Comscore Tracker

5 Tips Tetap Tenang & Elegan Hadapi Kritik Tak Sedap

#ANGPOIN Sebab tak semua kritik bermaksud buruk

Bukan rahasia lagi kalau apa pun yang kita lakukan pasti ada saja yang mengkritik. Di satu sisi mungkin kita merasa kesal, tapi di sisi lain semua orang bebas mengeluarkan pendapat.

Maka dari itu, kali ini kita akan membahas tentang beberapa tips agar kamu tetap tenang dan elegan ketika menghadapi kritik. Yuk, simak lima di antaranya di bawah ini.

1. Tenang dulu, mungkin kritiknya tak bermaksud negatif

5 Tips Tetap Tenang & Elegan Hadapi Kritik Tak SedapPexels.com/Tirachard Kumtanom

Seringkali ketika kita dikritik oleh seseorang tanpa berpikir panjang langsung tersinggung dan berpikiran bahwa orang itu berniat menjatuhkan kita. Nah, perihal yang satu ini, ada baiknya kita untuk berusaha tenang terlebih dahulu.

Karena siapa tahu orang tersebut ternyata tak bermaksud jahat dan cuma ingin mengingatkan.

2. Saring kritik yang bermanfaat dan abaikan yang tidak

5 Tips Tetap Tenang & Elegan Hadapi Kritik Tak SedapPexels.com/Tim Gouw

Sebagai makhluk sosial yang setiap harinya berinteraksi dengan orang lain, ada kalanya kita harus membekali diri dengan penyaring terhadap hal-hal buruk lho, termasuk telinga dan apa-apa saja yang kita dengarkan.

Dengan kamu yang menyaring kritik baik dan buruk, kamu jadi tak tertekan atau stres akan perkataan orang lain.

Baca Juga: Stop Body Shaming, Ini 9 Reaksi Artis saat Fisiknya Dikritik Netizen

3. Berbesar hati menerima kritik orang lain

5 Tips Tetap Tenang & Elegan Hadapi Kritik Tak SedapPexels.com/Rawpixel.com

Ada pepatah yang mengatakan bahwa kamu tidak akan bisa berkembang jika tak mau dikritik. Bisa dibilang hal itu benar, sebab tanpa disadari mungkin terkadang kita melakukan hal yang salah dan berkaca dari kritikan orang lain bisa membantu untuk intropeksi diri dan berkembang menjadi lebih baik lagi.

Tentu saja hal ini juga akan membuat orang lain terkesan denganku karena memiliki pemikiran luas dan berlapang dada akan kritiknya.

4. Berkaca dari kritik, kamu jadi tak besar kepala akan segala pencapaian

5 Tips Tetap Tenang & Elegan Hadapi Kritik Tak SedapPexels.com/Carolline De Souze

Percayalah bahwa kritikan yang tak sedap sekalipun bisa bermanfaat bagimu, caranya adalah dengan menggunakannya untuk memacu diri agar semakin berkembang. Apa pun yang kita lakukan pasti ada saja yang tidak suka dan mengkritik ini itu, tapi jangan emosi dulu, ya.

Karena dengan kritik dari mereka kamu diajarkan untuk tak merasa besar kepala dan membuktikan bahwa kamu tak seperti yang mereka katakan.

5. Balas dengan senyuman dan ucapkan terimakasih

5 Tips Tetap Tenang & Elegan Hadapi Kritik Tak Sedapunsplash.com/alexis brown

Tips elegan yang terakhir dalam menghadapi kritik adalah balas dengan senyum dan katakan terima kasih kepadanya. Terlepas dari baik atau tidaknya niat orang itu dalam mengkritik, tapi kamu bisa bersikap dewasa dengan tak langsung tersulut emosi.

Selain membuatmu jadi terlihat elegan, orang itu juga akan berpikir dulu jika ingin mengkritikmu lain kali karena responmu yang sopan.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu gunakan ketika menghadapi kritik tak sedap agar tetap terlihat elegan dan tenang. Ingat untuk tetap berpikir positif ya!

Baca Juga: 5 Sikap Elegan Saat Dikritik Pasangan, Jangan Langsung Ngambek Ya!

afifah hanim Photo Community Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan. youtube: showni tv instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You