Comscore Tracker

5 Hal Berat dalam Dunia Kerja yang Memicu Stres, Mentalmu Harus Kuat!

Karena dunia kerja dipenuhi dengan beban dan tekanan

Membayangkan bahwa dirimu akan sukses dengan karier yang cemerlang tentu suatu hal yang sangat menyenangkan, tapi terlepas dari apa yang dibayangkan juga harus sadar dengan kenyataan yang ada. Kenyataan bahwa dunia kerja tak seindah yang dibayangkan, ada banyak sekali beban dan tekanan di dunia kerja yang menguji mental. 

Mulai dari tekanan dari atasan, perlakuan senior yang kurang baik, hingga beban kerja yang lama-lama membuatmu jadi stres karena selalu berakhir menumpuk. Ada banyak sekali hal berat dalam dunia kerja yang bisa memicu stres, sehingga untuk bisa menghadapinya harus dibarengi dengan mental yang kuat. Apa saja itu?

1. Budaya senioritas yang membuatmu tertekan di saat awal-awal bekerja

5 Hal Berat dalam Dunia Kerja yang Memicu Stres, Mentalmu Harus Kuat!ilustrasi diperintah (pexels.com/Yan Krukov)

Jangan pikir bahwa masuk ke dunia kerja bakalan enak-enak, karena kenyataannya justru kebalikan dari itu. Yang mana jika kamu kurang beruntung dan masuk ke tempat kerja yang toxic maka hal berat pertama yang kamu hadapi ialah kuatnya senioritas di antara kalangan pekerja. 

Di mana para junior yang baru mulai bekerja harus patuh dan tunduk dengan senior yang lebih dulu bekerja di sana. Budaya senioritas seperti ini sangat berat terutama bagi orang yang baru pertama kali bekerja. Hari-hari yang dilewati bakal terasa penuh tekanan. 

2. Sengitnya persaingan bahkan dengan cara kotor sekalipun

5 Hal Berat dalam Dunia Kerja yang Memicu Stres, Mentalmu Harus Kuat!ilustrasi melirik (pexels.com/Yan Krukov)

Hal berat kedua yang ada dalam dunia kerja ialah ketatnya persaingan demi kenaikan jabatan dan kemajuan karier. Lebih parahnya lagi kalau bersaing secara kotor atau curang malah dinilai lumrah di tempat kerjamu, yang mana kalau gak tahan bisa membuatmu muak melihat berbagai upaya kotor di balik suksesnya seseorang dalam dunia kerja. 

Memang perlu diakui bahwa hal ini bukanlah hal yang baru di dalam dunia kerja, tapi terlepas dari itu tetap saja hal ini menjadi sangat berat diterima bagi orang-orang yang mau bersaing secara suportif. Akhirnya yang memang bekerja keras dan layak untuk sukses malah kalah saing dengan orang yang bermain curang. 

Baca Juga: 5 Realita Pahit dalam Dunia Kerja, Bikin Mental Terguncang!

3. Atasan yang sesuka hati menambah beban kerja

5 Hal Berat dalam Dunia Kerja yang Memicu Stres, Mentalmu Harus Kuat!ilustrasi atasan (pexels.com/MART PRODUCTION)

Di manapun tempatmu bekerja, atasan tetaplah orang yang paling berkuasa, yang kemudian menjadikannya berat ialah jika harus bekerja di bawah pimpinan atasan yang tidak bijak. Yang mana tipe atasan yang tidak bijak ini biasanya akan menyalahgunakan kekuasaan ia punya.

Mulai dari beban kerja yang melebihi batas wajar, gaji yang bermasalah, hingga perlakuan tidak adil selama di kantor. Yang paling bikin jengkel adalah kalau atasan dengan sesuka hatinya menambah beban kerja hingga membuatmu harus lembur terus menerus hingga kurang istirahat. 

4. Perlakuan diskriminatif pada orang-orang tertentu

5 Hal Berat dalam Dunia Kerja yang Memicu Stres, Mentalmu Harus Kuat!ilustrasi stres kerja (pexels.com/Yan Krukov)

Hal berat lainnya yang juga ada di dunia kerja ialah perlakuan diskriminatif pada orang-orang tertentu. Meski tak semua tempat kerja begini, tapi jika tidak beruntung maka harus benar-benar kuat mental dalam menghadapi perlakuan seperti ini di tempat kerja. 

Biasanya terjadi pada kaum minoritas, misalnya seperti menganut agama tertentu, kondisi fisik yang kurang sempurna, atau hal-hal lainnya yang membuat mereka jadi mendiskriminasi. Tapi kalau gak kuat menghadapinya lebih baik keluar saja, karena sebagai pekerja kamu berhak mendapat keadilan. 

5. Banyaknya orang yang bermuka dua untuk saling menjatuhkan

5 Hal Berat dalam Dunia Kerja yang Memicu Stres, Mentalmu Harus Kuat!ilustrasi stres kerja (pexels.com/Yan Krukov)

Terakhir, hal berat yang juga ada dalam dunia kerja ialah banyaknya orang yang bermuka dua untuk saling menjatuhkan. Suatu hal yang bisa ditemukan di tempat kerja manapun sampai-sampai kamu sendiri pun mungkin muak melihat orang yang bermuka dua ini. 

Mungkin karena persaingan yang ketat sehingga membuat mereka jadi bersikap licik pada satu sama lain. Bermuka baik di depan tapi menjatuhkan ketika di belakang untuk bisa merebut posisi satu sama lain. 

 

Dunia kerja memang kelihatannya menyenangkan, tapi sebenarnya tersimpan hal berat dibaliknya seperti yang ada dalam pembahasan tadi. Jadi pastikan kamu tetap berhati-hati dan kuat mental dalam menghadapinya, ya! 

Baca Juga: 5 Cara Membuat Batasan di Dunia Kerja untuk Work-Life Balance

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya