Comscore Tracker

Gak Boleh Asal, Perhatikan 5 Etika Penting Ini Saat Memberi Nasihat

Karena menasihati juga ada etikanya, kan?

Dalam kehidupan sosial kita pasti bertemu dengan orang yang berbeda-beda dan pastinya dan terkadang kita kritik dan menasihati satu sama lain. Akan tetapi tampaknya tidak semua orang tahu tentang etika dalam menasihati. Padahal hal ini sangat penting agar orang lain tidak tersinggung dengan apa yang kita katakan padanya.

Tapi apa-apa sajakah etika penting dalam menasihati itu? Jika kamu ingin mengetahuinya lebih lanjut, simak pembahasannya di bawah ini, ya.

1. Lihat dulu siapa yang mau kamu beri nasihat

Gak Boleh Asal, Perhatikan 5 Etika Penting Ini Saat Memberi NasihatPixabay.com/Free Photos

Etika pertama yang penting diperhatikan saat ingin memberi nasihat adalah dengan melihat dulu siapa yang akan kamu nasihati. Karena tidak semua orang bisa dengan gampangnya kita beri nasihat, seperti orangtua, guru, atasan atau orang-orang penting lainnya yang pantas kita hormati. Namun bukan berarti tidak bisa, hanya saja kita harus memperhatikannya dulu agar tidak salah bicara.

2. Gunakan bahasa sopan supaya tidak menyinggung

Gak Boleh Asal, Perhatikan 5 Etika Penting Ini Saat Memberi NasihatPexels.com/Immortal Shots

Sopan tidak harus baku, dan menggunakan bahasa dan pemilihan kata yang sopan adalah salah satu etika dalam menasihati orang lain. Karena semua orang layak kita hargai perasaannya, dan mengatakannya dengan sopan bisa menyampaikan maksud kita dengan lebih baik, bukan?

Baca Juga: 5 Pedoman Sebelum Curhat yang Harus Kamu Tahu, Jangan Asal Cerita!

3. Tidak bertele-tele

Gak Boleh Asal, Perhatikan 5 Etika Penting Ini Saat Memberi NasihatPexels.com/Christina Morillo

Selain sopan, bicara dengan tidak bertele-tele juga masuk bagian etika dalam memberi nasihat. Karena waktu itu sangat berharga dan setiap orang punya kesibukan, jadi jangan membuat pembicaraan lebih panjang dari inti yang ingin kamu sampaikan padanya. Cukup melakukannya dengan to the point tapi juga halus.

4. Tidak mengungkitnya di masa depan

Gak Boleh Asal, Perhatikan 5 Etika Penting Ini Saat Memberi NasihatPixabay.com/Free Photos

Saat kamu menasihati seseorang, hal itu bisa menjadi ingatan yang berharga atau juga sebaliknya bagi dia. Maka dari itu dengan tidak mengungkitnya lagi di masa depan adalah pilihan terbaik dan juga termasuk bagian dari etika, lho. Hal ini bisa dibilang sangat penting tapi sering tak diperhatikan orang-orang. 

5. Tidak menggurui

Gak Boleh Asal, Perhatikan 5 Etika Penting Ini Saat Memberi NasihatPexels.com/Lina Kivaka

Terakhir, etika kelima yang juga tak kalah penting dengan yang lain dalam menasihati orang lain adalah tidak menggurui orang itu. Jangan bersikap seolah-olah kamu sedang mengguruinya dan seolah kamu lebih pintar darinya, sebab seseorang yang menasihati dengan benar akan memastikan dirinya seperti seorang teman saat melakukannya. Menjaga supaya sama-sama nyaman. 

Itulah beberapa etika penting yang perlu kita lebih perhatikan saat memberi nasihat pada orang lain. 

Baca Juga: 5 Etika Ketika Bertemu Bayi di Tempat Umum, Jangan Asal Gemas!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya