Comscore Tracker

5 Cara Jadi Anak yang Mandiri tanpa Jadi Bayang-bayang Orangtua

Sebab jadi anak yang independen itu lebih membanggakan

Setiap anak cepat atau lambat akan melewati masa-masa pengembangan diri menuju dewasa, nah pada masa itu biasanya anak akan berusaha menemukan jati dirinya sendiri dan mulai lepas dari bayang orangtuanya. Yang mana orang-orang memang mengenal dirinya langsung bukan sebagai anak yang mendapat pengaruh dari orangtuanya.

Kamu pasti juga ingin mandiri dan tanpa bayang-bayang orangtua, kan? Maka dari itu kali ini kita akan membahas tentang beberapa cara yang konon dapat membantumu untuk jadi anak yang independen, yuk simak!

1. Belajar menyelesaikan masalah sendiri

5 Cara Jadi Anak yang Mandiri tanpa Jadi Bayang-bayang OrangtuaPexels.com/fauxels

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk jadi anak yang mandiri ialah dengan belajar menyelesaikan masalah sendiri. Cara ini konon dapat melatih cara berpikirmu dalam logika agar lebih dewasa dalam mencari jalan keluar. Kamu juga akan lebih realistis dan tahu apa yang harus dilakukan pada setiap masalah yang datang, jadi gak melulu harus mengadu ke orangtua lagi.

2. Gak memanfaatkan kekuasaan dan keberhasilan orangtua

5 Cara Jadi Anak yang Mandiri tanpa Jadi Bayang-bayang OrangtuaPexels.com/Fauxels

Cara kedua yang dapat membuatmu jadi independen dan lepas dari bayang orangtua adalah dengan tidak memanfaatkan kekuasaan atau keberhasilan orangtua. Kamu tidak menggunakan jalur khusus untuk mencapai keberhasilanmu, melainkan memulainya dari dasar dan pelan-pelan meningkatkan diri sendiri.

Baca Juga: 8 Mental 'Penumpang' yang Harus Dihindari Kalau Kamu Mau Mandiri

3. Menjadi pribadi yang low profile

5 Cara Jadi Anak yang Mandiri tanpa Jadi Bayang-bayang OrangtuaPexels.com/Andrea Piacquadio

Cara ketiga ialah dengan menjadi pribadi yang low profile. Maksudnya low profile di sini adalah kamu tidak mengumumkan ke orang-orang tentang kelebihan keluargamu dan lebih ingin orang lain untuk mengenalmu dengan apa adanya dirimu. Bersikap rendah hati dan sederhana.

4. Berusaha memenuhi kebutuhan sendiri

5 Cara Jadi Anak yang Mandiri tanpa Jadi Bayang-bayang OrangtuaPexels.com/Andrea Piacquadio

Kemudian kamu juga bisa berusaha memenuhi kebutuhanmu sendiri jika ingin menjadi anak yang mandiri dan tanpa bayang-bayang orangtua. Bekerja paruh waktu pada waktu luang untuk mendapat uang tambahan, jadi kamu gak bergantung penuh pada orangtua dan mampu untuk memenuhi kebutuhan dengan hasil usaha sendiri.

5. Mencapai keberhasilan atas nama diri sendiri

5 Cara Jadi Anak yang Mandiri tanpa Jadi Bayang-bayang OrangtuaPexels.com/Andrea Piacquadio

Dan cara yang terakhir adalah dengan mencapai keberhasilan atas nama diri sendiri. Menjadi independen sekaligus tanpa bayang orangtua rasanya kurang lengkap jika kamu tidak bersinar atas nama sendiri. Jadi berusahalah dengan keras hingga kamu sukses dan dikenal orang sebagai dirimu, ya!

Semua anak yang beranjak dewasa pasti ingin menjadi sosok yang mandiri dan lepas dari bayang-bayang orangtua untuk membuktikan jati dirinya, dan beberapa cara di atas sangat patut untuk dicoba. Semangat!

Baca Juga: Sering Dibandingkan oleh Orangtua? Begini 5 Tips Jitu Menghadapinya

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya