Comscore Tracker

5 Hal dalam Hidup yang Harus Dilakukan Sendiri, Stop Merepotkan Orang!

Semakin dewasa maka hidup pun harus dijalani dengan mandiri

Memang benar bahwa sesama manusia baiknya saling tolong-menolong dan gak ada salahnya juga untuk minta bantuan orang ketika membutuhkan. Akan tetapi bukan berarti kamu bisa bergantung pada orang lain dalam hidup, karena ada hal-hal yang memang mesti kamu lakukan sendiri. 

Hal ini merupakan suatu hal yang normal bahwa seiring bertambah usiamu menjadi dewasa, sudah sepatutnya kamu menjalani hidup dengan mandiri. Lalu hal apa sajakah yang mesti dilakukan sendiri? Simak lima di antaranya dalam poin-poin berikut ini. 

1. Mengurus berkas-berkas penting

5 Hal dalam Hidup yang Harus Dilakukan Sendiri, Stop Merepotkan Orang!ilustrasi kerja sama (pexels.com/Sora Shimazaki)

Seiring bertambahnya usia dan banyaknya urusanmu yang melibatkan berkas resmi dan penting, tentu hal itu harus dilakukan sendiri, kan. Walaupun untuk beberapa urusan bisa diwakilkan dengan minta tolong diurusi orang, tapi tidak semuanya bisa seperti itu. 

Sehingga memang sudah sepatutnya kamu mengurus berkas-berkas penting sendiri. Jangan merepotkan orang apalagi sampai bergantung pada orangtua untuk mengurusnya, karena itu tidak bertanggung jawab namanya. 

2. Melunasi utang yang digunakan untuk diri sendiri

5 Hal dalam Hidup yang Harus Dilakukan Sendiri, Stop Merepotkan Orang!ilustrasi pegang uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Hal lainnya yang juga harus dilakukan sendiri ialah perihal utang-piutang. Bahwa jika berani meminjam maka kamu pun harus bertanggung jawab melunasinya sendiri, dengan kata lain gak etis banget kalau malah minta bantu orang melunasinya. 

Berutang bukanlah hal yang terlarang, namun kamu harus tahu bagaimana memegang tanggung jawab atas perbuatan itu. Sebaik-baiknya teman dan keluarga, utang yang kamu buat bukanlah tanggung jawab mereka untuk membantumu. 

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Cewek Mandiri, Gak Gampang Bergantung ke Pacar

3. Mengurus dan memenuhi kebutuhan hidup sendiri

5 Hal dalam Hidup yang Harus Dilakukan Sendiri, Stop Merepotkan Orang!ilustrasi membersihkan rumah (pexels.com/RODNAE Productions)

Mengurus dan memenuhi kebutuhan hidupmu sendiri setiap harinya juga merupakan hal yang harus kamu lakukan sendiri. Baik itu ketika masih tinggal dengan keluarga ataupun kamu yang merantau dan tinggal sendiri. 

Dalam hal ini juga termasuk soal mengurus diri sendiri, ya. Jadi kamu mesti menata hidup dengan baik, memperhatikan segala kebutuhanmu, hingga mencari uang untuk memenuhi hal yang dibutuhkan. 

4. Berkendara, baik untuk pergi bekerja atau keperluan tertentu

5 Hal dalam Hidup yang Harus Dilakukan Sendiri, Stop Merepotkan Orang!ilustrasi menyetir (pexels.com/Peter Fazekas)

Suatu hal yang lumrah bagi seseorang untuk mampu berkendara sendiri untuk keperluan pribadi. Jika kamu tumbuh dewasa maka berhentilah merepotkan orang lain untuk minta diantar ke mana-mana. 

Belajarlah berkendara sehingga kamu bisa mandiri untuk kemana-mana sendiri tanpa merepotkan orang. Karena gak semua orang bisa selalu mengantar atau menjemputmu, bahkan walaupun banyak kendaraan online yang bisa disewa, mampu berkendara sendiri itu perlu banget untuk menjalani hidup ke depannya. 

5. Menyelesaikan masalah hubungan dengan pasangan

5 Hal dalam Hidup yang Harus Dilakukan Sendiri, Stop Merepotkan Orang!ilustrasi bertengkar (pexels.com/Veras Arsic)

Yang menjalani hubungan adalah kamu dan pasangan, jadi sudah sepatutnya bagimu untuk menyelesaikan masalah hubungan sendiri. Boleh-boleh saja meminta saran pada orang terdekat, akan tetapi bukan berarti kamu membiarkan mereka ikut campur dalam hubunganmu. 

Karena sudah menjadi tanggung jawab masing-masing untuk mengurus hubungan asmara yang dijalani. Karena orang terdekatmu pun punya urusannya sendiri dan gak bisa selalu membantumu menangani masalah dalam hubungan. 

Kemandirian adalah hal yang wajib jika sudah menginjak usia dewasa. Bahwa kamu tidak bisa bergantung pada bantuan orang lagi terutama untuk lima hal tadi, karena memang harus dilakukan sendiri. 

Baca Juga: 6 Alasan Perlu Mengurangi Permintaan pada Orangtua, Belajar Mandiri

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya