Comscore Tracker

5 Ciri Teman yang Licik dan Tega Menjatuhkanmu, Segera Jauhi, Ya! 

#IDNTimesLife Bahaya banget kalau terlalu dekat dengannya

Sama seperti saat memilih pasangan hidup yang mesti hati-hati, memilih teman juga gak boleh sembarangan. Kita semua tahu kalau ada berbagai macam tipe orang di dunia, mulai dari yang tulus dan baik hati hingga orang yang licik dan tega menjatuhkan orang di sekitarnya.

Dan, bicara soal orang yang licik, kamu harus hati-hati karena siapa tahu tanpa disadari salah satu temanmu ada yang seperti ini. Lima cirinya bisa kamu lihat dalam pembahasan berikut ini, simak baik-baik ya!

1. Kerap menjerumuskanmu ke hal yang salah 

5 Ciri Teman yang Licik dan Tega Menjatuhkanmu, Segera Jauhi, Ya! ilustrasi bicara (pexels.com/Christina Morillo)

Ciri pertama yang menunjukkan bahwa temanmu merupakan orang yang licik adalah dirinya kerap menjerumuskanmu pada hal yang salah.

Misalnya, seperti mempengaruhimu untuk membuat pilihan hidup yang salah, melakukan kenakalan, hingga hal-hal buruk lainnya yang membuat hidupmu jadi kacau. Hal seperti ini termasuk licik, karena diam-diam dia berusaha menjatuhkanmu dengan perlahan. Segera jauhi kalau temanmu ada yang seperti ini, ya!

2. Playing victim ketika melakukan kesalahan

5 Ciri Teman yang Licik dan Tega Menjatuhkanmu, Segera Jauhi, Ya! ilustrasi bicara (pexels.com/Mikhail Nilov)

Teman yang suka playing victim ketika melakukan kesalahan juga merupakan ciri yang menunjukkan kalau dia tipe orang yang licik dan bisa saja tega menjatuhkanmu.

Karena, kamulah yang terkena dampaknya ketika dia melakukan kesalahan, playing victim dan menjadikanmu kambing hitam atas kesalahannya. Dia tega memutar balikkan fakta yang sebenarnya sama saja dengan menjatuhkanmu, demi mengamankan dirinya sendiri.

3. Tidak pikir panjang meninggalkanmu di situasi genting untuk menyelamatkan dirinya sendiri 

5 Ciri Teman yang Licik dan Tega Menjatuhkanmu, Segera Jauhi, Ya! ilustrasi pria (pexels.com/Yan Krukov)

Ketiga, kamu sebaiknya segera menjauhi teman yang sering tidak pikir panjang meninggalkanmu di situasi genting demi menyelamatkan dirinya sendiri.

Memang benar bahwa kita memang harus bisa melindungi diri sendiri, akan tetapi bukan berarti dengan mengorbankan teman sendiri seperti yang dia lakukan.

Itu tandanya dia tidak punya hati, bukan suatu hal yang mengejutkan lagi kalau suatu saat dia menjatuhkanmu demi menaikkan dirinya sendiri. Contoh sederhananya, dia tidak ragu meninggalkan kerja samanya denganmu jika dia bisa mendapat lebih banyak keuntungan sendirian.

Baca Juga: 5 Usaha Licik Teman yang Ingin Membuat Hidupmu Hancur Berantakan

4. Berat mengakui pencapaianmu yang lebih darinya 

5 Ciri Teman yang Licik dan Tega Menjatuhkanmu, Segera Jauhi, Ya! ilustrasi argumen (pexels.com/Budgeron Bach)

Dirinya yang berat mengakui pencapaianmu yang lebih tinggi darinya, juga bukan jenis teman yang baik untuk diakrabi.

Dari sikapnya itu saja, sudah kelihatan kalau dia tidak terima jika kamu lebih darinya, dan bisa saja dengan karena itu dia melakukan hal licik untuk membuatmu jatuh dan berada di bawahnya. Tipe teman licik yang menjalin pertemanan dengan toxic dan memandangmu hanya sebagai saingannya.

5. Membocorkan hal pribadimu ke orang lain 

5 Ciri Teman yang Licik dan Tega Menjatuhkanmu, Segera Jauhi, Ya! ilustrasi bicara (pexels.com/Fauxels)

Jika temanmu dengan sengaja kerap membocorkan hal pribadi atau bahkan rahasiamu ke orang lain, maka itu juga tanda kalau dia merupakan orang yang licik dan tega menjatuhkanmu.

Entah dia melakukannya dengan alasan bercanda atau niat menjatuhkan, tapi tindakannya itu jelas-jelas licik karena menjelekkan citramu di mata orang. Teman yang seperti ini tidak bisa kamu jadikan seseorang dekat, karena dia akan menggunakan informasi pribadimu untuk keuntungannya sendiri.

Sama sekali gak bisa dipercaya, lima ciri tadi menunjukkan kalau temanmu merupakan orang yang licik dan tentu saja juga sangat tega menjatuhkanmu. Jika ada temanmu yang memiliki ciri seperti tadi maka segeralah jaga jarak dan jauhi, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Teman SMA adalah Teman Seumur Hidupmu

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya