Comscore Tracker

5 Etiket Menasehati Teman, Jangan Melakukannya di Depan Orang Lain

Pastikan perkataanmu dijaga saat menasehatinya, ya!

Sama seperti dirimu yang merupakan manusia bisa dan bisa berbuat salah, temanmu juga seperti itu. Mungkin ada saatnya mereka lalai dan keliru dalam melakukan sesuatu hingga membuatmu ingin menasehatinya. 

Tapi kalau bicara soal menasehati teman, pastikan bahwa dirimu tidak melakukannya dengan sembarangan, ya. Karena kalau asal menasehati saja bisa-bisa bukannya membuat dia berubah jadi lebih baik, tapi malah tersinggung dengan nasehatmu. Tapi tenang saja karena kamu boleh menasehati teman asalkan berpegang pada lima etiket di bawah ini. Simak baik-baik, ya! 

1. Nasehati ketika kalian sedang berdua

5 Etiket Menasehati Teman, Jangan Melakukannya di Depan Orang Lainilustrasi bicara (pexels.com/Laura Tancredi)

Etiket pertama yang perlu kamu ketahui dalam menasehati teman ialah dengan memastikan bahwa dirimu melakukannya ketika kalian sedang berdua saja. Hal ini penting demi menjaga harga dirinya. 

Jangan pernah menasehati orang di depan umum, bahkan meskipun dia teman dekatmu sekalipun. Karena kalau di depan umum jadinya malah bukan menasehati akan tetapi lebih kepada mempermalukannya di depan orang lain. 

2. Tunggulah waktu yang tepat untuk menasehatinya

5 Etiket Menasehati Teman, Jangan Melakukannya di Depan Orang Lainilustrasi wanita bicara (pexels.com/Fauxels)

Etiket lainnya dalam menasehati teman ialah menunggu saat yang tepat untuk melakukannya. Hal ini dimaksudkan supaya dia tidak merasa risi atau terganggu oleh tindakanmu. 

Jadi kalau dia sedang bicara dengan orang lain, sibuk dengan sesuatu, atau bahkan sedang bad mood, lebih baik menunggu sampai suasananya pas dan membaik. Karena kalau dipaksakan dan sembarangan saja melakukannya bisa-bisa malah membuat dia emosi atau tersinggung, apalagi kalau mood-nya sedang buruk. 

Baca Juga: 5 Pelajaran dari Film Wedding Agreement, Penuh Nasehat Pernikahan

3. Sangat penting untuk memilih kata-kata yang tepat supaya tidak menyinggungnya

5 Etiket Menasehati Teman, Jangan Melakukannya di Depan Orang Lainilustrasi bicara (pexels.com/Keira Burton)

Sama seperti dirimu yang mau dihargai orang, dalam menasehati teman pun juga sama saja sebenarnya. Yang mana cara untuk menasehatinya harus dengan tutur kata yang tepat, gak asal blak-blakan dan tanpa berpikir dulu sebelum bicara. 

Jadi pilihlah kata yang menurutmu pas dan bisa diterima olehnya. Karena penerimaan orang lain terhadap suatu perkataan itu berbeda-beda. Gak semua orang bisa dengan gaya bicara tegas. 

4. Cukup nasehati semampumu saja, jangan memaksanya untuk patuh

5 Etiket Menasehati Teman, Jangan Melakukannya di Depan Orang Lainilustrasi bicara (pexels.com/Timur Weber)

Banyak orang melupakan yang satu ini, yaitu etiket dalam menasehati bahwa cukup lakukan itu sewajarnya saja. Jangan berlebihan hingga memaksanya untuk patuh dengan nasehatmu. 

Yang namanya teman tentu ingin dia berubah menjadi lebih baik, tapi dibalik itu juga harus ingat bahwa tugasmu hanyalah mengingatkan. Biarlah soal menerapkan atau nurutnya dia dengan nasehatmu menjadi kenangan berdua saja secara sepihak saja.

5. Ingat batasan dalam hal-hal yang bisa dicampuri dan yang menjadi urusannya sendiri

5 Etiket Menasehati Teman, Jangan Melakukannya di Depan Orang Lainilustrasi menatap (pexels.com/Liza Summer)

Terakhir, etiketnya dalam menasehati teman ialah dengan tahu batasan saat menasehati. Karena seperti yang kita tahu bahwa setiap orang punya batasannya sendiri dalam menerima saran atau bahkan nasehat orang lain. 

Dan tentang itu kamu pun juga harus tahu tentang jenis urusan seperti apa yang boleh diikut campuri dan mana yang baiknya jadi urusannya sendiri. Jangan sampai kamu malah menasehati dia pada suatu hal yang hanya menjadi urusannya sendiri. 

Itulah lima etiket yang perlu kamu ingat kalau menasehati teman. Intinya jangan berlebihan dan bisa menasehati dengan cara yang tepat supaya  tidak menyinggung. 

Baca Juga: Pandai Memberi Nasehat, Ini 5 Zodiak yang Bisa Jadi Teman Curhat

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya