Comscore Tracker

Gak Baik selalu Menolak Bantuan dari Orang Lain, Ini 5 Alasannya

Gak ada salahnya sesekali menerima bantuan orang lain

Mampu menjadi seseorang yang independen dan bisa mengandalkan diri sendiri memang suatu hal yang bagus, namun jangan sampai hal itu membuatmu lupa bahwa pada hakikatnya dirimu adalah makhluk sosial yang hidup berdampingan dengan orang lain. Karena banyak orang yang dikarenakan sudah terlalu independen justru jadi lupa dan menolak bantuan orang lain.

Meskipun bisa mengandalkan diri sendiri, namun gak baik kalau selalu menolak bantuan dari orang lain, apalagi jika mereka tulus ingin membantumu. Kenapa seperti itu? Berikut ini lima alasan di antaranya.

1. Sifat individualisme bisa tertanam kuat di dirimu

Gak Baik selalu Menolak Bantuan dari Orang Lain, Ini 5 AlasannyaPexels.com/Startup Stock Photos

Alasannya yang pertama mengapa kamu gak boleh selalu menolak bantuan orang lain ialah, karena kalau hal itu terus dilakukan maka bisa-bisa sifat individualisme tertanam kuat di dirimu. Karena kamu sudah terbiasa untuk mengandalkan diri sendiri, dan juga menolak untuk merasa berhutang budi pada orang lain. Yang mana pada akhirnya hal itu membuatmu merasa tak membutuhkan orang lain. 

2. Penolakanmu bisa membuat orang yang tulus ingin menolong jadi berkecil hati

Gak Baik selalu Menolak Bantuan dari Orang Lain, Ini 5 AlasannyaPexels.com/August De Richelieu

Kemudian alasannya yang kedua mengapa kamu tidak boleh selalu menolak bantuan orang lain ialah, penolakanmu bisa saja malah membuat orang yang tulus mau menolong jadi berkecil hati.

Kamu mungkin tidak tahu rasanya, namun ketika niat tulus ditolak mentah-mentah tentu akan ada rasa kecewa dan malu. Maka dari itulah tidak perlu sampai selalu menolak bantuan orang, sebab menerima bantuan juga termasuk suatu kebaikan dan etika dalam bersosialisasi.

3. Sulit menemukan orang yang mau menolong ketika kamu benar-benar butuh bantuan suatu saat nanti

Gak Baik selalu Menolak Bantuan dari Orang Lain, Ini 5 AlasannyaPexels.com/Andrea Piacquadio

Lalu, jika kamu selalu menolak bantuan orang lain maka bisa-bisa kamu akan kesulitan mencari orang yang mau membantu jika membutuhkannya suatu saat nanti. Karena sejak awal, kamu memang selalu menolak pertolongan mereka. Sehingga suatu hal yang wajar jika orang-orang pun berpikir bahwa kamu tak membutuhkan bantuan mereka lagi. Jadi hati-hatilah dalam setiap perbuatanmu karena pasti ada dampaknya.

Baca Juga: Hati 5 Zodiak ini Hangat, Gak Pernah Menolak Jika Dimintai Tolong

4. Sulit bagimu untuk membangun kerja sama dengan orang lain

Gak Baik selalu Menolak Bantuan dari Orang Lain, Ini 5 AlasannyaPexels.com/Tima Miroshnichenko

Bisa bekerja di dalam tim bisa dibilang merupakan salah satu standar di dalam dunia kerja, dan kamu tahu apa hal paling utama dari bekerja dengan tim? Yaitu kerja sama. Dan kenyataannya, akan sangat sulit bagimu untuk membangun kerja sama yang kuat dan solid jika selalu menolak bantuan orang.

Karena kerja sama berarti saling membantu, saling mengisi kekurangan satu sama lain, intinya saling mengandalkan. Dan inilah alasannya yang keempat kenapa gak baik jika kamu selalu menolak bantuan orang lain. 

5. Hidupmu bisa penuh beban dan terasa capek banget dijalani

Gak Baik selalu Menolak Bantuan dari Orang Lain, Ini 5 AlasannyaPexels.com/Andrew Neel

Kelima dan alasan yang terakhir ialah, jika kamu selalu menolak bantuan orang maka itu artinya hidupmu pun akan penuh beban dan terasa capek banget dijalani. Karena beban dan tanggung jawab yang mestinya bisa dipikul bersama, malah kamu pikul sendiri. Padahal kalau dipikir-pikir gak ada salahnya untuk sesekali menerima bantuan orang, daripada malah menyulitkan hidup sendiri.

Menjadi seorang yang independen memang baik, tapi jangan malah membuatmu jadi selalu menolai bantuan orang lain. Sebab kamu tetaplah makhluk sosial yang hidup berdampingan dengan orang lain, dan sudah hakekat manusia untuk bisa saling membantu, kan?

Baca Juga: 5 Tanda Kalau Orang yang Kamu Tolong Malah Berubah Jadi Memanfaatkanmu

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya