuruh orang lain untuk menyampaikan teguranmu, maka lakukan langsung padanya secara terbuka dan jelas. Dengan begitu tidak akan ada drama atau kesalah pahaman atas tindakanmu.

Menegur seseorang tentu di dasari niat baik untuk mengingatkannya, akan tetapi jangan lupa untuk memakai cara-cara tadi agar tindakanmu lebih santun dan beretika, ya. Sebab menegur orang lain juga ada tata cara baiknya.

Baca Juga: 5 Etika Kalau Kamu Mau Menegur Orang di Media Sosial, Tetap Sopan!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya