Comscore Tracker

5 Cara Menikmati Hidup di Sela-sela Kerja Keras Meraih Mimpi

Kerja keras bukan berarti membuatmu gak bisa menikmati hidup

Kerja keras adalah hal yang gak bisa ditawar jika ingin sukses meraih mimpi. Tak peduli berapapun usiamu, wajib hukumnya untuk bekerja keras dan berjuang demi meraih kehidupan yang diinginkan.

Namun karena saking bergairahnya saat bekerja keras, banyak orang yang kemudian lupa untuk menikmati hidupnya sendiri, yang berakibat stres dan kehilangan kenyamanan dirinya. Padahal menikmati hidup bisa dilakukan dengan cara sederhana yang seperti di bawah ini, lho. 

1. Sempatkan diri untuk mengambil waktu liburan setiap tahun

5 Cara Menikmati Hidup di Sela-sela Kerja Keras Meraih MimpiIlustrasi liburan(pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jika kamu sudah bekerja keras dan berjuang maka percayalah bahwa kamu pasti sukses dan berhasil meraih mimpimu jika sudan waktunya. Jadi jangan terlalu kaku sampai menghabiskan seluruh waktu untuk bekerja, sempatkan dirimu untuk mengambil waktu liburan setiap tahunnya. Selain untuk menyegarkan pikiran dan dirimu agar tak terlalu penat dengan pekerjaan, liburan juga menjadi salah satu cara untuk menikmati hidupmu di sela-sela kerja keras mengejar mimpi. 

2. Menjalani hidup untuk dirimu sendiri

5 Cara Menikmati Hidup di Sela-sela Kerja Keras Meraih MimpiIlustrasi wanita(pexels.com/Andrea Puacquadio)

Kalau kamu ingin tetap menikmati hidup meskipun sedang bekerja keras meraih mimpi, maka tanamkan di dalam dirimu bahwa kamu menjalani hidup ini untuk diri sendiri. Untuk membahagiakan diri dan mengikuti keinginan serta pilihan hidupmu sendiri. Dengan begitu kamu tak akan terbebani sepanjang kerja keras yang kamu lakukan. Sederhana banget, kan?

3. Menikmati pekerjaan yang kamu geluti

5 Cara Menikmati Hidup di Sela-sela Kerja Keras Meraih MimpiIlustrasi kerja(pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kita semua memang wajib kerja keras kalau mau mewujudkan mimpi dan hidup sukses, maka salah satu caranya menikmati hidup di sela kerja kerasmu ialah dengan menikmati pekerjaan yang kamu geluti. Cintai pekerjaanmu, dengan begitu walaupun waktumu banyak dihabiskan dengan bekerja, kamu tetap merasa senang dan menikmati setiap momen yang kamu alami dalam hidup sama seperti orang lain.

Baca Juga: 5 Zodiak Bersemangat 6 Maret 2021, Kerja Keras Leo Patut Dirayakan

4. Jalani setiap lika-liku kerja kerasmu dengan hati ikhlas

5 Cara Menikmati Hidup di Sela-sela Kerja Keras Meraih MimpiIlustrasi ngobrol(pexels.com/Fauxels)

Menjalani lika-liku kerja kerasmu dalam meraih mimpi juga merupakan cara untuk menikmati hidup. Semua hal dalam hidup ini pasti ada dinamikanya, termasuk perjuangan dalam meraih mimpi. Dan dengan menjalaninya dengan hati ikhlas, tanpa memaksakan diri, dan lapang dada menghadapi naik turunnya keberhasilanmu, hidupmu sendiri sudah dijalani dengan penuh makna sebenarnya. Bahkan tanpa sadar kamu menikmatinya.

5. Selain pekerjaan, bagi waktu untuk kehidupan pribadimu juga

5 Cara Menikmati Hidup di Sela-sela Kerja Keras Meraih MimpiIlustrasi orangtua dan anak(pexels.com/Askar Abayev)

Kerja keras demi meraih mimpi tentu harus dilakukan, tapi jangan terlalu kaku hingga membuat diri sendiri stres. Nikmati hidupmu dengan membagi waktu untuk kehidupan pribadimu juga. Keseimbangan dalam hidup itu penting, lho. Dan menikmati hidup gak perlu yang rumit-rumit, cukup atur hidupmu agar seimbang antara pekerjaan dan kerja kerasmu dengan kehidupan pribadimu saja. Misalnya hubunganmu dengan keluarga, pasangan, teman-teman, serta hobi yang kamu miliki. 

Kerja keras memang penting, tapi menikmati hidup di sela-sela kerja keras juga gak kalah pentingnya. Jika bingung bagaimana melakukannya, coba saja lima cara tadi yang sederhana namun membuat hidupmu jadi terasa lebih rileks. 

Baca Juga: 5 Sebab Harus Tetap Menghargai Hasil Kerja Keras Sendiri

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya