Comscore Tracker

Sering Meremehkan Masalah, 5 Ciri Orang Tak Bertanggung Jawab

Kenali sebelum kamu terlibat lebih jauh dengannya

Sebagai manusia yang hidup berdampingan dengan orang, terkadang kita harus berinteraksi dan menjalin kerja sama dengan orang lain. Tapi dalam hal ini perlu dipahami bahwa kamu tetap harus berhati-hati dalam mempercayai orang lain, terutama karena tidak semua orang bisa memegang tanggung jawab. 

Ada banyak hal yang bisa menunjukkan baik atau tidaknya seseorang dalam memegang tanggung jawab, mulai dari bagaimana dia menghadapi suatu masalah, mengakui kesalahannya, dan bagaimana tanggung jawabnya terhadap hal yang berdampak pada orang lain. Kalau sudah tahu maka sebisa mungkin jauhilah orang yang tidak bertanggung jawab karena hanya akan menyusahkan dirimu sendiri, terutama dengan ciri-ciri yang seperti di bawah ini. 

1. Pura-pura tidak tahu ketika melakukan kesalahan

Sering Meremehkan Masalah, 5 Ciri Orang Tak Bertanggung Jawabilustrasi bos marah (pexels.com/Yan Krukov)

Seseorang yang tidak bertanggung jawab terlihat dari dirinya yang berpura-pura tidak tahu ketika melakukan kesalahan. Jangan pernah menganggap hal ini sebagai suatu hal yang sepele, ya, tak peduli apakah orang yang bersikap seperti itu merupakan keluarga, senior, rekan kerja, atau bahkan temanmu sendiri.

Berpura-pura tidak tahu kesalahannya merupakan tindakan yang dilakukan secara sadar, yang mana dia sadar bahwa dia melakukan kesalahan tapi memilih untuk mengabaikannya dan acuh supaya tidak disalahkan. Sebaiknya jangan terlibat dengan orang tak bertanggung jawab seperti ini.

2. Playing victim kesalahannya ke orang lain

Sering Meremehkan Masalah, 5 Ciri Orang Tak Bertanggung Jawabilustrasi bicara (pexels.com/Fauxels)

Ciri lainnya dari orang yang tidak bertanggung jawab ialah sering playing victim atas kesalahannya sendiri kepada orang lain. Kamu pasti kesal ketika menjumpai orang yang seperti ini, yang mana dia sendiri pun tahu bahwa dirinya sendiri salah tapi malah menyalahkan orang lain demi melindungi diri.

Kasihannya adalah jika orang yang menjadi korban playing victim tidak punya kekuasaan yang lebih tinggi untuk bisa melawan, biasanya terjadi antara atasan dan bawahan. Harus menanggung beban dan bertanggung jawab pada kesalahan yang tidak ia perbuat merupakan suatu hal yang sangat berat untuk ditanggung.

Baca Juga: 5 Alasan Seseorang Suka Bersikap Play Victim, Jalan Ninja yang Ampuh!

3. Mencari berbagai alasan demi membela diri

Sering Meremehkan Masalah, 5 Ciri Orang Tak Bertanggung Jawabilustrasi bicara (pexels.com/Nicole Michalou)

Kalau di sekitarmu ada orang yang selalu mencari berbagai alasan demi membela diri atas suatu hal buruk yang terjadi maka lebih baik jauhi saja, karena itu merupakan salah satu ciri dari orang yang tidak bisa bertanggung jawab. Orang yang benar-benar bisa bertanggung jawab tak akan mencari-cari alasan atas apa yang terjadi karena dia tahu bahwa ia yang melakukannya.

Orang yang seperti ini biasanya juga dibarengi dengan sifat manipulatif, yang mana ketika mencari banyak alasan untuk membela diri dirinya juga akan berusaha memutar balikkan fakta sehingga orang lain akan merasa bersalah terhadapnya. Ada banyak orang yang seperti ini, baik di dalam hubungan percintaan, pertemanan hingga di lingkungan kerja sekalipun.

4. Meremehkan masalah yang ada dan melimpahkan semua tanggung jawab padamu

Sering Meremehkan Masalah, 5 Ciri Orang Tak Bertanggung Jawabilustrasi kerja (pexels.com/August de Richelieu)

Orang tidak bertanggung jawab juga bisa dilihat dari bagaimana dia meremehkan masalah yang ada dan melimpahkan semua tanggung jawab kepadamu. Biasanya hal ini dilakukan oleh orang yang merasa memiliki kekuasaan lebih, orangtua kepada anaknya, atasan pada bawahan, bahkan oleh pasangan yang dominan di dalam hubungan.

Pokoknya hati-hati kalau dirimu berhadapan dengan orang seperti ini, bahkan kalau bisa jauhi saja. Karena tak peduli sesabar atau semengalah apa pun dirimu, dia tidak akan pernah sadar yang dilakukannya salah dan kamulah yang nantinya bakal capek sendiri menanggung semua beban tanggung jawab sendirian sedangkan dia tidak mau tahu.

5. Bodo amat dengan dampaknya pada orang lain asalkan dirinya selamat

Sering Meremehkan Masalah, 5 Ciri Orang Tak Bertanggung Jawabilustrasi wanita (pexels.com/Liza Summer)

Ciri terakhir dari orang yang tak bertanggung jawab ialah jika dia dengan terang-terangan bersikap bodo amat terhadap tindakannya yang berdampak pada orang lain. Tak peduli apakah yang dia lakukan berdampak buruk pada orang lain atau bahkan melukai orang, selama dia baik-baik saja maka ia tak peduli dengan yang lain.

Sangat tidak bertanggung jawab dan juga egois di saat yang bersamaan. Karena jika yang dilakukannya berdampak besar pada orang lain apalagi kalau sampai merugikan, sangat jahat kalau acuh begitu saja. Mementingkan diri sendiri di atas penderitaan orang lain.

Intinya berhati-hatilah saat terlibat dengan orang lain dalam hidupmu, terutama hindarilah orang-orang yang tidak bisa memegang tanggung jawab seperti lima ciri di atas tadi. Gak ada untungnya sama sekali dan menyusahkan dirimu sendiri nantinya.

Baca Juga: Ini 5 Dampak Jika Kamu Terlalu Bodo Amat Terhadap Omongan Orang

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya