Comscore Tracker

Terjebak Masa Lalu, 5 Hal Ini Buat Hidupmu Jadi Gak Ada Perkembangan!

Hidupmu stuck dan gak ada kemajuan sama sekali

Kita semua pasti setuju bahwa hidup ini diibaratkan sebagai roda yang berputar, yang mana seiring berjalannya waktu akan ada saatnya kita berada di atas dan di bawah. Artinya, selama ada usaha maka cepat atau lambat kita pasti bisa berada di atas. 

Tapi kalau bertahun-tahun berjalan tidak ada kemajuan atau perkembangan apapun dalam hidupmu, itulah yang perlu dipertanyakan. Bisa jadi ada hal-hal yang membuat hidupmu jadi stuck dan gak ada perkembangannya. Beberapa di antaranya mungkin ada dalam pembahasan kali ini. Simak ya! 

1. Trauma dengan kegagalanmu di masa lalu

Terjebak Masa Lalu, 5 Hal Ini Buat Hidupmu Jadi Gak Ada Perkembangan!ilustrasi stres (pexels.com/Liza Summer)

Kalau setelah sekian lama tapi nasib hidupmu tak kunjung berubah maka coba intropeksi diri dulu, mungkin saja ada trauma kegagalan di masa lalu yang membuatmu jadi stuck. Karena banyak orang gak sadar bahwa ternyata dirinya terjebak di masa lalu seperti itu. 

Hal seperti ini hanya bisa diatasi dengan keikhlasan hati. Terima dengan ikhlas bahwa dirimu dulu pernah gagal dan jatuh, lalu bangkitlah untuk kemudian berusaha lagi. Kalau gak seperti itu maka selamanya pun kamu gak bakal bisa berkembang. 

2. Terlalu mendengarkan kritikan orang lain

Terjebak Masa Lalu, 5 Hal Ini Buat Hidupmu Jadi Gak Ada Perkembangan!ilustrasi stres kerja (pexels.com/Yan Krukov)

Hal lainnya yang juga membuat hidupmu jadi gak ada perkembangan ialah jika dirimu terlalu mendengarkan kritikan orang lain. Entah itu kritik dari tetangga, teman, rekan kerja, atau bahkan anggota keluargamu sendiri. 

Sesekali mendengarkan kritik memang perlu untuk bisa berubah menjadi lebih baik, tapi kalau terlalu didengarkan dan dimasukkan ke hati maka kamulah yang bakal pusing sendiri. Karena mau melakukan apapun kita di dunia ini, pasti ada saja orang yang mengkritik. 

Baca Juga: 5 Masalah ketika Kamu Mencampuri Kehidupan Orang Lain Terlalu Jauh

3. Takut dengan persaingan

Terjebak Masa Lalu, 5 Hal Ini Buat Hidupmu Jadi Gak Ada Perkembangan!ilustrasi melirik (pexels.com/Sora Shimazaki)

Semua orang di dunia ini pastinya mau maju, maka dari itu mau di manapun kamu berada yang namanya persaingan pasti akan selalu ada. Terlebih lagi di dunia kerja yang memang tempat untuk saling bersaing dalam meningkatkan karier. 

Tapi kalau kamunya takut dengan persaingan, atau merasa tidak sanggup untuk bersaing, mungkin itulah yang membuat hidupmu jadi gak berkembang. Karena perkembangan dalam hidup gak bisa datang begitu saja tanpa ada effort yang sepadan dengan hasil yang diinginkan. Dan hal pertama harus kamu lakukan adalah mengalahkan rasa takutmu untuk bersaing. 

4. Pesimis melihat privilege yang dimiliki orang lain

Terjebak Masa Lalu, 5 Hal Ini Buat Hidupmu Jadi Gak Ada Perkembangan!ilustrasi kerja (pexels.com/Fauxels)

Tidak semua orang di dunia ini beruntung untuk memiliki privilege di dalam hidupnya. Entah itu privilege dalam karier, kekayaan, hingga jaminan pendidikan yang tinggi, jadi wajar saja jika jauh di dalam lubuk hati kita merasa iri dengan orang-orang yang memiliki itu. 

Akan tetapi kalau terlalu fokus dengan rasa iri itu bisa-bisa dirimu malah berujung pesimis, lho. Karena kamu jadi membandingkan dirimu dengan orang lain.

Setiap kali ada kesulitan dan gagal bersaing, kamu jadi beralasan bahwa kegagalanmu karena kamu tidak memiliki privilege yang sama dengan mereka. Makanya, hidupmu pun jadinya gak ada perkembangannya. 

5. Selalu setengah-setengah kalau melakukan sesuatu

Terjebak Masa Lalu, 5 Hal Ini Buat Hidupmu Jadi Gak Ada Perkembangan!ilustrasi malas (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Hal terakhir yang membuat hidupmu tidak berkembang ialah jika kamu selalu setengah-setengah saat melakukan suatu hal. Pokoknya kalau tiba-tiba kamu bosan atau kehilangan mood dengan itu, kamu pun meninggalkannya begitu saja. 

Tanpa kamu sadar bahwa hal inilah yang kemudian menjadi penghalang kesuksesan hidupmu. Karena kalau sudah kebiasaan, mau mengerjakan apapun itu pasti gak ada hasilnya kalau cuma dilakukan setengah-setengah. 

 

Kesimpulannya, kalau hidupmu sampai saat ini masih stuck, coba intropeksi diri apakah lima hal tadi ada pada dirimu. Supaya ke depannya tahu harus bagaimana untuk lebih berkembang. 

Baca Juga: 5 Dampak Negatif Punya Sifat Suka Minder, Tidak Bisa Berkembang!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya