Comscore Tracker

Stop 5 Hal Ini Supaya Hidupmu Lega dan Bisa Mencintai Diri Sendiri

Karena ada hal yang kalau dilakukan malah buat hidupmu berat

Bicara tentang hidup, semua orang menjalani kehidupan dengan beban yang berbeda-beda. Namun meskipun begitu seringkali kebanyakan orang malah menambah-nambah bebannya sendiri dengan hal-hal yang tidak penting, meskipun beban hidupnya sendiri saja sebenarnya sudah sangat berat. Sehingga membuatnya jadi lelah secara fisik dan mental, tertekan, stres, dan kesulitan untuk mencintai diri sendiri.

Maka dari itu berhentilah melakukan hal-hal yang menambah bebanmu seperti yang ada di dalam pembahasan di bawah ini, supaya hidupmu jadi lebih lega dan bisa mencintai diri sendiri. Jadi simak baik-baik, ya!

1. Berhenti membandingkan dirimu dengan orang lain

Stop 5 Hal Ini Supaya Hidupmu Lega dan Bisa Mencintai Diri SendiriPexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Hal pertama yang harus kamu hentikan adalah kebiasaan membandingkan dirimu dengan orang lain. Kamu mungkin melakukannya tanpa menyadari dampak buruk yang akan terjadi, namun jika terus dilakukan malah bisa membuatmu kesulitan untuk mencintai diri sendiri, lho. Karena kamu gak pernah bersyukur dan selalu membandingkan setiap hal yang kamu punya dengan orang lain.

2. Gak memaksakan diri menyenangkan hati semua orang lagi

Stop 5 Hal Ini Supaya Hidupmu Lega dan Bisa Mencintai Diri SendiriPexels.com/August De Richelieu

Kedua, berhentilah berusaha menyenangkan orang-orang di sekitarmu karena kamu tidak bisa menyenangkan hati semua orang. Biasanya yang seperti ini adalah seorang people pleasure, dan semakin dilakukan biasanya hanya akan bikin capek diri sendiri saja. Maka dari itu berhentilah melakukan hal yang hanya menambah-nambah beban hidupmu, kamu perlu kelegaan dalam menjalani hidup dan mulai untuk fokus mencintai diri sendiri.

Baca Juga: Tak Bisa Menolak, 5 Tandanya Kalau Kamu Terjebak Jadi People Pleaser

3. Stop peduli pada pandangan dan kata orang

Stop 5 Hal Ini Supaya Hidupmu Lega dan Bisa Mencintai Diri SendiriPexels.com/August De Richelieu

Hal ketiga yang juga harus kamu hentikan ialah rasa peduli pada pandangan dan kata orang terhadapmu. Percaya atau tidak, hidupmu akan terasa seperti di bawah tekanan dan terbatasi selama kamu peduli dengan anggapan orang. Jadi berhentilah mempedulikan hal itu, karena kamu pantas mendapat kelegaan dalam hidup dan kesempatan untuk mencintai diri sendiri dengan lebih baik. 

4. Berhenti menyalahkan diri sendiri pada kesalahan di masa lalu

Stop 5 Hal Ini Supaya Hidupmu Lega dan Bisa Mencintai Diri SendiriPexels.com/Alex Green

Memang benar bahwa menyadari suatu kesalahan bisa menjadi suatu trauma dan beban mental tersendiri pada diri seseorang, namun cobalah untuk berhenti merasa seperti itu. Tentunya kamu tetap harus belajar dari apa yang sudah terjadi, namun terus menyesalinya dan menyalahkan diri sendiri justru bikin hidupmu gak tenang. 

Selain itu kamu juga pasti kesulitan mencintai diri sendiri, maka dari itulah kamu perlu melakukannya agar hidup terasa lebih lega dijalani.

5. Berhenti merendahkan dirimu sendiri

Stop 5 Hal Ini Supaya Hidupmu Lega dan Bisa Mencintai Diri SendiriPexels.com/Fauxels

Dan yang terakhir ialah kamu juga harus berhenti merendahkan dirimu sendiri. Kelegaan dalam hidup dan mencintai diri sendiri itu sangatlah penting agar kamu bisa merasakan kebahagiaan, dan hal itu akan terhalangi jika kamu kerap merendahkan diri sendiri. Biar bagaimanapun juga kamu patut menghargai diri sendiri, setiap orang pasti punya kekurangan namun bukan berarti kamu harus membenci kelemahan dan kekuranganmu dengan merendahkan diri sendiri. 

Hal yang harus kamu hentikan agar hidupmu lebih lega dan mudah dalan mencintai diri sendiri ternyata dimulai dari kamu. Pokoknya, jangan menambah-nambah beban hidup yang tidak perlu ya!

Baca Juga: 6 Langkah Ampuh Meningkatkan Kesehatan Mental, Bikin Hidup Bahagia

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya