Comscore Tracker

5 Etika Camping di Perkemahan Umum, Jangan Ribut dan Ganggu Orang

Intinya harus tahu diri untuk jaga sikap selama berkemah

Berkemah adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan ketika ada waktu luang. Entah itu untuk dijadikan hobi ataukah kegiatan untuk refreshing dari stres dan kepenatan hidup. 

Tapi kalau kamu berkemahnya di tempat perkemahan umum maka perlu diketahui bahwa di sana tidak hanya kamu sendiri dan wajib menjaga sikap untuk kenyamanan bersama. Yang mana beberapa etikanya yang perlu kamu jaga ada dalam lima poin di bawah ini. Yuk disimak!

1. Jangan bangun tenda kemahmu terlalu dekat dengan orang lain, hargai privasi

5 Etika Camping di Perkemahan Umum, Jangan Ribut dan Ganggu Orangilustrasi perkemahan (pexels.com/Maximilian)

Etikanya yang pertama kalau camping di perkemahan umum ialah kamu harus sadar diri untuk tidak membangun tenda yang terlalu dekat dengan milik orang lain. Bisa dibilang kalau ini adalah etika untuk menghargai privasi orang lain. 

Karena pada saat berkemah tentu kita ingin menikmati waktu entah itu sendirian, bersama keluarga, teman, atau bahkan pasangan. Gak nyaman aja rasanya kalau terlalu dekat dengan pekemah lain yang jadinya semua pembicaraan atau kegiatan dalam kemah jadi di dengar orang. 

2. Bersosialisasi boleh tapi jangan kepo

5 Etika Camping di Perkemahan Umum, Jangan Ribut dan Ganggu Orangilustrasi teman (pexels.com/William Fortunato)

Etikanya yang kedua pada saat camping ialah perlu diingat bahwa bersosialisasi boleh tapi jangan terlalu kepo. Karena gak ada salahnya untuk bersosialisasi dan menambah teman dengan sesama pekemah di sana, malahan bagus untuk menambah koneksi. 

Tapi meskipun begitu kamu juga harus tahu batasan dalam bergaul. Setiap orang punya tujuan masing-masing dalam berkemah, jangan sampai dirimu yang terlalu ingin dekat den berteman jadi mengganggu orang yang ingin refreshing dengan berkemah. Kamu juga gak boleh kepo terlalu dalam soal kehidupan pribadi mereka yang kamu temui di perkemahan. 

Baca Juga: 10 Potret Giri Wanara Glamping Resort, Ide Kemah Mewah di Yogyakarta

3. Jaga kebersihan selama berkemah

5 Etika Camping di Perkemahan Umum, Jangan Ribut dan Ganggu Orangilustrasi perkemahan (pexels.com/Mac DeStroir)

Yang ketiga ini bisa dikatakan sebagai etika dan juga aturan yang berlaku pada saat berkemah. Yang mana dirimu harus menjaga kebersihan selama berkemah demi menjaga kenyamanan bersama dengan pekemah lainnya. 

Bayangkan saja kalau kamu menebar sampah dan tak menjaga kebersihan sekitar maka yang ada kehadiranmu malah mengganggu yang lain dan merusak alam. Apalagi kalau sampahnya menimbulkan bau, orang lain yang tadinya ingin menikmati udara segar dan keindahan alam malah jadi terganggu olehmu. 

4. Tetap jagalah ketenangan kalau berkemah dengan teman dan keluarga

5 Etika Camping di Perkemahan Umum, Jangan Ribut dan Ganggu Orangilustrasi teman (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Bagi kamu yang camping-nya bareng teman atau bahkan keluarga wajib tahu etika yang satu ini yaitu menjaga ketenangan selama berkemah. Terlepas dari kegiatan apa pun yang kamu lakukan saat berkemah, pokoknya jangan sampai mengganggu pekemah lain. 

Jadi kalau misalnya kalian bernyanyi dan main alat musik seperti gitar, jangan terlalu heboh dan mengganggu orang lain. Kecuali kalau mereka ingin ikut bergabung bersama kalian dan bersenang-senang bersama. 

5. Saling menolong dengan sesama pekemah jika ada yang kesulitan

5 Etika Camping di Perkemahan Umum, Jangan Ribut dan Ganggu Orangilustrasi bicara (pexels.com/Oleksandr Pidvalnyi)

Etikanya yang terakhir pada saat berkemah di perkemahan umum ialah ringan tangan untuk saling menolong kalau ada yang kesulitan. Karena yang namanya berkemah dan berada di tempat yang jauh dari rumah, mungkin ada peralatan yang kurang, rusak, atau bahkan kurangnya persiapan yang menimbulkan masalah. 

Di situasi seperti ini jika dirimu bisa membantu orang lain maka bantulah mereka. Bisa dibilang merupakan etika tak tertulis diterapkan pada sesama pekemah dan pencinta alam kalau berada di suatu tempat yang sama. 

Namanya juga tempat umum, kebebasan kita dibatasi oleh kebebasan orang lain. Intinya harus pandai membawa diri dan menjaga ketertiban supaya gak ganggu orang. Siap berkemah bareng orang tersayang?

Baca Juga: 10 Potret Pulestis Glamping Bali, Kemah bak di Atas Awan

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya