Comscore Tracker

5 Hikmah Baik dari Perjuanganmu Meski Tak Berhasil Meraih Mimpi

Gagal meraih cita-cita bukan berarti hidupmu juga gagal, lho

Semua orang pasti memiliki mimpi atau keinginan yang ingin dicapainya, dan sebagian besar orang akan berjuang mati-matian untuk mewujudkan hal itu. Namun jika kamu telah berjuang tapi tidak berhasil maka jangan langsung beranggapan kalau semua perjuanganmu sia-sia, ya.

Karena ada beberapa hikmah baik yang tetap kamu dapatkan dari perjuanganmu meski tak berhasil meraih mimpi. Lima hikmah di antaranya adalah berikut ini.

1. Kamu tetap berkembang

5 Hikmah Baik dari Perjuanganmu Meski Tak Berhasil Meraih MimpiPexels.com/Startup Stock Photos

Gagal atau tak berhasil meraih mimpi tentu terasa sangat menyakitkan bagimu, namun kamu perlu memahami bahwa terlepas dari berhasil atau tidaknya kamu, perjuangan itu telah membuatmu berkembang. Kamu belajar banyak hal dan dari itu kemampuan kamu juga meningkat pesat. Jadi tak ada yang namanya sia-sia dalam perjuanganmu.

2. Kamu jadi lebih siap jika datang kesempatan yang tepat

5 Hikmah Baik dari Perjuanganmu Meski Tak Berhasil Meraih MimpiPexels.com/Fauxels

Jangan berlama-lama meratapi suatu kegagalan, karena mungkin meskipun kamu gagal meraihnya kali ini, bukankah kamu jadi lebih siap jika suatu saat kesempatan yang tepat datang? Dari perjuangan yang telah kamu lakukan terdapat banyak pengalaman yang berharga, dan semuanya mungkin akan lebih berguna jika sudah waktunya.

Baca Juga: 5 Faktor Terbesar yang Membuatmu Gagal Membentuk Kebiasaan

3. Potensi dirimu tak terbatas cuma pada hal itu saja

5 Hikmah Baik dari Perjuanganmu Meski Tak Berhasil Meraih MimpiPexels.com/Cottonbro

Hikmah lainnya ialah kamu jadi punya kesempatan untuk memikirkan lagi perihal impianmu. Tanyakan pada diri sendiri tentang apakah kamu benar-benar menginginkan itu, dan juga kamu harus menyadari kalau mungkin potensimu tak cuma sebatas itu saja. Jangan membatasi dirimu karena kegagalan, ya.

4. Perjuangan membuat mentalmu menjadi sangat kuat

5 Hikmah Baik dari Perjuanganmu Meski Tak Berhasil Meraih MimpiPexels.com/Canva Studio

Kemudian hal yang pasti adalah segala perjuangan dan usaha yang kamu lakukan telah membuat mentalmu menjadi sangat kuat. Kamu sudah merasakan bagaimana sakitnya berjuang dan juga gagal, jadi kamu tak akan mudah dihancurkan oleh orang lain. sebab kamu sudah tahu bagaimana bangkit dan menjadi lebih tangguh saat ingin berjuang untuk impian yang baru.

5. Kamu tetap bisa bahagia dengan cara lain

5 Hikmah Baik dari Perjuanganmu Meski Tak Berhasil Meraih MimpiPexels.com/Daria Shevtsova

Perasaan sedih dan kecewa karena kegagalan mungkin menyiksamu, tapi bukankah hidup ini bukan hanya tentang mimpi saja? Jangan lupakan kalau masih ada banyak hal yang dapat membuatmu bahagia, berarti, dan juga berharga untuk kamu jaga dan pertahankan. Sebab gagal dalam meraih mimpi bukan berarti hidupmu juga gagal, lho.

Itulah beberapa hikmah baik yang tetap kamu dapatkan meski tidak berhasil meraih mimpi, jadi jangan terlalu terpuruk, ya. 

Baca Juga: Jangan Berkecil Hati, Ini 5 Hikmah dari Kesuksesanmu yang Perlu Waktu

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya