Comscore Tracker

5 Hal yang Gak Sepatutnya Kamu Bandingkan dengan Orang Lain, Pantang!

Karena hidup dan diri setiap orang itu berbeda-beda 

Setiap orang terlahir ke dunia ini dengan takdir dan keadaan diri yang berbeda-beda, sehingga berbagai aspek kehidupannya pun bakal berbeda dengan orang lain. Bagi kamu yang memiliki jalan hidup mudah, kehidupan yang bahagia, dan punya banyak hal baik di dirimu maka syukurilah hal itu.

Namun, bukan berarti kamu boleh membandingkan dirimu dengan orang lain begitupun sebaliknya. Baik dan buruknya diri serta hidupmu tak sepatutnya dibanding-bandingkan dengan orang. Terutama lima hal yang ada dalam pembahasan kali ini.

1. Figur orangtua dan keharmonisan keluargamu

5 Hal yang Gak Sepatutnya Kamu Bandingkan dengan Orang Lain, Pantang!Pexels.com/Nicole Michalou

Baik dan buruknya figur orangtua dan keharmonisan keluargamu merupakan hal pertama yang gak sepatutnya kamu bandingkan dengan orang lain, mengapa? Karena pada dasarnya setiap orang memiliki tipe orangtua yang berbeda-beda, begitu pula dengan keharmonisan keluarganya.

Hal ini sangat pantang kamu banding-bandingkan karena bisa membuat orang lain merasa iri atau bahkan tidak percaya diri dengan keluarganya sendiri.

2. Hubungan bersama pasangan

5 Hal yang Gak Sepatutnya Kamu Bandingkan dengan Orang Lain, Pantang!Pexels.com/Ketut Subiyanto

Bersyukurlah jika kamu memiliki hubungan yang baik dengan pasangan, namun bukan berarti membuatmu bebas membandingkan hubunganmu dengan hubungan yang dijalani orang lain. Sebab setiap orang memiliki caranya sendiri dalam berhubungan, dan gak bakal bisa setara jika dibanding-bandingkan.

Kamu tidak bisa menjalani hubungan orang lain dan mereka pun tidak bisa menjalani hubunganmu, kan. Jadi cukup pedulikan hubungan masing-masing saja.

Baca Juga: 5 Cara Sehat agar Kita Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lain

3. Tingginya gelar pendidikan

5 Hal yang Gak Sepatutnya Kamu Bandingkan dengan Orang Lain, Pantang!Pexels.com/Gustavo Fring

Tingginya gelar pendidikan juga merupakan salah satu hal yang gak sepatutnya kamu bandingkan dengan orang lain. Alasannya, gak semua orang bisa menempuh jenjang pendidikan setinggi-tingginya karena berbagai faktor, lalu tingginya gelas pendidikan pada dasarnya bukanlah hal yang patut dijadikan perbandingan dengan orang lain.

Sebab, pendidikan yang tinggi bertujuan untuk mencari ilmu dan belajar, bukan sebagai ajang pamer dan sombong.

4. Nominal gaji dan pendapatan

5 Hal yang Gak Sepatutnya Kamu Bandingkan dengan Orang Lain, Pantang!Pexels.com/Karolina Grabowska

Hal keempat yang juga tak sepatutnya kamu banding-bandingkan dengan orang lain ialah perihal nominal gaji dan pendapatan. Ada banyak jenis profesi dan pekerjaan yang mana jumlah nominal gajinya pun berbeda-beda, sehingga tidaklah sepadan jika hal ini dijadikan perbandingan dengan orang lain.

Apalagi penilaian tinggi dan rendahnya gaji bakal berbeda-beda pada setiap orang tergantung standar dan hidup yang dijalaninya. Benar kan?

5. Penampilan fisik

5 Hal yang Gak Sepatutnya Kamu Bandingkan dengan Orang Lain, Pantang!Pexels.com/Sora Shimazaki

Dan hal terakhir yang gak sepatutnya kamu bandingkan dengan orang lain ialah penampilan fisik, baik itu style dalam berpenampilan ataupun bentuk fisik yang kamu miliki.

Ada banyak sekali pembahasan soal ini, bahwa kita juga tahu kalau semua orang terlahir dengan keunikannya sendiri dan bentuk fisik yang berbeda-beda. Tak ada orang yang benar-benar sempurna, jadi jangan membandingkan penampilan fisikmu dengan orang lain, ya.

Itulah tadi beberapa hal yang gak semestinya dibanding-bandingkan dengna orang lain. Sebab hidup dan diri setiap orang itu berbeda-beda, dan cukup jalani saja hidupmu dengan baik tanpa repot-repot membandingkan diri, ya.

Baca Juga: Hati-hati, 5 Sifat Buruk Ini Tanpa Disadari Bikin Orang Lain Risih

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya