Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Gak Perlu Malu jika Mengalami Kegagalan dalam Hidup

Karena kegagalan juga bagian dari hidup, jadi santai saja!

Kita semua tahu bahwa hidup ini mirip seperti roda yang berputar, terkadang di atas namun juga terkadang ke bawah. Yang artinya keberhasilan dan kegagalan dalam hidup itu merupakan suatu hal yang biasa terjadi, kalau sukses dan berhasil, ya disyukuri dengan baik namun jika suatu ketika mengalami kegagalan ya tidak apa-apa.

Karena tak dapat dimungkiri kalau ada banyak orang yang kemudian jadi stres, terpuruk, atau bahkan minder dan malu saat mengalami kegagalan. Kamu justru gak perlu malu jika mengalami kegagalan dalam hidup, kenapa? Simak lima alasannya di bawah ini.

1. Kegagalan merupakan bagian dari hidup, jadi gak perlu minder

5 Alasan Kenapa Gak Perlu Malu jika Mengalami  Kegagalan dalam HidupIlustrasi stres(pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kamu gak perlu malu ataupun minder kalau gagal dalam suatu hal, karena pada dasarnya kegagalan termasuk bagian dalam hidup, bahkan semua orang juga pasti pernah mengalaminya.

Harga dirimu gak turun hanya karena mengalami kegagalan, kamu tetap manusia yang pantas dihargai dan mempunyai nilai. Jadi jangan lantas mengucilkan dirimu sendiri ketika gagal, ya. Santai saja dan gak perlu terlalu memikirkan apa kata orang.

2. Pernah gagal menjadi bukti bahwa kamu berani mencoba dan berusaha menggapai sesuatu, hebat lho!

5 Alasan Kenapa Gak Perlu Malu jika Mengalami  Kegagalan dalam HidupIlustrasi kerja(pexels.com/Andrea Piacquadio)

Alasan yang kedua kenapa kamu gak perlu malu ialah, karena kegagalan yang kamu alami itu justru membuktikan bahwa kamu berani mencoba dan berusaha menggapai sesuatu. Justru dirimu itu hebat, lho.

Gagal itu bukan aib atau suatu hal yang mesti disembunyikan, justru mereka yang tidak pernah berani mencoba hingga tak pernah gagallah yang mestinya malu. Jadi banggalah terhadap dirimu sendiri, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Logis Kamu Harus Menerima Kegagalan dengan Lapang Dada

3. Justru ada banyak pelajaran berharga yang diambil dari kegagalan

5 Alasan Kenapa Gak Perlu Malu jika Mengalami  Kegagalan dalam HidupIlustrasi kerja(pexels.com/Fauxels)

Dibanding keberhasilan, kegagalan memang tidak menyenangkan untuk diakui. Namun percayalah bahwa semua hal yang terjadi dalam hidup pasti ada hikmahnya, begitu pula dengan kegagalanmu yang mungkin saja menyimpan banyak pelajaran berharga di dalamnya. Jadi, gak perlu malu atau bahkan terlalu memikirkannya sampai bikin stres atau terpuruk sendiri.

4. Jika ada yang merendahkan atau mengejek kegagalanmu, cukup diamkan saja dan buktikan bahwa kamu bisa sukses

5 Alasan Kenapa Gak Perlu Malu jika Mengalami  Kegagalan dalam HidupIlustrasi ngobrol(pexels.com/Tim Douglas)

Gak perlu menanggapi orang yang memandangmu dengan rendah saat mengalami kegagalan, apalagi kalau dia sampai mencemooh atau bahkan mengejekmu. Karena kamu gak perlu malu dengan kegagalanmu, cukup diamkan saja mereka dan jadikan hal itu sebagai semangat memacu diri untuk sukses. Sebab waktu yang akan menjawab bahwa dirimu yang pernah gagal juga bisa sukses dan berhasil.

5. Mentalmu teruji kuat kalau pernah gagal dan bangkit

5 Alasan Kenapa Gak Perlu Malu jika Mengalami  Kegagalan dalam HidupIlustrasi percaya diri(pexels.com/Fauxels)

Terakhir, kamu gak perlu merasa malu dengan kegagalanmu dalam hidup. Karena sebenarnya mentalmu teruji kuat ketika pernah jatuh dan gagal lalu berusaha untuk bangkit.

Gak semua orang bisa melakukannya, dan hal itu memang bagian dalam hidup yang mesti dilewati. Apalagi dengan pernah mengalaminya, kamu jadi tahu bagaimana cara menjalani hidup dengan lebih baik. semakin berhati-hati dan waspada agar tak mengalami kegagalan lagi. benar kan?

Dengan lima alasan tadi kamu jadi tak perlu lagi merasa malu jika mengalami kegagalan dalam hidup, hal itu wajar dan dialami semua orang, kok! Jadi santai saja.

Baca Juga: Jangan Sampai Begini, 5 Tanda Orang yang Rawan Mengalami Kegagalan!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya