Comscore Tracker

5 Cara Menjadikan Kegagalanmu sebagai Batu Loncatan untuk Sukses 

Jangan sampai kegagalan malah menghentikan langkahmu 

Kegagalan merupakan hal yang biasa terjadi di dalam hidup ini, termasuk dalam dunia kerja dan perjalanan karier seseorang. Maka dari itu jangan berkecil hati jika tiba-tiba kamu mengalami suatu kegagalan di tempat kerja, sebab semua orang pun pasti mengalaminya dan mengatasinya dengan caranya sendiri.

Nah tentang hal itu, sangat disayangkan jika kamu malah berhenti dan menyerah gara-gara mengalami kegagalan, karena pada dasarnya kamu justru bisa menjadikan hal itu sebagai batu loncatan untuk meraih kesuksesan, lho. Bagaimana caranya? Yuk simak pembahasan lima cara di antara berikut ini.

1. Terima kegagalanmu dan introspeksi diri 

5 Cara Menjadikan Kegagalanmu sebagai Batu Loncatan untuk Sukses Pexels.com/Kelvin Valerio

Jika kamu ingin benar-benar bangkit dan menjadikan kegagalanmu sebagai sebuah batu loncatan untuk sukses, maka hal pertama yang harus kamu lakukan ialah menerima kegagalan tersebut dan introspeksi diri. Ini adalah cara dan tahapan yang paling awal dan penting, memang kelihatan sepele namun kalau kamu tidak bisa menerima kegagalan itu maka bisa-bisa bukannya survive, kamu malah jadi stres memikirkannya. Dengan begitu kamu pun jadi tahu bagaimana cara untuk bangkit dari kegagalan, sehingga tidak mudah bagi orang lain untuk mencoba menjatuhkanmu lagi.

2. Mempelajari letak kesalahanmu, serta sebab dan akibatnya 

5 Cara Menjadikan Kegagalanmu sebagai Batu Loncatan untuk Sukses Pexels.com/Cottonbro

Lalu cara kedua menjadikan kegagalanmu sebagai batu loncatan untuk sukses ialah dengan mempelajari letak kesalahanmu beserta sebab dan akibatnya. Pikirkan kesalahan apa yang kamu lakukan sehingga hal itu membuatmu gagal, dengan begitu kamu tahu apa yang harus dihindari dan bisa melakukannya dengan lebih baik lain kali. Lalu kamu juga harus mempelajari sebab dan akibatnya baik itu pada dirimu sendiri, rekan kerja, atau bahkan atasan. Dengan mempelajari dampak dari kegagalanmu, kamu jadi bisa memperkirakan berbagai risikonya dan memilih risiko paling kecil untuk menghindari hal yang tak diinginkan.

3. Pilih jalan baru yang lebih pas untuk meraih hasil yang kamu inginkan 

5 Cara Menjadikan Kegagalanmu sebagai Batu Loncatan untuk Sukses Pexels.com/Andrea Piacquadio

Kemudian caranya yang ketiga ialah dengan memilih jalan baru yang lebih pas untuk meraih hasil yang kamu inginkan. Sebab kita semua tahu kalau kesuksesan tidak hanya dapat diraih dari satu pintu saja, melainkan kamu bisa memilih pintu kesuksesan yang lain dan cocok denganmu. Jadi sebenarnya kamu gak perlu terpuruk saat mengalami suatu kegagalan, sebab kamu jadi tahu kalau jalan itu tidak pas lalu tinggal pilih jalan yang lebih baik saja ke depannya. Ini juga bisa dibilang sebagai hikmah dari kegagalan.

Baca Juga: 5 Motivasi untukmu yang Baru Mengalami Kegagalan, Biar Semangat Lagi!

4. Perbaiki kelemahan dan tingkatkan skill utama dirimu 

5 Cara Menjadikan Kegagalanmu sebagai Batu Loncatan untuk Sukses Pexels.com/Fauxels

Keempat, caranya menjadikan kegagalanmu sebagai batu loncatan untuk sukses ialah dengan memperbaiki kelemahan dan meningkatkan skill utama dirimu. Kamu mengalami kegagalan pasti karena ada suatu kelemahan yang sebelumnya tidak kamu sadari, jadi mulailah cari tahu dan perbaiki kelemahan tersebut. Kemudian jangan kira kalau memperbaiki kelemahan saja cukup untuk membuatmu sukses, sebab kamu juga harus meningkatkan skill utamamu dan menjadikannya kekuatan. Dengan begitu kamu jadi tidak mengalami kegagalan terus-menerus dan bisa meraih kesuksesan.

5. Perbaiki niat dan tujuan kesuksesanmu 

5 Cara Menjadikan Kegagalanmu sebagai Batu Loncatan untuk Sukses Pexels.com/Sora Shimazaki

Saat ini mungkin kamu sedang tidak beruntung dan mengalami kegagalan, namun setelah gagal mestinya kamu sadar bahwa mungkin kegagalanmu disebabkan oleh niat dan tujuan kesuksesanmu yang salah. Karena di dalam hidup ini kita tidak bisa menyangkal bahwa niat baik akan mendatangkan hasil yang baik pulaa, jadi perbaikilah niat dan tujuanmu untuk sukses menjadi lebih benar dan tulus. Dan hal ini memang biasanya baru disadari ketika mengalami kegagalan.

Itulah tadi beberapa cara menjadikan kegagalanmu sebagai batu loncatan untuk sukses. Pokoknya, jangan biarkan kegagalan menghentikan langkah dan membuatmu menyerah. Karena siapa tahu kegagalan tersebut merupakan awal dari kesuksesanmu yang sebenarnya.

Baca Juga: 5 Ciri kalau Kamu Bermental Kuat, Kegagalan Gak Bikin Kamu Kapok!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya