Comscore Tracker

5 Cara Sederhana Membuat Orang Lain Merasa Penting dan Berharga

Karena semua orang pasti ingin diakui keberadaannya

Diakui atau tidak, di dunia ini pasti tak ada satu orang pun yang ingin dirinya disepelekan atau diremehkan orang lain, sebaliknya kita semua ingin keberadaan kita diakui oleh orang lain. Maka dari itu membuat orang lain merasa dirinya penting dan berharga itu perlu dilakukan.

Namun bagaimana caranya? Nah jika kamu bingung bagaimana melakukannya, simak beberapa caranya di bawah ini, ya!

1. Menjadi pendengar yang baik untuk siapapun

5 Cara Sederhana Membuat Orang Lain Merasa Penting dan BerhargaPexels.com/Cottonbro

Cara pertama dan yang paling sederhana untuk membuat orang lain merasa penting dan berharga adalah dengan menjadi pendengar yang baik untuknya atau untuk siapapun itu. Saat orang lain menceritakan sesuatu dengarkanlah dengan fokus dan menyimaknya dengan baik, karena dengan begitu ia akan merasa dihargai dan dianggap penting. 

2. Menghargai privasinya

5 Cara Sederhana Membuat Orang Lain Merasa Penting dan BerhargaPexels.com/Alexy Almond

Cara sederhana yang kedua adalah dengan menghargai privasinya. Tidak bersikap sembarangan ketika datang bertamu, lalu juga tahu bagaimana menjaga ucapan dan topik pembahasan agar tidak melewati batas wajar. Karena dengan kita yang menjaga diri secara tidak langsung membuat orang lain merasa bahwa dirinya dianggap penting dan berharga untuk dijaga perasaannya.

3. Menjadikannya prioritas

5 Cara Sederhana Membuat Orang Lain Merasa Penting dan BerhargaPexels.com/Christina Morillo

Yang ketiga, orang lain akan merasa berharga jika diperlakukan dengan istimewa dan dijadikan prioritas. Seperti diperlakukan dengan berbeda dibanding teman-teman yang lain, atau didahulukan ketika dia memiliki keperluan denganmu. Cara ini membuat orang lain senang karena dirinya tidak diabaikan.

Baca Juga: Yakin Kamu Bahagia dengan Pasanganmu Sekarang?

4. Tak mengabaikan pendapatnya

5 Cara Sederhana Membuat Orang Lain Merasa Penting dan BerhargaPexels.com/Cottonbro

Lalu cara keempat, cobalah untuk menanyakan pendapatnya mengenai sesuatu dan jangan mengabaikannya begitu saja. Entah pendapat itu kamu gunakan atau tidak, tapi dengan memberinya kesempatan untuk memberi masukan secara tidak langsung membuat orang lain merasa dirinya penting dan diakui keberadaannya.

5. Menjaga batasan tanpa diberitahu

5 Cara Sederhana Membuat Orang Lain Merasa Penting dan BerhargaPexels.com/iPrice Group

Membuat orang lain merasa berharga dan penting bagi orang lain sebenarnya bisa dimulai dari hal-hal kecil, seperti menjaga batasan dengan kesadaran diri sendiri misalnya. Karena dengan begitu berarti dia cukup dihargai dan tak dianggap sembarangan hingga kamu bersikap sembarangan, kan? Cobalah lakukan ini sebagai cara sederhana yang terakhir, ya.

Itulah tadi beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk membuat orang lain merasa penting dan berharga. Kamu sudah melakukan yang mana?

Baca Juga: 5 Hal Berharga Dalam Hidup yang Sering Lupa Kamu Syukuri, Apa Saja?

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya