Comscore Tracker

5 Dampak jika Kesuksesanmu Tak Dibarengi dengan Rasa Syukur

Kesuksesanmu jadi tak ada artinya jika tak disyukuri 

Semua orang pada dasarnya ingin sukses, akan tetapi tidak semua orang bisa meraih kesuksesannya, bahkan yang sudah berhasil pun belum tentu mensyukuri kesuksesan yang ia miliki. Karena rasa syukur itu kelihatannya memang sederhana sekali namun tidak semua orang bisa melakukannya dengan taat, seringnya malah lupa apalagi jika sudah memiliki segala yang diinginkan.

Hal kecil jika disyukuri maka dampaknya bisa sangat positif bagi kehidupan, namun bagaimana jika kesuksesanmu tidak dibarengi dengan rasa syukur? Dampaknya juga ada yang mana akan dibahas dengan lebih lanjut di bawah ini. Jadi disimak, ya!

1. Jadi mudah merasa bosan dengan hidupmu sendiri 

5 Dampak jika Kesuksesanmu Tak Dibarengi dengan Rasa Syukurilustrasi bosan (pexels.com/Cottonbro)

Tak peduli setinggi apa pun kesuksesan yang kamu raih jika tidak syukuri sepenuh hati maka dampaknya adalah, kamu jadi mudah bosan dengan hidupmu sendiri. Tidak punya gairah dan semangat hidup yang membuat hari-harimu terasa berarti. Bahkan kamu merasa semuanya tidak berarti, termasuk kesuksesanmu yang pada akhirnya membuatmu merasa bosan juga. Dan semua ini hanya gara-gara kesuksesan dan keberhasilan hidupmu tidak dibarengi dengan rasa syukur.

2. Banyak mengeluh  

5 Dampak jika Kesuksesanmu Tak Dibarengi dengan Rasa Syukurilustrasi bicara (pexels.com/Fauxels)

Selain bosan, kamu juga bakal sering mengeluh kalau tidak bersyukur atas kesuksesan yang kamu raih. Ini adalah dampaknya yang kedua, yang mana dirimu jadi mengeluhkan banyak hal, mulai dari jam kerja, kesibukan yang padat, tanggung jawab serta beban yang ditanggung, hingga hal-hal sepele yang sebenarnya tidak perlu dikeluhkan. Padahal kamulah yang awalnya ingin sukses, akan tetapi ketika sudah sukses malah lupa bersyukur sehingga mengeluhkan semua hal yang ada. Padahal kalau disyukuri mungkin apa yang kamu keluhkan itu sama sekali tak terasa berat atau pun membebani.

3. Kamu jadi kurang berhati-hati dan sembarangan dalam bekerja 

5 Dampak jika Kesuksesanmu Tak Dibarengi dengan Rasa Syukurilustrasi wanita pasrah (pexels.com/Yan Krukov)

Kesuksesan yang tidak dibarengi rasa syukur bisa mendatangkan dampak yang fatal, yakni kamu jadi kurang hati-hati dan sembarangan dalam bekerja. Mulai dari laporan yang datanya tidak lengkap, deadline yang terlewat, bermalasan-malasan dalam bekerja dan suka menunda pekerjaan. Hal-hal yang paling kamu hindari dulu ketika mengejar kesuksesan malah kamu lakukan tanpa sadar ketika sudah sukses. Kamu lupa bahwa sikap tak bersyukur semacam itu bisa membuatmu kehilangan kesuksesan yang dimiliki saat ini.

Baca Juga: 5 Referensi Buku yang Bikin Melek Kesuksesan, Wajib Punya!

4. Kinerjamu semakin lama semakin menurun 

5 Dampak jika Kesuksesanmu Tak Dibarengi dengan Rasa Syukurilustrasi dimarahi (pexels.com/Yan Krukov)

Dampak lainnya yang terjadi jika kesuksesanmu tidak dibarengi dengan rasa syukur adalah kinerjamu semakin lama menjadi semakin menurun. Kamu yang dulunya sangat berhati-hati dan bekerja keras untuk bisa menyelesaikan pekerjaan dengan maksimal kini sudah tidak seperti itu lagi, kamu cenderung menjadi lebih santai dan menganggap enteng semuanya. Semua itu semata-mata karena kamu sudah merasa memiliki segalanya dan tidak bersyukur atas kesuksesan yang telah tercapai, tapi di sisi lain sikapmu ini malah membahayakan kariermu sendiri, lho.

5. Ingin resign dan cari pekerjaan baru 

5 Dampak jika Kesuksesanmu Tak Dibarengi dengan Rasa Syukurilustrasi pria (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kamu yang tidak bersyukur atas kesuksesan dicapai juga membawa dampak pada timbulnya keinginan untuk segera resign. Mungkin karena sudah sukses sehingga kamu sudah merasa memiliki segalanya, jadi lama-lama terasa membosankan dan tidak menarik lagi. Tapi seperti itulah memang kalau kesuksesan gak dibarengi dengan rasa syukur, sudah bagus-bagus punya pekerjaan dan karier yang cemerlang akan tetapi malah mau berhenti dan pindah kerja ke tempat yang baru. Yang mana kalau tidak dipikirkan hati-hati dirimu sendirilah yang nantinya akan menyesal.

Dari pembahasan tadi dapat ditarik kesimpulan bahwa sesukses apa pun dirimu tapi kalau tidak disyukuri maka semuanya pun menjadi tidak ada artinya, bahkan cenderung menyepelekan. Maka dari itu mulailah bersyukur walaupun pada hal kecil di hidupmu, ya!

Baca Juga: 5 Hal di Balik Kesuksesan yang Perlu Kamu Ketahui, Ingin Juga?

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya